'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Tadarus Al-Qur'an bagi Guru TK Aisyiyah II Gemolong
20 Februari 2021 22:03 WIB | dibaca 171

Tadarus Al-Qur'an bagi Guru TK Aisyiyah II Gemolong
Krendowahono Gondangrejo Karanganyar
tkaisyiyah2gemolong@gmail.com

Bagi sebagian orang Tadarus Al-Qur’an sudah menjadi kegiatan yang umum khususnya dalam keluarga Islam. Kegiatan tersebut dapat dilakukan kapan saja, meskipun biasanya diutamakan pada waktu khusus, yaitu sesudah sholat subuh atau sholat maghrib. 

Tadarus Al-Qur’an bagi Guru TK Aisyiyah II Gemolong adalah suatu program rutin sekolah setiap hari Jum’at dengan membaca 1 juz dilakukan bersama-sama di sekolah. Teknis pelaksanaannya adalah setiap guru mendapat jatah (bagian) membaca beberapa ayat sehingga secara keseluruhan pada waktu tersebut akan selesai dibaca 1 juz. Kegiatan ini dilakukan di pagi hari sesudah kegiatan olah raga di sekolah dan tidak mengganggu aktifitas KBM anak didik yang masih berlangsung secara daring (BDR).

Kegiatan Tadarus Al-Qur’an bagi Guru TK Aisyiyah II Gemolong merupakan  program baru, dan dilaksanakan mulai Tahun Pelajaran 2020/2021. Ibu Durotun Nikmah, S.Pd.,M.Pd sebagai Kepala TK Aisyiyah II Gemolong Krendowahono Gondangrejo Karanganyar menetapkan program tersebut dalam pelaksanaannya bersama 4 orang guru lainnya yaitu ibu Sri Riyanti, S.Pd, ibu Tyas Retnoningsih, S.Pd, ibu Yuliana dan ibu Nurcahyani Vermatasai.

Manfaat tadarus Al-Qur’an secara bersama-sama adalah selain dapat menambah pahala dan menjadi penolong di hari akhir nanti, juga bermanfaat untuk ketenangan hati, memperkuat tali persaudaraan, menumbuhkan rasa saling menyayangi, peduli dan membantu membangun tim kerja semakin solid.

“ Bacalah Al-Qur’an, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya. “  (HR.Muslim)

Pelaksanan Tadarus Al-Qur’an bagi Guru TK Aisyiyah II Gemolong tersebut untuk pertama kalinya adalah pada Jum’at 17 Juli 2020, dan berikut ini adalah rekaman dokumentasinya :

Perasaan bahagia, terharu bercampur menjadi satu karena dengan segala keterbatasan kami tidak terasa sampailah pada minggu ke-30 yang itu berarti sampai pada juz 30.  Hari Jum’at, 19 Februari 2021 setelah juz 30 selesai dibaca oleh masing-masing guru, kegiatan dirangkai dengan penutupan yaitu Khataman Al-Qur’an (Khatmil Qur’an). Khataman Al-Qur’an dimulai dengan membaca tawasul kepada Rasulullah SAW, keluarga dan para sahabatnya. Selanjutnya adalah membaca 22 surat paling akhir dalam Al-Qur’an secara urut mulai Ad-Dhuha sampai An-Nas, kemudian disambung dengan membaca surat Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan surat Al-Baqarah (ayat 1-5). Sebagai bagian akhir dan utama dari rangkaian kegiatan Khatmil Qur’an ini adalah membaca Do’a Khatmil Qur’an dilanjutkan dengan Do’a Mohon Keselamatan Dunia Akhirat. Tidak lupa pula dengan senantiasa memohon keridloan Allah SWT semoga kami bisa istiqomah dalam kegiatan tadarus ini.

»»»»Ya Allah, rahmatilah kami dengan Al-Qur’an
Jadikanlah ia bagi kami sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk dan rahmat
Ya Allah, ingakanlah apa yang kami lupa dari padanya
dan ajarilah kami tentang apa yang belum kami ketahui
Anugerahkanlah kami untuk membacanya di tengah malam dan di penghujung siang
Jadikanlah ia sebagai pembela bagi kami
Wahai Tuhan sekian alam  »»»»
Aaamiiin Ya Rabbal Aalaamiin

Sebagai penanda rasa syukur dan berbagi kebahagiaan, setelah rangkaian kegiatan Khatmil Qur’an selesai dilaksanakan, selanjutnya adalah membagikan “sego banca’an” berupa nasi tumpeng gudhangan lengkap dengan lauknya. Beberapa anak yang lokasi rumahnya bertetangga dengan TK Aisyiyah II Gemolong hadir sebentar dalam kegiatan tersebut.

Tak ada gading yang tak retak, demikian pula dengan kami yang masih banyak kekurangan dan keterbatasan. Mohon maaf dan Semoga senantiasa istiqomah dalam upaya perbaikan diri. Aaamiin YRA.

Sumber : Durotun Nikmah // tkaisyiyah2gemolong@gmail.com
Redaktur : LPPA PDA Karanganyar

Shared Post: