'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Temu Operator PAUD Aisyiyah Kabupaten Karanganyar untuk Mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB)
12 Desember 2019 16:42 WIB | dibaca 364

Rabu, 12 Desember 2019 Majelis Dikdasmen dan IGABA Kabupaten Karanganyar mengadakan koordinasi dengan operator untuk memberikan pendampingan terkait NIB (Nomor Induk Berusaha) bertempat di SCA. Acara diikuti 80 peserta yang mewakili lembaga sebagai operator baik dari TK maupun Kelompok Bermain. Sejak digulirkan oleh pemerintah bahwa setiap lembaga atau amal usaha hendaknya memiliki NIB. Hal ini segera direspon oleh PP Muhammadiyah dengan membuat aplikasi sk-aum.id

Ketua majelis Dikdasmen dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua yang hadir terutama tim yang akan memberikan pendampingan. Kemajuan teknologi tentunya memberikan kemudahan bukan sebaliknya. Kalau belum tahu perlu belajar dan tidak malu bertanya. Regulasi pemerintah harus kita ikuti tapi tidak usah disambut dengan mengeluh. Untuk itu acara ini bisa membantu baik untuk mendapatkan NIB, Sispena, dan data verval. Sispena/akreditasi juga menjadi target kita karena tahun 2020 kalau belum terakreditasi lembaga tidak mendapat bantuan. Kita bersyukur ada 3 asesor dari guru PAUD Aisyiyah Karanganyar tentu akan senang hati memberikan pendampingan. Semoga PAUD Aisyiyah Karanganyar tahun 2020 terakreditasi semua, tambahnya.

Untuk mendapatkan NIB ada beberapa tahapan yang harus dilakukan; pertama mendaftar untuk mendapatkan SK AUM (surat keterangan amal usaha Muhammadiyah) lewat aplikasi di atas. Dalam hal ini termasuk amal usaha yang dikelola oleh Aisyiyah. Sebelumnya operator harus menyiapkan beberapa berkas dan mempunyai dua email lembaga yang masih aktif. Sehingga saat login masuk direktori sudah siap data yang harus diupload. Tahap berikutnya scan surat yang telah disahkan oleh PDA kemudian diupload dan menunggu diproses untuk mendapatkan SK AUM. Kemudian mencari NPWP bagi yang belum punya lalu upload lagi dan diprose untuk mendapatkan NIB.

Acara berlangsung baik walaupun agak terkendala jaringan. Tetap semangat guru PAUD Aisyiyah. Jadilah guru Aisyiyah berkemajuan.

Shared Post: