'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Sarasehan PWA Majelis Dikdasmen Kuatkan Pembelajaran Masa Covid
06 September 2020 17:03 WIB | dibaca 246

Ahad, 6 September 2020 Alhamdulillah Majelis Dikdasmen PDA Karanganyar bisa mengikuti Sarasehan dengan PWA majelis Dikdasmen secara virtual. Tema sarasehan  " Rintisan Kanal Edukasi Aisyiyah Bustanul Athfal Implememtasi Pendekatan Loose Part Aplikasi Penilaian untuk PAUD" dengan narasumber dari PWA majelis dikdasmen dan ketua IGABA Jawa Tengah. Acara dimulai pukul 09.00 sampai 12.45.
 
Dr. Eny Winaryati, M.Pd. menyampaikan materi Rintisan Kanal Edukasi Aisyiyah Bustanul Athfal. Tujuan materi  ini bahwa abad 21 Aisyiyah perlu membuka Kanal Edukasi sebagai bentuk respon terhadap fenomena yang sedang terjadi. Demi lancarnya proses pendidikan melalui strategi yang kreatif dan inovatif. Untuk memecahkan masalah dengan kritis melalui kunerja kolaborasi dengan komunikasi yang baik.
 
Tuntutan pembelajaran abad 21 (critical thinking and problem solving, colaboration, creativity and inovation dan comunication) maka dipetlukan strategi dan pengembangan pembelajaran yamg melibatkan orang tua.
 
Yani Mulyani, S.P. menyampaikan tentang langkah dan apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan Kanal Edukasi. Kanal edukasi terinspirasi abad 21 yang memanfaatkan aplikasi digital untuk itu SDM harus  paham dan menguasai IT. Semua data sudah berbasis komputer/aplikasi. Pembelajaran tidak hanya untuk murid tapi perlu ada pijakan bagi wali murid agar anak tidaj terlalu lama terpapar video yang dibuat oleh guru. Pemanfaatan aplikasi komputer bisa juga untuk PPDB, arsip dokumen lembaga, aplikasi penilaian/rapor dan media belajar.
 
Ani Alfiah, M.Pd. ketua IGABA JawaTengah menyampaikan materi  tentang pembelajaran dengan metode Loose Part  untuk anak PAUD. Metode ini dianggap efektif karena bisa menggunakan bahan yang ada di sekitar/lingkungan. Metide ini juga memiliki manfaat yang menyeluruh untuk mengukur semua aspek baik kognitif,  motorik dan bahasa anak. 
 
Sarasehan berjalan lancar sayangnya yang mengikuti tidak sesuai dengan yang diharapkan. Seharusnya diikuti oleh ketua dikdasmen dan ketua IGABA dari masing-masing kota/daerah se Jawa Tengah. Semoga yang mengikuti dapat  mengembangkan ilmu yang didapat.
 
  

Usai penyampaian materi oleh para narasumber sarasehan dilanjutkan tanya jawab kemudian diakhiri stresing oleh Ketua PWA Majelis Dikdasmen. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih pada narasumber dan peserta webinar. Sayangnya yang mengikuti tidak sesuai dengan yang diharapkan. Seharusnya diikuti oleh ketua dikdasmen dan ketua IGABA dari masing-masing kota/daerah se Jawa Tengah. Beliau menegaskan akan ada tindak lanjut dari sarasehan ini, pertama sebagai pilot proyek Kabupaten Semarang dan akan dijadwalkan tiap- tiap karesidenan. Alhamdulillah sarasehan berjalan lancar. Semoga kanal edukasi Aisyiyah Bustanul Athfal segera terwujud. Aamiin...

Redaktur : LPPA PDA Kra

Shared Post:
Berita Terbaru