A. PROGRAM UMUM |
||||
1. Konsolidasi Ideologis |
||||
|
Nilai - nilai ajaran Islam yang berkemajuan (Al Islam), Idiologi, dan prinsip - prinsip gerakan Muhammadiyah / 'Aisyiyah |
Mengintensifkan pembinaan nilai - nilai ajaran Islam yang berkemajuan (Al Islam), idiologi dan prinsip - prinsip gerakan Muhammadiyah / 'Aisyiyah |
1.1. Pengajian pimpinan tentang nilai - nilai ajaran Islam / Berkemajuan, Idiologi 'Aisyiyah / Muhammadiyah |
1.1. Terlaksananya Pengajian pimpinan tentang nilai - nilai ajaran Islam berkemajuan, idiologi 'Aisyiyah / Muhammadiyah |
1.2. Kajian agama dan ke 'Aisyiyahan / ke Muhammadiyahan yang memadukan pemikiran klasik, moderen dan kontenporer, nilai - nilai amal saleh, jihad sosial, ta'awun bagi seluruh pimpinan Majelis Tabligh |
1.2. Terlaksananya kajian Agama dan ke 'Aisyiyahan /ke muhammadiyahan yang berkemajuan memadukan pemikiran Islam yang, klasik, moderen dan kontenporer, berdasarkan Al Quran dan Sunnah Maqbullah |
|||
2. Konsolidasi Gerakan |
||||
|
Konsolidasi organisasi baik langsung maupun tidak langsung |
meningkatkan konsolidasi organsisasi baik secara langsung maupun tidak langsung secara berjenjang memalui kunjungan pimpinan ke tingkat pimpinan di bawahnya melalui konsolidasi organisasi, refresing pimpinan, dialog pimpinan, dan bentuk kegiatan lainnya |
1. Kunjungan kerja Majelis Tabligh PW 'Aisyiyah ke Majelis Tabligh PDA dan sebaliknya 2. Refresing pimpinan |
Terlaksananya 1. kunjungn kerja Majelis Tabligh PW 'Aisyiyah ke Majelis Tabligh PDA dan sebaliknya 2. Refresing pimpinan |
Meningkatkan sinergitas dan efektifitas pelaksanaan program / lintas majelis/ lembaga |
1. Kerjasama dengan lintas Malelis dan Lembaga |
Terlaksananya : Kerjasama dengan lintas Malelis dan Lembaga |
||
1. Mengadakan rapat / pertemuan dan kegaiatan bersama |
Terlaksananya : rapat / pertemuan dan kegaiatan bersama |
|||
3. Konsolidasi Kepemimpinan |
||||
1. |
Terciptanya komunikasi yang baik antar pengurus visioner, efektif, responfive dan transformative yang berbasis pada Islam berkemajuan |
Mengembangkan sistem kepemimpinan kolektif kolegial yang visioner, efektif, responsive, dan berbasis pada Islam berkemajuan |
1.1 Menyediakan sarana komunikasi lewat surat, faxmile, email, telepon dan smartphone |
Terlaksananya komunikasi dengan baik dan Islami dan membudayakan musyawarah |
|
Ikut serta pelatihan kepemimpinan dan kursus sehingga terbentuklah pimpinan yang kapabel |
Membangun dan mengembangkan kapasitas pimpinan melalui berbagai pelatihan atau kursus antara lain pelatihan kader tarjih / perempuan ulama, pelatiahan pengorganisasian masyarakat, keterampilan perencanaan dan pengelolan program, pelatihan kominikasi dan membangun jaringan |
1.2 Pelatihan keorganisasian dan kepemimpinan, outbound, refresing, silaturahmi tokoh Muhammadiyah / 'Asiyiyah |
Terwujudnya sinergitas dengan majelis dan lembaga PWA dan PWM |
3 |
Rapat kerja |
Rapat kerja tingkat Majelis dan Rapat Kerja Wilayah |
Rapat kerja Majelis Tingkat Wiiayah sampai Cabang |
Terselenggaranya Rapat kerja Majelis Tingkat Wiiayah sampai Cabang |
4. Manajemen Organisasi |
||||
a. Manajemen Kelembagaan |
||||
1 |
Sekeretaris melaksanakan tugasnya dengan baik agar kegiatan berjalan dengan efektif, efisien dan produktif |
Peningkatan fungsi sekretariat sebagai pusat kegiatan dan data sehingga berjalan efektif , efisien dan produktif |
Mengefektifkan kantor sebagai sekretariat |
Terwujudnya tanggungjawab sekretariat dalam melaksanakan tanggungjawabnya dengan baik agar kegiatan berjalan dengan efektif, efisien dan produktif |
2 |
Terciptanya komunikasi efektif secara kontinue dan dinamis untuk kemajuan organisasi |
meningkatkan koordinasi dan komunikasi efektif seluruh jajaran, baik secara vertical maupun horizontal secara kontinyu dan dinamis untuk kemajuan organisasi |
Pemanfaatan teknologi informasi (WA, BBM, email, Facebook, twitter, instagram dll) |
Terwujudnya komunikasi efektif melalui (WA, BBM, email, Facebook, twitter, instagram dll) |
3 |
Publikasi kegiatan baik di media cetak maupun online bekerjasama secara internal maupun eksternal |
Mengembangkan dan meningkatkan kualitas media publikasi 'Aisyiyah baik melalui cetak seperti Buletin 'Asiyiyah |
Melaksanakan sosialisasi kegiatan, berbagai media panduan, tuntunan dan hasil permusyawaratan melalui berbagai media dan program serta isu dan wacana actual melalui media cetak seperti Buletin 'Aisyiyah |
Termuatnya kegiatan, penyampaian penikiran atas isu maupun wacana actual melalui media cetak seperti Buletin 'Aisyiyah |
b. Manajemen Keuangan |
||||
1 |
Fundrising organisasi dan optimalisasi yang meningkat dalam pelaksanaan program |
Meningkatkan fundrising organisasi dan optimalisasi pemanfaatannya melalui usaha - usaha yang tidak bertentangan dengan prinsip - prinsip organisasi |
Melaksanakan fundrising dalam melaksanakan program |
Terwujudnya fundrising organisasi dan optimalisasi pemanfaatnnya |
2 |
Ikut serta pelatiahn keuangan untuk bendahara sehingga tercipta tata kelola keuangan yang baik |
Meningkatkan kemampuan bendahara organisasi dan BPP melali pelatihan dan pendampingan pengelolaan keuangan |
Mengikuti pelatihan dan pendampingan pengelolaan keuangan |
bendahara mengikuti pelatihan tata kelola keuangan |
c. Manajemen Kegiatan |
||||
1 |
Kegiatan cabang dan ranting yang semakin maju dengan gerakan keluarga sakinah dan QT maupun gerakan dakwah jamaah |
Revitalisasi cabang dan ranting secara tersistem melalui gerakan keluarga sakinah dan QT maupun gerakan dakwah jamaah |
Gerakan QT dan gerakan dakwah jamaah |
Meningkatnya kualitas dan kuantitas QT dan gerakan dakwah jamaah |
2 |
Berdirinya BIKSA di setiap Daerah |
Mengembangkan model - model praksis dakwah yang berbasis komunitas seperti Balai Sakinah 'Aisyiyah dan desa siaga sakinah |
(Terdapat dalam program divisi keluarga sakinah) |
Terlaksananya peningkatan program baik secara kualitas maupun kuantitas |
A. DIVISI PEMBINAAN MUBALIGHOT |
||||
1 |
Kualitas dan kuantitas mubalighot meningkat |
Peningkatan kualitas dan kuantitas mubalighot |
1.1 Revisi / menyusun panduan TOT mubalighot |
Buku panduan TOT mubalighot yang baik |
|
|
1.2. Kajian pelatiahan mubalighot (tingkat dasar dan lanjut) |
Buku panduan pelatiahan mubalighot tingkat dasar dan lanjutan |
|
|
|
1.3. TOT mubalighot |
Terbentuknya trainer - trainer mubalighot yang mampu mengelola pelatihan mubalighot |
|
|
|
1.4. Peningkatan kauntitas mubalighot |
Data mubalighot selurug daerah |
|
|
|
|
|
|
2 |
Korps Mubalighat 'Aisyiyah |
Pembentukan dan penguatan Corps Mubalighat 'Aisyiyah |
2.1. Memperbarui data Corps Mubalighat 'Aisyiyah (yang sudah ada) |
Data Mubalighat Wilayah dan Daerah yang valid |
|
|
2.2. Penyusunan buku pedoman Penguatan Corps Mubalighat |
Buku pedoman penguatan Corps Mubalighat |
|
|
|
2.3. Monitoring kegiatan Corps Mubalighat |
Termonitornya kegiatan Corps Mubalighat di daerah |
|
|
|
2.4. Tabligh akbar lintas majelis |
Tabligh Akbar lintas majelis |
|
3 |
Tersedianya buku saku materi dakwah |
Menyediakan buku saku materi dakwah |
3.1. Kajian pembuatan buku saku materi dakwah |
Kajian pembuatan buku saku materi dakwah |
|
|
3.2. Penyususnan buku saku materi dakwah |
10 buku saku materi dakwah dari berbagai aspek |
|
|
|
3.3. Penerbitan buku saku materi dakwah 'Aisyiyah |
Buku saku materi dakwah (1. Aqidah 2. Ibadah 3. Akhlak) |
|
B. DIVISI PEMBINAAN KELUARGA |
||||
1 |
Terbentuknya keluarga sakinah bagi semua elemen masyarakat |
Menguatakan dan menigkatkan pembinaan keluarga sakinah bagi semua |
1.1. Sosialisasi buku tuntunan menuju keluarga sakinah (melalui : leaflet, buku saku, stiker, komik) |
Tersedianya buku tuntunan menuju keluarga sakinah. |
|
|
1.2. Menyusun modul pelatihan keluarga sakinah |
Modul pelatihan keluarga sakinah |
|
|
|
1.3. Menyusun buku saku terkait materi - materi keluarga sakinah |
Buku saku terkait materi - materi keluarga sakinah |
|
|
|
1.4. Tersusunya konsep model pembinaan keluarga sakinah |
Konsep model pembinaan keluarga sakinah |
|
|
|
1.5. tersosialisasinya gerakan family time melalui kelompok - kelompok jamaah |
Gerakan family time melalui kelompok - kelompok jamaah |
|
2 |
Terbentuknya keluarga sakinah bagi semua elemen masyarakat |
mengembangkan model pendidikan bagi orang tua (parenting) |
2.1. Menyusun buku panduan orang tua efektif dalam membangun karakter |
2.1. Terselenggaranya penyusunan buku panduan orang tua efektif dalam membangun karakter |
|
|
2.2. Menyusun buku panduan orang tua efektif (pola asuh anak) |
2.2. Tersusunya buku panduan orang tua efektif (parenting) |
|
|
|
2.3. Menyusun buku - buku terkait |
2.3. Terbitnya modul pelatihan |
|
|
|
2.4. Mengadakan Training of Trainer Program Pembinaan Keluarga Sakinah |
2.4. Terbitnya buku saku terkait dengan materi - materi keluarga sakinah (prinsip tauhidiyah, orinsip patembayan, prinsip hubungan kesetaraan, prinsip mawaddah wa rahmah dan prinsip pemenuhan kebutuhan hidup sejahtera dunai akhirat) |
|
3 |
Terselenggaranya layanan biro konsultasi keluarga sakinah 'Aisyiyah (BIKSA) |
Menyelenggarakan biro konsultasi keluarga sakinah 'Aisyiyah |
3.1. Menyempurnakan buku panduan pendirian BIKSA |
Tersusunnya penyempurnaan buku panduan penyelenggaraan BIKSA |
|
|
3.2. Menyelenggarakan pelayanan konsultasi keluarga sakinah |
Terbentuknya lembaga / tersedianya layanan konsultasi keluarga sakinah |
|
|
|
3.3. Menyelenggarakan TOT calon konselor keluarga sakinah |
Terbitnya petugas yang memberikan layanan konsultasi keluarga sakinah |
|
|
|
3.4. Membuat peta keluarga rawan kekerasan |
Tersusunnya pedoman pembuatan peta keluarga rawan kekerasan |
|
C. DIVISI PEMBINAAN MU'ALLAF DAN DAKWAH KHUSUS |
||||
1 |
Buku pedoman pembinaan Mu'allaf dan pedoman Dakwah Khusus |
Penerbitan buku pedoman pembinaan Mu'allaf dan pedoman Dakwah Khusus |
1.1. Mengadakan kajian pembinaan Mu'allaf |
Kajian pembinaan Mu'allaf dan dakwah khusus |
|
|
1.2. Menerbitkan buku pedoman pembinaan Mu'allaf |
Buku pedoman pembinaan Mu'allaf dan dakwah khusus |
|
|
|
1.3. Mengadakan kajian pembinaan dakwah khusus |
Kajian pembinaan dakwah khusus |
|
|
|
1.4. Menerbitkan buku pedoman dakwah khusus |
Buku pedoman dakwah khusus |
|
|
|
1.5. Sosialisasi buku pedoman pembinaan Muallaf dan buku panduan dakwah khusus |
Terealisasinya sosialisasi buku pedoman pembainaan Mu'allaf dan dakwah khusus |
|
2 |
Data mu'allaf dan sasaran dakwah khusus |
Pendataan mu'allaf dan sasaran dakwah khusus |
2.1. Penyusunan instrumen pendataan mu'allaf |
Instrumen pendataan mu'allaf |
|
|
2.2. Identifikasi mu'allaf |
Bank data identifikasi mu'allaf |
|
|
|
2.3. Sosialisasi pendataan muallaf dan sasaran dakwah khusus |
Terealisasinya sosialisasi instrumen pendataan muallaf dan sasaran khusus |
|
3 |
Pendampingan muallaf dan dakwah khusus secara intensif |
Mengintensifkan pendampingan muallaf dan masyarakat khusus |
3.1. Pendekatan dengan pihak yang terkait |
Terealisasinya pendekatan dengan pihak yang terkait |
|
|
3.2. Mengadakan pelatihan pendampingan muallaf dan masyarakat khusus |
Pelatihan pendampingan muallaf dan masyarakat khusus |
|
|
|
3.3. Sosialisasi pembinaan dan pendampingan muallaf dan masyarakat khusus |
Terealisasinya Sosialisasi pembinaan dan pendampingan muallaf dan masyarakat khusus |
|
4 |
Berkurangnya pemurtadan |
Penanggulangan pemurtadan |
4.1. Pemantauan dan evaluasi terjadinya pemurtadan |
Laporan dan evaluasi |
|
|
4.2. Penguatan materi tentang isu - isu pemurtadan melalui ceramah diskusi |
Ceramah dan diskusi isu - isu pemurtadan |
|
|
|
4.3. Pemahaman strategi pemurtadan |
Buku saku strategi menghadapi pemurtadan |
|
D. DIVISI PENGUATAN PENGAJIAN DAN MEDIA |
||||
1 |
Pengajian, kajian, publikasi dan media lainnya secara terprogram sesuai faham agama dalam muhammadiyah yakni Islam yang berkemajuan |
Mengintensifkan pembinaan aqidah, ahlak, ibadah, dikalangan warga aisyiyah dam masyarakat luas melalui pengajian, kajian, publikasi dan media lainnya secara terprogram sesuai faham agama dalam muhammadiyah yakni Islam yang berkemajuan |
1.1. Pengajian - Pengajian Umum - Pengajian Akbar - Pengajian Anggota - Pengajian Pimpinan - Pengajian Mubalighot - Pengajian Ketarjihan |
1. Pengajian - Pengajian Umum - Pengajian Akbar - Pengajian Anggota - Pengajian Pimpinan - Pengajian Mubalighot - Pengajian Ketarjihan |
|
|
1.2. Kajian Al Qur'an dan Hadits (tahsin dan terjamah) |
Kajian Al Qur'an dan Hadits |
|
2 |
Data pengajian pimpinan dan jamaah tingkat regional dan lokal secara lengkap sebagai kerangka pembinaan dan pengembangan tabligh yang mencerahkan |
Menyusun dan mengembangkan data pengajian pimpinan dan jamaah tingkat regional dan lokal secara lengkap sebagai kerangka pembinaan dan pengembangan tabligh yang mencerahkan |
2.1. Pengambilan data pengajian di seluruh jenjang dengan membuat format pendataan pengajian yang dikirim ke seluruh daerah |
Data pengajian diseluruh jenjang |
|
|
2.2. Identifikasi data pengajian yang sudah terkumpul dari daerah - daerah |
Identifikasi data pengajian |
|
|
|
2.3. Menganalisis data pengajian yang sudah ada |
Analisis data pengajian |
|
3 |
Peta dakwah tingkat wilayah dan daerah, sebagai kerangka pelaksanaan tabligh di seluruh tingkatan dari tingkat wilayah sampai tingkat ranting |
Menyusun dan mengembangkan peta dakwah tingkat wilayah dan daerah sebagai kerangka pelaksanaan tabligh di seluruh tingkatan dari tingkat wilayah sampai tingkat ranting |
3.1. Pengambilan data pengajian di seluruh jenjang |
Data pengajian di seluruh jenjang |
|
|
3.2. Pembuatan buku panduan peta pengajian |
Buku panduan peta pengajian |