'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
SCA PDA Karanganyar Akhirusanah
15 Juni 2017 05:30 WIB | dibaca 1152

Akhirusanah Ajang Silaturahim dan Tumbuhkan Motivasi Rabu, 14 Juni 2017 PAUD Surya Ceria Aisyiyah (SCA) menyelenggarakan akhirusanah. Memang sudah menjadi agenda rutin tiap tahun, tetapi tahun ini dilaksanakan pada bulan Ramadan. Namun acara tetap semarak dengan baju adat warna warni yang dipakai anak. Hadir kepala UPT Karanganyar, Pengawas TK, PDA, dan Ketua Majelis Dikdasmen Acara diawali dengan pembukaan lalu tilawah yang dilantunkan ananda Danis alumnus SCA yang sekarang kelas 2 SD Aisyiyah Surya Ceria (ASC). Berikutnya sambutan kepala SCA Ibu Sri Rahayu Ningastuti menyampaikan terima kasih kepada semua yang hadir dan permohonan maaf kepada orang tua/wali anak SCA. Selain itu menyampaikan harapan agar anak-anak bisa melanjutkan jenjang lebih tinggi baik SD maupun MI. Sambutan Pimpinan Daerah Aisyiyah diwakili Ibu Umi Sholihah menyampaikan bahwa Aisyiyah merupakan organisasi perempuan pertama di Indonesia. Aisyiyah juga mendirikan TK/PAUD pertama di Indonesia yang saat ini genap berusia 1 abad (100 tahun). PAUD SCA yang dirintis 10 Juni 2004 saat ini genap 13 tahun, Alhamdulillah sampai sekarang tetap eksis di bawah komando majelis Dikdasmen. Bahkan telah merintis SD Aisyiyah Surya Ceria (ASC). Dalam mengelola amal usaha, Aisyiyah insyaAllah amanah. Beliau juga menyampaikan bahwa 20 tahun lagi orang tua akan melihat anak-anak ini seperti apa. Mungkin ada yang jadi dokter, guru, pemimpin akan datang. Hal ini tentu tak lepas dari peran guru dan orang tua terutama ibu. Beliau berharap agar ibu selalu menanamkan nilai agama dan menjadi pertimbangn dalam memilihkan sekolah.

Sambutan Kepala UPT. Pendikan

Berikutnya samputan kepala UPT, memberikan apresiasi kepada PAUD SCA dan orang tua/wali yang telah memilih SCA sebagai tempat pendidikan di usia dini untuk putera-puterinya. Tampilan tari "Manuk Dadari" membuat anak-anak kembali tenang menyaksikan kebolehan teman-temannya. Apalagi saat menyanyikan lagu Mars SCA bersama-sama dengan dirigen salah satu teman, terlihat semua menyanyi dengan semangat sehingga membuat haru bapak ibu yang hadir. Acara selanjutnya proses pengalungan pita dan pemberian ijazah secara bergiliran dari kelas B 1 sampai B 5 berjalan lancar dan tertib. Dilanjutkan menyanyikan lagu Himne Guru dan lagu Terima Kasih Guru secara bersama-sama. Suasanan terasa syahdu dan haru.

  

Penampil dalam Acara Akhirusanah

Suaasana semakin haru saat ada tampilan puisi perwakilan siswa dan guru kelas, suasana perpisahsn semakin terasa suasana. Hidiyah Ketua Dikdasmen menjelaskan, dari beberapa tampilan dalam acara akhirusanah setidaknya dapat dilihat adanya bukti hasil pendidikan di PAUD SCA, kemampuan dalam mental, moral, dan spiritual yang selama ini ditanamkan menumbuhkan keberanian unjuk kemampuan dalam bidang agama dan ketrampilan seni tampil di muka umum. Agama merupakan modal penting sebagai pondasi dalam jenjang pendidikan sekolah berikutnya dan seni merupakan modal penting dalam memicu anak berkreativitas. Akhirusanah diakhiri dengan doa dan bersalaman anak -anak beserta orang tuanya kepada guru dan pengurus (PDA)

Shared Post:
Berita Terbaru