'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Periode Penetapan Gerakan 'Aisyiyah (1995-2000)
Home » Tokoh

Periode Penetapan Gerakan 'Aisyiyah (1995-2000)

Mulai periode ini PDA ditetapkan melalui pemilihan pengurus secara langsung dalam forum Musyawarah Daerah 'Aisyiyah Kabupaten Karanganyar (MUSYDA). Dari Musyawarah Daerah dan pemilihan anggota pimpinan terbentuk formatur yang kemudian menentukan Kepengurusan Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Periode 1995-2000. Pada saat itu melalui Tim terpilih, akhirnya ditetapkan ketua PDA Karanganyar yaitu Hj. Sri Badringah Soekino (Almarhumah).

Pada periode ini kegiatan 'Aisyiyah semakin semarak dan mulai mengadakan konsolidasi dengan organisasi lain lembaga pemerintah khususnya yang ada di Kabupaten Karanganyar. Ada beberapa kegiatan menonjol yang dilakukan PDA Kabupaten Karanganyar yang merupakan gerakan di Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial pada Periode tersebut. Kegiatan tersebut meliputi :

1. Pendirian Panti Asuhan Yatim Putri 'Aisyiyah yang berada di Temu Ireng dengan Pengasuh Ibu Sri Handayani Kaelani. Namun karena tempat jauh dengan perkotaan, maka tempat Panti Putri 'Aisyiyah bertukar tempat dan akhirnya dengan Kebijakan Pimpinan Daerah Muhammadiyah diputuskan bahwa Panti Putri 'Aisyiyah dipindahkan di Tegalsari Bejen Karanganyar dan Panti Putra Muhammadiyah menempati Panti yang berada di Temu Ireng. Pada saat itu pula diberikan pelatihan-pelatihan keputrian kepada anak-anak Panti yang diampu oleh Ibu Chotijah Soenardi dan ibu-ibu PDA yang lain.

2. Pendirian Koperasi 'Aisyiyah yang berada di PKU Muhammadiyah Karanganyar dengan unit produksi warung di depan RS PKU Muhammadiyah Karanganyar. Usaha warung ini merupakan salah satu unit produksi bagian Ekonomi dan merupakan sumber dana untuk kegiatan Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Karanganyar dan pada tersebut juga ada pengembangan usaha katering yang dikelola oleh para sesepuh 'Aisyiyah Karanganyar dengan pimpinan ibu Hj. Sofiah Harsono.

3. Mendirikan Kursus Baby Sitter di PKU Muhammadiyah Karanganyar. Dengan kursus ini bisa membantu menyediakan kesempatan belajar bagi para lulusan SMP dan SMA yang tidak mampu melanjutkan kuliah untuk mendapatkan pendidikan sebagai modal mencari pekerjaan. Dengan kegiatan ini Aisyiyah semakin menampakkan kiprahnya dalam masyarakat.

Shared Post: