'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Siapkan Investigasi Kontak 2020, SSR Aisyiyah bertandang ke Dinkes Karanganyar
03 Maret 2020 15:00 WIB | dibaca 27

Selasa, 03 Maret 2020. Periode program Round New Implementing Period (R-NIP) disambut SSR Aisyiyah Karanganyar dengan gelaran tandang ke markas Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh squad inti pengelola SSR Aisyiyah Karanganyar yang dikepalai oleh Darsih, Amd. Keb serta dengan juru taktik sang koordinator program yakni Shubuha PN, M.Si yang akrab disapa dengan mas Haha. Kegiatan ini ditujukan guna mengkomunikasikan strategi pencapaian program TBC melalui melakukan pendekatan investigasi kontak sebagai strategi penemuan kasus TB baru di Kabupaten Karanganyar. Tahun 2018 lalu, SSR Aisyiyah Karanganyar sudah melakukan recruitment dan training kader dengan total 82 kader yang tersebar di 17 kecamatan. Dasar lawatan tandang yang dilakukan ini yakni bercermin pada pembelajaran penting selama implementasi program dimana perlu meningkatkan kordinasi dengan dinas kesehatan dan pelaksana program lainnya seperti pada level puskesmas misalnya karena selama program berjalan tahun 2018-2019 kordinasi dan kerjasama dengan puskesmas belum optimal dikarenakan terbatasnya waktu.

Dengan demikian, untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan program baik investigasi kontak maupun penemuan kasus secara umum, maka diperlukan pertemuan koordinasi dengan melibatkan dinas kesehatan/puskesmas untuk meningkatkan kolaborasi pelaksanaan program. Tujuan kegiatan ini diantaranya:

1. Menyampaikan laporan hasil capaian program setiap Quartal kepada Dinas Kesehatan

2. Menyampaikan kendala yang ditemukan dilapangan saat pelaksanaan kegiatan investigasi kontak dan penemuan kasus

3. Sinergi program dan kegiatan antara pengelola program TB Care ‘Aisyiyah dan Dinas kesehatan dapat berjalan sesuai rencana

"Pertemuan koordinasi ini membahas strategi dan timeline pelaksanaan investigasi kontak dan penemuan kasus baru TBC untuk periode 2020 ininya" tegas darsih, Amd. Keb pada sambutan laporan selaku Kepala SSR. Lebih lanjut, Shubuha PN juga menambahkan bahwa koordinasi ini sangat penting karena banyak inovasi program untuk peningkatan capaian penemuan kasus yang akan disiapkan Dinkes Karanganyar serta SSR Aisyiyah Karanganyar yang dibahas untuk pelaksanaan di tahun 2020. Berlangsungnya kegiatan ini juga diisi dengan penyampaian progess update program dan kegiatan yang telah dilakukan SSR kepada Dinas Kesehatan Karanganyar, berupa:
1. Laporan capaian Indikator program setiap Quartal selama 2019
2. Laporan kegiatan yang akan dilaksanakan dan yang sudah dilaksanakan
3. Menyampaikan hasil persoalan dan temuan kendala-kendala yang terjadi lapangan dan mencari solusi terkait persoalan tersebut

Kegiatan ini berlangsung di Aula P2P Dinkes Karanganyar pada pukul 09.00 WIB dengan dipimpin langsung oleh Kabid P2P Dinkes Karanganyar yakni Ibu dr. Katarina Iswati yang didampingi oleh Kasie P2P nya yaitu Bapak Sri Winarno, SKM dan Wasor TB yaitu Bapak Joko Purnomo, SKM.

 

-Efitya Fitria I, S.Sos.-

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari