'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Sambangi Kecamatan, SSR Aisyiyah Karanganyar Galang Dukungan
11 Maret 2020 11:50 WIB | dibaca 47

(Rabu/11 Maret 2020) Pelaksanaan penemuan kasus melalui investigasi kontak sebagai indikator utama dari keberhasilan program perlu didukung semua pihak. Agar pelaksanaan investigasi kontak berjalan dengan efektif diperlukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti kecamatan dan perwakilan dari PKM. Kegiatan koordinasi dengan pihak kecamatan sebagai bagian untuk mendukung kegiatan penemuan kasus secara aktif baik melalui investigasi kontak maupun non investigasi kontak. Berdasar hal inilah, SSR Aisyiyah Karanganyar melakukan kunjungan ke setiap kecamatan intervensi di Kabupaten Karanganyar, kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 6 Maret 2020 sampai dengan tanggal 14 Maret 2020 rencananya karena kegiatan tahap pertama ini dilakukan dengan mengunjungi 7 kecamatan intervensi, dimana setiap harinya akan mengunjungi 1 kecamatan.

Pertemuan koordinasi dengan kecamatan ini dilakukan untuk memberikan informasi terkait kegiatan investigasi kontak yang dilakukan oleh kader komunitas sehingga SSR mengetahui sumber daya (jumlah indeks kasus, jumlah kader, PMO) yang ada di kecamatan daerah intervensi program. Jalannya acara diisi dengan penyampaikan hasil capaian indikator program (investigasi kontak, penemuan kasus, terduga TB, edukasi HIV dan kesembuhan) oleh Koordinator Program yaitu Shubuha PN. dilanjutkan dengan menggali untuk mendapatkan informasi dari pihak kecamatan/kelurahan/desa/ tentang kondisi area terkait situasi TBC paling update, hal ini untuk pembahasan data pasien yang akan dikunjungi oleh kader dalam program investigasi kontak/penyuluhan. Lebih lanjut, peran kecamatan dan puskesmas dalam kegiatan ini bersama dengan SSR Aisyiyah Karanganyar bersama melakukan pemetaaan kasus indeks untuk pelaksanaan investigasi kontak.

Kegiatan berjalan dengan baik menghasilkan dukungan dari pihak Kecamatan dan PKM terkait kegiatan investigasi kontak hingga penyuluhan dengan disertai peta indeks kasus per kelurahan atau desa yang akan diinvestigasi kontak oleh kader. Darsih, Amd. Keb selaku kepala SSR Aisyiyah Karanganyar sendiri menegaskan bahwa kunjungan yang dilakukan Koordinator SSR ke tiap kecamatan tersebut sangat penting karena untuk membangun legalitas perijinan di tiap kecamatan agar kader dapat dengan mudah masuk ke wilayah kerja mereka.

 

-Efitya Fitria I-

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari