'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Program Pendampingan Eliminasi Penyakit TBC Pada Desa Oleh PCA Jumapolo Raih Anggaran Desa Tahun 2021
24 November 2020 17:04 WIB | dibaca 91

Program Pendampingan Eliminasi Penyakit TBC oleh PCA Jumapolo yang didanai oleh SSR Karanganyar.  Kegiatan diselenggarakan di Gedung  IPHI Jumapolo, tanggal 24 Nopember 2020 Pukul 09:00-12:00. PCA Jumapolo terpilih oleh  SSR  M Kes PDA Karanganyar untuk melaksanakan Intervensi Desa untuk Eliminasi Penyakit TBC dengan Desa terpilih  Jumapolo.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan upaya promosi dan prefentif dalam pengendalian TBC dan untuk mengatasi resiko sosial yang mempengaruhi penularan TBC. Kegiatan ini resmi menjadi program yang didukung penuh Kepala Desa Jumapolo. Kesediaan dan dukungan Desa  untuk bersedia didampingi pada tanggal 2 Maret 2020. 
 
Kegiatan diawali Pelatihan Fasdes pada Bulan Mei dan pada Bulan Juli dilanjutkan Pelatihan Dasar Desa Lanjutan  oleh  PCA. Pelatihan ini untuk bekal Fasdes dan PCA dalam melaksanakan tugas Interfensi Desa penyakit TBC. Pada bulan Agustus Fasdes dan PCA memulai tugas ini dengan melaksanakan analisa situasi Desa. Hasilnya ditemukan : Jumlah penderita TBC 4, yang 2 berobat ke PusKesMas dan yang lain Ke Rumah Sakit; 
 
Selama ini belum adanya Anggaran Khusus untuk penyakit TBC dalam Anggaran Desa. Adanya stigma dari pasien menyalahkan diri sendiri karena menderita TBC merasa tidak percaya diri. Penyakit TBC ini juga akan mempengaruhi ekonomi keluarga karna penderita sebagai pencari nafkah pokok dalam keluarga sedangkan saat sakit tidak bisa bekerja.
 
Setelah Ansit ini diteruskan beberapa kegiatan FGD pada bulan September dan Perencanaan Aksi Komunitas dan akhirnya terbentuklah Komunitas TBC dengan Nama JUMAPOLO SIAGA TBC (JST) disahkan Kepala Desa dengan No Surat 10 th 2020 terpilih Ketua Bp.  Nugroho Ari Cahyono, S.Pd, sebagai Pelindung, Bp. Agus Purwanto S.T.,  Penasehat, Bp. Sudasmin,  S.Ag., MM.
 
 
 
Hari ini SSR, M. Kes PDA Karanganyar diwakili PCA Jumapolo menyerahkan Program Interfensi desa Penyakit TBC di desa Jumapolo Kepada Bapak Kepala Desa  Jumapolo yg di dampingi Ketua Komunitas Penyakit TBC terpilih.
 
Kegiatan ini menandai berakhirnya Kegiatan Interfensi Desa Eliminasi Penyakit TBC oleh SSR PDA M kes Karanganyar oleh PCA Jumapolo yang berhasil memasukkan Anggaran Desa untuk Penanggulangan TBC pada Th. 2021 sebagai keberlanjutan. Kegiatan ini berhasil atas bimbingan Koordinator SSR, Shubuha Pilar Naredya S.Sos., M.Si. dan kerjasama yang baik antara PCA di bawah kendali MKes PDA Karanganyar dan Desa serta  
 
Sumber PCA Jumapolo
Editor LPPA PDA Karanganyar
Shared Post: