'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Siapkan Diri Sambut Ramadhan
15 April 2020 07:46 WIB | dibaca 460

Sejumlah persiapan yang bisa  dilakukan, antara lain sebagai berikut :

Menambah Ilmu
Tak ada salahnya menambah ilmu sebelum memasuki bulan Ramadhan. Dengan begitu, kita bisa mengetahui syarat sah puasa, apa saja hal yang membatalkan puasa, dan cara menambah pahala selama puasa.
Secara tidak langsung dengan menambah ilmu dan mempelajari hal baru dapat membuat kamu lebih semangat untuk meningkatkan kadar keimanan dan menambah amalan saleh. Untuk menambah ilmu, bisa berdiskusi langsung dengan ulama di sekitar rumah atau tanya jawab melalui internet.

Menyiapkan Fisik
Puasa Ramadhan 2020 merupakan ibadah wajib yang mengharuskan manusia untuk menahan diri dari makan dan minum, serta hawa nafsu dari terbit fajar hingga matahari terbenam atau ketika azan magrib berkumandang.
Agar puasa  lancar dan tubuh tetap segar bugar,  wajib memperhatikan sejumlah hal, seperti mulai berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat kaya gizi, dan tidur cukup. Jika perlu konsumsi vitamin. Dengan cara ini,  tubuh sehat dan puasa pun semakin lancar.

Siapkan Menu Sahur dan Berbuka
Sebelum memasuki bulan Ramadhan, lebih baik untuk menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa. Hal ini sangat penting, terutama bagi yang tinggal sendiri. Pastikan menu yang kamu buat mencakup seluruh kebutuhan tubuh, mulai dari mineral hingga vitamin. Perbanyak sayuran hijau dan buah yang mengandung serat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Membiasakan Bangun Pagi
Bagi yang terbiasa tidur awal, bangun tengah malam untuk sahur bukanlah masalah. Namun, bagi yang sering tidur larut, hal ini cukup menyulitkan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memperbaiki jam tidur sebelum Ramadhan menyapa. Tujuannya, agar  bangun tepat waktu dan tidak telat makan sahur.
Jika terlalu sulit, usahakan tidur maksimal pukul sepuluh malam dan bangun sekitar pukul tiga atau setengah empat untuk melaksanakan makan sahur.

Siapkan Tabungan Khusus
Banyak orang mengeluh pengeluaran membengkak di bulan Ramadhan karena banyak acara buka bersama atau membeli kebutuhan untuk makan sahur dan berbuka puasa. Agar keuangan tetap stabil, sebelum Ramadhan tiba pastikan untuk menyisihkan uang.
Dengan adanya tabungan khusus, kamu tak perlu khawatir lagi mengenai kondisi finansial. Ketika membutuhkan dana mendesak,  bisa menggunakan tabungan ini, termasuk untuk membeli berbagai keperluan untuk menyambut lebaran.

Membersihkan Rumah
Agar puasa lebih lancar, bersihkan rumah menjelang bulan Ramadhan. Rumah yang bersih aka membuat suasana lebih menyenangkan. Rumah juga lebih  nyaman dan bisa lebih khusyuk dalam beribadah.

Perbanyak Sedekah
Satu lagi yang tak boleh lewatkan, yakni perbanyak sedekah. Sebagaimana kita tahu, sedekah memiliki banyak manfaat. Selain dapat menambah pahala, sedekah dapat menjauhkan kamu dari musibah, memperpanjang umur, membuat hati tenang, dan menghapus dosa. Kita pun akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Hidup pun menjadi lebih berkah.

Shared Post:
Berita Terbaru