'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Sosialisasikan Wirausaha Bagi Jamaah - Ekonomi dan Tabligh Bersinergi
02 Januari 2020 08:02 WIB | dibaca 141

Roadshow Majelis Tabligh bersinergi dengan Majelis Ekonomi Pimpinan Daerah Aisyiyah Karanganyar,  Sabtu,  28 Desember 2019 pukul 16:00 di Pimpinan Ranting Aisyiyah Dayu Karangpandan.  Dihadiri oleh : 38 orang.

Ketua Majelis Tabligh,  Lailatul Hasanah,  M. Pd. I menyampaikan pesan untuk berhati hati dengan sabda nabi : sesungguhnya Allah membenci 3 perkara :

1. قيل و قا ل
Kabar burung.  Sebagai muslim ketika kita mendengar kabar harus diperhatikan kebenarannya,  jangan sampai kita menyebarkan berita hoax,  karena apa saja yang dilakukan oleh penglihatan,  pendengaran,  dan  pembicaraan kita kelak akan dimintai pertanggung jawaban. Sebagaimana surat al. Isra' ayat 36:

وَلَا تَقْفُ مَا لَـيْسَ لَـكَ بِهٖ عِلْمٌ ۗ اِنَّ السَّمْعَ وَا لْبَصَرَ وَا لْفُؤَادَ كُلُّ اُولٰٓئِكَ كَا نَ عَنْهُ مَسْئُوْلًا
wa laa taqfu maa laisa laka bihii 'ilm, innas-sam'a wal-bashoro wal-fu`aada kullu ulaaa`ika kaana 'an-hu mas`uulaa

"Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya."
(QS. Al-Isra' 17: Ayat 36)

2. Boros
Sifat boros merupakan perbuatan syaitan,  maka kita harus menghindarinya,  membelanjakan harta sesuai dengan manfaatnya.  

Janganlah kita menjadi orang yang boros dan juga orang kikir atau bakil.
Sebagaimana firman Allah surat al isra' ayat 29:
Allah SWT berfirman:

وَلَا تَجْعَلْ يَدَكَ مَغْلُوْلَةً اِلٰى عُنُقِكَ وَلَا تَبْسُطْهَا كُلَّ الْبَسْطِ فَتَقْعُدَ مَلُوْمًا مَّحْسُوْرًا
wa laa taj'al yadaka maghluulatan ilaa 'unuqika wa laa tabsuth-haa kullal-basthi fa taq'uda maluumam mahsuuroo

"Dan janganlah engkau jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan jangan (pula) engkau terlalu mengulurkannya (sangat pemurah) nanti kamu menjadi tercela dan menyesal."
(QS. Al-Isra' 17: Ayat 29)

3. Banyak pertanyaan.
Jangan sampai kita seperti kisah bani isra'il yang banyak pertanyaan ketika diperintah untuk menyembelih sapi padahal perintahnya sudah jelas.

Acara selanjutnya penyampaian program Majelis Ekonomi oleh Hj.  Tatit Sukesi,  S. Pd, beliau menawarkan program ME diantaranya :
1. Pelatihan pemanfaat barang limbah untuk peralatan rumah tangga.
2. Hidroponik
3. Koperasi Syari'ah
4. Toko Kelontong

Bahwa laba dari usaha usaha Aisyiyah untuk kegiatan persyarikatan Aisyiyah diantaranya ditasyarufkan untuk dhu'afa',  anak yatim,  pendidikan dan untuk membiayai kegiatan lintas majelis.

Diharapkan kedepan Pimpinan Ranting Aisyiyah Dayu untuk bersinergi dengan Majelis Ekonomi sesuai kebutuhan daerah setempat.

Bu bayan Dayu menyambut gembira program Majelis Ekonomi,   beliau mengatakan  di daerah dayu ada kelompok pertanian,  ME PDA Karanganyar  bisa bekerja sama untuk pelatihan menanam  hidroponik.  

Dilanjutkan penyerahan seragam Aisyiyah sebagai cinderamata. ..

Dirilis oleh : Ummie Masrurah MT PDA Karanganyar.

Shared Post: