'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Hambatan dan Tantangan Pengembangan Organisasi Tahun 2018
Home » Dinamika Tahun 2018

HAMBATAN DAN TANTANGAN PENGEMBANGAN ORGANISASI TAHUN 2018

1. Hambatan dalam Pengembangan Organisasi

- Masih terbatasnya ketersediaan SDM yang mau meluangkan waktu secara penuh di organisasi/ terbatas nya waktu karena kesibukan pengurus.

- Terbatasnya SDM yang menguasai IT, masih perlu ditingkatkan agar dapat mengksplor kegiatan dakwah dan syi’ar aisyiyah Karanganyar.

2. Tantangan dalam Pengembangan Organisasi

1.1. Organisasi lain yang berkembang di daerah:

- Semakin menguatnya organisasi Islam lain yang memperoleh dukungan dana oleh pejabat terkait.

- Munculnya kelompok pengajian di masyarakat dengan  atas nama golongan tertentu yang tidak sepaham dengan Muhammadiyah.

- Menguatnya organisasi non muslim yang memberikan iming-iming materi mempengaruhi orang Islam/kristenisasi.

1.2. Tantangan dalam pengembangan organisasi :

- Masih ada beberapa lembaga dan majelis yang melaksanakan kegiatan tidak sesuai dengan waktu yang ditargetkan

- Masih kurangnya kesadaran akan pentingnya bentuk nyata kegiatan Aisyiyah, sehingga masih ada anggota Aisyiyah yang keterlibatan di organisasi kurang maksimal.

- Belum sepenuhnya dipahami oleh warga Aisyiyah tentang ideology Muhammadiyah sebagai dasar gerakan organisasi, sehingga sering ditemukan warga Aisyiyah masih mengembangkan paham yang tidak sepaham dengan ideology Muhammadiyah.

- Masih terdapat kelompok masyarakat yang belum terjangkau kegiatan  asiyiyah, utamanya di ranting-ranting yang memamg kurang dalam bidang keagamaan, sehingga diperlukan sikap arif dan bijaksana agar gerakan aisyiyah dapat membumi dan diterima.

- Berbagai karakter latar belakang sosial dan pendidikan serta profesi pengurus sehingga dituntut harus bisa pandai membawa diri agar dapat menciptakan suasana yang damai.

- Masih adanya potensi  daerah yang memiliki kekuatan wisata, ketrampilan batik, kesenian, yang belum tersentuh Aisyiyah.

- Sikap pemerintah yang sebanarnya care terhadap gerakan asiyiyah untuk dapat dijadikan kesempatan bergerak lebih banyak.

- Masih terdapat sikap masyarakat yang positif terhadap gerakan aisyiyah sehingga tidak jarang diperoleh dana sumbangan untuk pengembangan sarana pendidikan di AUA

Shared Post: