'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Tingkatkan Tauhid - Kajian PCA Kaliboto
01 Maret 2020 14:12 WIB | dibaca 39

Kajian Ahad Pagi Balai Desa Kaliboto
Pembicara : Al Ustadz Yusron
Hari / tgl : Ahad, 1-3-2020
Pukul : 06:00 - 07:00
Tema : Tafsir Surat An - Naas

An - Naas (manusia) adalah menegaskan 3 sifat Allah : Rububiyah (pemelihara), Ilahiyah (Tuhan yang wajib disembah), dan Mulkiyah (Raja atau penguasa alam semesta). Karenanya mintalah perlindungan dari godaan dan kejahatan setan berbentuk jin dan manusia hanya kepada Allah SWT.  Inilah : 3 dari sifat-sifat Rabb 'Azza wa Jalla, yaitu : Rububiyah, Raja, dan IIlahiyah. Dimana Dia adalah pemelihara segala sesuatu sekaligus sebagai Raja dan Rabb-nya. Oleh karenanya Dia memerintahkan kepada semua yang hendak memohon perlindungan agar berlindung kepada Dzat yang memiliki 3 sifat di atas dari kejahatan syaitan khannas, yaitu syaitan yang ditugaskan untuk menggoda manusia, karena tidak ada seorangpun keturunan Adam melainkan dia memiliki satu teman yang akan senantiasa menjadikan segala perbuatan keji itu indah dipandang dan dia tidak akan mengenal kata lelah dalam menjalankannya. Dan orang yang terlindungi adalah orang yang mendapat perlindungan Allah.

Telahdin tegaskan dalam hadist shahih bahwasanya : "Tidak seorang pun di antara kalian melainkan telah diutus kepadanya pendampingnya". Dan ditegaskan pula dalam kitab Ash - Shahihain, dari Anas tentang kisah kunjungan yang dilakukan oleh Shafiyyah kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, yang ketika itu beliau tengah ber'i'tikaf juga kepergian beliau berpapasan dengan dua orang laki-laki dari kaum Anshar. Ketika melihat Nabi SAW, keduanya mempercepat jalannya, maka Rasulullah bersabda : "Berjalanlah seperti biasa, karena sesungguhnya dia adalah shafiyyah binti Huyay" . Kemudian keduanya berkata : "Mahasuci Allah, wahai Rasulullah". Beliaupun bersabda : "Sesungguhnya syaitan itu mengalir dalam tubuh anak Adam seperti aliran darah. Dan sesungguhnya aku khawatir dia akan memasukkan sesuatu ke dalam hati kalian berdua atau beliau mengatakan : "kejahatan".

Nabi bersabda : "Janganlah engkau mengatakan "Celakalah syaitan ", karena sesungguhnya jika engkau mengatakannya, niscaya dia akan merasa bertambah besar dan mengatakan :"Dengan kekuatanku aku menjatuhkannya."  Dan jika engkau mengucapkan : "Bismillah (Dengan menyebut nama Allah)", niscaya dia akan bertambah kecil sehingga dia menjadi seperti lalat". (Diriwayatkan oleh : Imam Ahmad seorang diri, dengan sanad yang jayyid dan kuat, dan di dalamnya terkandung dalil yang menunjukkan bahwa hati jika berdzikir kepada Allah, niscaya syaitan akan merasa bertambah besar dan menang). Mengenai firman Allah Ta'ala : "Syaitan yang biasa bersembunyi, "Sa'id bin Jubair mengatakan dari Ibnu 'Abbas, yaitu : "syaitan yang selalu bercokol di dalam hati manusia, di mana jika manusia lengah dan lalai, maka dia akan memberikan bisikan, dan jika manusia berdzikir kepada Allah maka syaitan itu akan bersembunyi."

Firman Allah Ta'ala : "yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia ."Apakah yang demikian itu khusus pada anak Adam saja sebagaimana yang tampak pada lahiriahnya, ataukah mencakup anak Adam dan juga Jin?"  Mengenai hal tersebut terhadap dua pendapat. Dimana mereka semua telah masuk ke dalam lafazh An-Naas. Ibnu Jarir mengatakan : "Dan tidak jarang jin laki-laki dipekerjakan oleh manusia. Oleh karena itu, bukan suatu hal yang aneh jika jin-jin itu disebut dengan sebutan An - Naas (manusia)."

Firman Allah Ta'ala :
"dan demikian kami jadikan bagi tiap-tiap Nabi itu musuh,yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia)." (QS. Al-An'am :112).
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Segala puji hanya bagi Allah yang telah mengembalikan tipu dayanya kepada godaan." demikian Ibnu Katsir.

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari