'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Siti Hajinah Wawardi - Perempuan Pendobrak dari Muhammadiyah
19 Juli 2020 11:24 WIB | dibaca 275

Di 'Aisyiyah tumbuh generasi-generasi perempuan tangguh yang berani keluar dari pakem masyarakat pada saat itu. Mislanya dalam hal pendidikan. Siti Hajinah adalah salah satu generasi awal 'Aisyiyah yang mendobrak pakem kolot masyarakat.
 
Sebagai putri dari seorang pengusaha batik terkenal H. Muhammad Narju, Siti Waljinah termasuk pelajar yang mendapatkan pendidikan yang tinggi. Setelah belajar di Hollandsche Indlandsche School (HIS) Yogya, ia meneruskannya di Fur Huischouds School (Sekolah Kepandaian Putri).
 
Berkat kecerdasannya, Siti Hajinah diminta mengajar di beberapa sekolah seperti MULO Negeri Ngupasan, Neutrale MULO di Gondolayu dan MULO Negeri di Magelang.
 
Bersama generasi pertama ‘Aisyiyah seperti Siti Bariyah, Siti Munjiah, dan Siti Walidah, Siti Hajinah merupakan salah satu tokoh yang diandalkan ‘Aisyiyah karena kecerdasannya.
 
Lasa HS dalam Naskah Ensiklopedi Muhammadiyah (2002) mencatat pada 1930 Siti Hajinah pernah berkeliling Indonesia dengan membawa misi ‘Aisyiyah, di Sumatera, Kalimantan, Makassar, Gorontalo, pedalaman Senkang, Sulawesi hingga Manado, dan Ambon.
 
Kemampuan retorika, pembacaan budaya setempat hingga kemampuan berbahasa Belandanya yang cukup baik menjadi bekal Siti Hajinah mengemban misi 'Aisyiyah.
 
Siti Hajinah pernah menjadi pimpinan ‘Aisyiyah sejak 1927. Beberapa program yang dirintis Siti Hajinah diantaranya program strategis pembangunan Sumber Daya Manusia.

Infografis : Instagram Aisyiyah Pusat
Sumber: http://www.aisyiyah.or.id/id/idea/siti-hajinah-perempuan-pendobrak-dari-muhammadiyah.html
Dipublish oleh : LPPA PDA Karanganyar

Shared Post:
Berita Terbaru