'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PUNCAK MILAD AISYIYAH YANG KE 100 OLEH PIMPINAN DAERAH AISYIYAH KARANGANYAR LAUTAN MANUSIA MEMENUHI GEDUNG DAKWAH MUHAMMADIYAH KARANGNYAR 2 ROMADLON 1438 H/ 28 MEI 2017 M
04 Juni 2017 14:03 WIB | dibaca 923

A. PENDAHULUAN

Di era globalisasi, dalam rangka mengikuti jejak langkah perjuangan Nyai Walidah, Aiysiyah dituntut  tetap eksis mengambil peran dalam mewujudkan masyarakat yang tangguh: aqidah, ekonomi, social, budaya, dan tekhnologi. Untuk itu di akhir abad pertama menjelang abad ke dua, Pimpinan Daerah Aisyiyah Karanganyar mengambil peran, memantapkan diri dalam gerak langkah Aisyiyah di Kabupaten Karanganyar, melalui berbagai kegiatan yang muaranya dapat menyentuh segala aspek kehidupan dalam kerangka besar “ Memuliakan  Maratabat  Umat Berkiprah Memajukan Bangsa”, sebagimana tema Milad Aisyiyah ke 100 yang dimandatkan oleh Pimpinan Pusat Aisyiyah.

Secara keseluruhan kegiatan diselenggarakan sejak bulan Pebruari 2017 sampai dengan Mei 2017 yang puncaknya hari Ahad, tanggal 2 Romadhon 1438 H bertepatan dengan tanggal 28 Mei 2017 M. Ahad 2 Romadhon 1438 H bertepatan dengan tanggal 28 Mei 2017 M, merupakan hari ditetapkan sebagai momentum awal Abad ke dua Aisyiyah di kancah era global. Puncak Acara Milad ke 100 Aisyiyah oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah Karanganyar diselenggarakan dalam bentuk Pengajian Akbar oleh Drs Yuliatmono, MM, tokoh Muhammadiyah sekaligus Bupati Karanganyar.

Hadir pada pengajian pagi hari ini sekitar 2500 lebih jamaah di Gedung Dakwah Muhammadiyah Karangnyar. Hal ini dapat dilihat makanala 2000  kursi yang disediakan panitia habbis terisi dan harus menggelar tikar di berbagai lorong. Hadir pada acara tersebut, Bupati berserta Istri, Wakil Bupati, Kepala Kantor Kementrian Agama Karanganyar, Ketua PDM Karangnyar beserta jajarannya Tim Formatur dan Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah, Kapolres beserta jajarannya, Hj. Laila Istiana Anggota DPR RI, Sesepuh Aisyiyah dan Sesepuh Muhammadiyah Karanganyar,  dan seluruh donator kegiatan di antaranya : Ria Ayu, Amal Usaha Aisyiyah Karanganyar, Rogoza Jaya, Mekar Surya, Kopwa Aisyiyah, Tim TB Care, Bank Jateng Syariah, Prima Dinar, LKP Bintang Laut. Jamaah yang hadir dari PCA dan PRA se Kabupaten Karanganyar dan masyarakat umum  Jamaah Pengajian Gedung Dakwah. Infaq terkumpul sejumlah Rp.7.808.000,-

Sambutan Iftitah Ketua PDA Karangnyar menyampaikan pesan, tahun lalu seluruh kegiatan dapat dikatakan semua sukses dan berdampak positif terhadap umat, ke depan Aisyiyah harus mampu berkiprah lebih baik dan lebih luas jangkauannya dari tahun sebelumnya. Sambutan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karanganyar dalam sambutannya, menyatakan” Aisyiyah didirikan menjadi patner Muhammadiyah untuk dapat turut serta memberikan kontribusi gerakan dakwah dalam menyelesaikan persoalan umat. Warga Aisyiyah memiliki tugas yang tidak ringan dalam mengantarkan putra-putrinya mengarungi kehidupan. Oleh karena itu warga Aisyiyah harus pinter, cerdas, cekatan dalam segala bidang utamnya tugasnya sebagai seorang ibu.

Pesan yang dapat dipetik dari inti pengajian yang disampaikan oleh Drs. H. yuliatmono,MM. adalah (1) Milad Aisyiyah adalah hari kelahiran  organisasi Islam yang telah memberikan kontribusi dalam membangun umat sejak sebelum kemerdekaan. Warga Aisyiyah harus mampu menjadi figure yang mumpuni di segala bidang. Terkait dengan tugasnya sebagai ibu, tidak dapat digantikan oleh siapapun. Oleh karena itu ibu tidak boleh melupkan tugas  utama sebagai seorang ibu, namun tetap bisa berorganisasi dan berkontribusi dalam kesejahteraan umat. Hal ini dapat dilihat pada Al Quran Surat Al Hujurat ayat 13. (2)  Warga Aisyiyah harus berpegang teguh menjadi insan yang bertaqwa. Menurut Al Quran Surat Al Imran ayar 33, Taqwa dijelaskan: selalu memohon ampun kepada Allah, sedekah dalam keadaan lapang dan sempit, menahan amarah, memaafkan kesalahan orang lain, dan berbuat kebaikan.

    

 

Gambar 12

Suasana Pengajian Akbar

Puncak Milad Aisyiyah ke 100 PDA Karanganyar

28 Mei 2017  di Gedung Dakwah Muhammadiyah Karanganyar.

 

Kegiatan Milad Aisyiyah yang ke 100 oleh PDA Karanganyar terselenggara karena dukungan semua pihak. Sumber dana berasal dari umat untuk umat. Dukungan dana dan iguh pertikel penuh dari PDM berikut Amal Usala Muhammadiah dan PDA Karanganyar. Selain itu mendapat dukungan dana dari simpatisan di antaranya: Dra. H. Laila Istiana Anggota DPR RI, Bupati, Wakil Bupati Karanganyar, Ria Ayu, Hijaber Com. Karangnyar, Rogoza Jaya, Mekar Surya, Kopwa Aisyiyah, Tim TB Care, Bank Jateng Syariah, Prima Dinar, LKP Bintang Laut. Dukungan dana uang tunai digunakan untuk operasional dan dukungan barang dijadikan door price. Terkumpul door price utama terdiri dari 6 Sepeda Gunung, 1 Kulas, 1 Mesin Cuci, Kompor Gas, Kipas Angin, Strika, total jumlah hadiah utama  sejumlah 27 dan hadiah hiburan sejumlah 375 bungkus.

Acara puncak Milad Aisyiyah ke 100 PDA Karanganyar diselenggarakan di Gedung Dakwah  Muhammadiyah Karanganyar yang disiarkan langsung oleh Radionya Karangnyar Swiba dan diliput oleh Solo. Semua itu merupakan anugrah dari Allah untuk tetap dijaga keberlanjutannya. Oleh karena itu semarak yang berasal dari semua pihak tersebut menjadi tantangan sekaligus motivasi bagi PDA Karanganyar untuk dapat menjadi lebih baik ke depan. Merancang kegiatan yang lebih dengan sasaran yang lebih luas sehingga kehadiran Aisyiyah dapat dirasakan oleh semua pihak tidak hanya warga Aisyiyah di Karanganyar, sehingga harapan Aisyiyah dapat membumi dalam akar rumput dapat tercapai.

 

 

Karanganyar, 28 Mei 2017

Ketua Panitia Milad

 

Dra. Sunarmi, M.Hum.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Aisyiyah

PDA Karanganyar

 

Shared Post:
Berita Terbaru