'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
TK SCA Karanganyar Cooking Class
31 Oktober 2019 08:35 WIB | dibaca 385

PAUD Surya Ceria Aisyiyah Karanganyar Cooking Class ke Paparonz Pizza, Solo

Beberapa orang tua mungkin melarang putra putrinya yang di bawah umur membantu memasak di rumah. Alasannya, khawatir anak-anak cedera terkena peralatan memasak ataupun tidak ingin dapur mereka berantakan. Padahal sebenarnya kegiatan masak memasak ini bisa jadi sangat disenangi anak-anak.
Mengajarkan cara membuat hidangan bisa dilakukan sejak anak usia dini. Apalagi di usia tersebut anak-anak berada pada tahap ingin tahu banyak hal. Tentu hal tersebut harus dalam pengawasan orang dewasa di sekitarnya (guru ataupun orang tua). Pada tanggal 30-31 Oktober 2019 PAUD SCA mengadakan kegiatan cooking class di Paparons Pizza. Tanggal 30 Oktober 2019 diikuti oleh anak-anak KB 1, 3, 5, anak-anak TPA, dan TK B. Sedangkan hari Kamis, tanggal 31 Oktober diikuti oleh Anak-anak KB 2, 4, 6, dan kelompok TK A.

Anak-anak sangat berantusias mengikuti kegiatan tersebut. Mulai dari keberangkatan dengan armada angkuta, karena kebanyakan anak-anak SCA jarang sekali naik angkuta. Sampai saat kegiatan cooking class berlangsung, anak-anak fokus saat trainer menjelaskan bagaimana cara membuat pizza. Pizza adalah salah satu makanan kesukaan bagi anak. Dalam kegiatan tsb anak-anak mengenal bahan untuk membuat pizza, yaitu keju mozarella, sosis, adonan pizza (dough), dan olahan ikan tuna.

 

Mereka terlihat sangat senang sekali saat praktik menaburkan toping pizza di atas dough. Pizza hasil karya mereka akan dibawa pulang untuk dinikmati bersama keluarga.

Kegiatan cooking class ini merupakan puncak tema Kebutuhanku. Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk bereksplorasi tentang keingintahuan mereka dalam hal masak memasak, melatih jiwa seni dan kemandirian anak, karena anak-anak tidak didampingi orang tua mereka.

Anik Purwanti

Shared Post: