'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Refreshment and Monev Cadre Community SSR Aisyiyah Karanganyar for Contact Investigation 2020
10 Maret 2020 06:00 WIB | dibaca 242

(Senin, 09 Maret 2020) Kegiatan Periode program Round New Implementing Period (R-NIP) 2020 disambut dengan kesiapan oleh SSR TB-HIV Aisyiyah Karanganyar dengan evaluasi program guna merancang pendekatan investigasi kontak sebagai strategi penemuan kasus TB baru di seluruh kecamatan dalam intervensi program. Tahun 2018-2019 SSR Aisyiyah Karanganyar  sudah melakukan recruitment dan training kader di 17 kecamatan intervensi. Salah satu pembelajaran yang sudah dilakukan tahun 2018-2019 adalah tingkat keaktifan kader rendah. Tingkat keaktifan kader sekitar 30-40%. Keaktifan kader secara langsung mempengaruhi pelaksanaan investigasi kontak dan penemuan kasus baru. Dengan demikian, untuk meningkatkan keaktifan kader perlu dilakukan refreshment sekaligus melaksanakan monitoring dan evaluasi kader. Monitoring dan evaluasi kader merupakan suatu kegiatan pertemuan  rutin yang dilakukan oleh pelaksana program (SSR Aisyiyah Karanganyar) untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan program kegiatan investigasi kontak, penemuan kasus dan pendampingan oleh kader selama program berjalan. Monitoring dan evaluasi ini juga melibatkan dinas kesehatan/wasor dan puskesmas untuk meningkatkan kolaborasi pelaksanaan program investigasi kontak dan penemuan kasus.

Quartal pertama di 2020 ini, dengan dasar di atas itulah maka SSR Aisyiyah Karanganyar dengan sigap menyiapkan kegiatan Refreshment dan Monev kadernya sebagai bentuk perhatiannya pada kader TBC. Kegiatan tersebut dilakukan pada Senin, 09 Maret 2020 bertempat di Resto Taman Saraswati, Ngargoyoso. Pemilihan lokasi ini adalah untuk menjawab keinginan para kader yang hendak menyambut program 2020 dengan berkumpul menyusun strategi di tempat yang lebih sejuk karena membutuhkan suasana yang tidak monoton selalu di ruangan setting kelas belajar. Pemberangkatan kader ke Ngargoyoso yang notebene jauh dari Kantor SSR sendiri sepenuhnya mendapatkan dukungan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karanganyar dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Karanganyar bekerjasama dengan RS PKU Muhammadiyah Karanganyar untuk penyediaan 1 unit bus transportasi para kader.

"Refreshment serta monitoring dan evaluasi terhadap kader ini guna meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan investigasi kontak dan penemuan kasus secara berkala" tegas Ibu Darsih, Amd. Keb pada laporan sambutannya. Efitya Fitria selaku Data Collection SSR sendiri juga menerangkan bahwa kegiatan rutin ini sangat berdampak signifikan pada peningkatan harmonisasi dan kolaborasi antara dinas kesehatan, puskesmas dengan SSR untuk melakukan gerakan eliminasi TBC melalui gerak langkah kader yang sangat hebat dalam perannya. Pertemuan koordinasi ini dipandang dapat mendukung kader dalam melakukan investigasi kontak dan penemuan kasus. Kegiatan Investigasi kontak menggunakan data kasus yang diperoleh dari fasilitas kesehatan, sehingga komunikasi antara fasilitas kesehatan, kader dan SSR terjalin dengan baik dan sinergi harapan dari terlaksananya kegiatan ini. lebih lanjut, Shubuha PN selaku juru taktik koordinator program sendiri menerangkan bahwa pada kegiatan ini sekaligus dapat digunakan untuk pengumpulan laporan kader, motivasi, serta menyusun agenda TB Day 2020.

 

-Efika Nurul S-

Shared Post:
Berita Terbaru