'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Sabar dalam menghadapi Musibah
24 Desember 2020 20:39 WIB | dibaca 216

Sabar dalam menghadapi Musibah
Dalam Kajian Ranting Aisyiyah Sedayu Jumantono

Kamis, 24 Desember 2020 pukul 15.30-17.00 WIB. Sejumlah 200 orang peserta pengajian Ibu-ibu Ranting Aisyiyah (PRA) dan Nasyiatul Aisyiyah (PRNA) Sedayu, Jumantono menghadiri kajian bersama Ibu Sartini dari Majelis Tabligh PDA Karanganyar. Kegiatan ini bertempat di Aula Masjid Sedayu Jumantono.
 
 
 
 
 
Dalam kajian ini dengan tema Sabar dalam menghadapi Musibah. Berkeluh kesah dan uring-uringan adalah tingkatan sabar yang paling lemah dalam akal. Sabar adalah ikhlas karena Allah swt, Ridho berusaha menerima takdir dari Allah swt. Dan jadikan sabar sebagai syukur dengan menganggap musibah sebagai ujian hidup, nikmat dengan memberi maaf dan tidak balas dendam. Allah swt memberikan ujian sesuai dengan kemampuan hambanya. 
 
Sebagaimana dalam QS. Al-Baqarah Ayat 286 :
 
لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفۡسًا اِلَّا وُسۡعَهَا ‌ؕ لَهَا مَا كَسَبَتۡ وَعَلَيۡهَا مَا اكۡتَسَبَتۡ‌ؕ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذۡنَاۤ اِنۡ نَّسِيۡنَاۤ اَوۡ اَخۡطَاۡنَا ‌ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحۡمِلۡ عَلَيۡنَاۤ اِصۡرًا كَمَا حَمَلۡتَهٗ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِنَا ‌‌ۚرَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلۡنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖ‌ ۚ وَاعۡفُ عَنَّا وَاغۡفِرۡ لَنَا وَارۡحَمۡنَا ۚ اَنۡتَ مَوۡلٰٮنَا فَانۡصُرۡنَا عَلَى الۡقَوۡمِ الۡكٰفِرِيۡنَ
 
Artinya :
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."
 
Majelis Tabligh PDA Karanganyar
Redaktur : LPPA PDA Karanganyar
Shared Post:
Berita Terbaru