'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Karanganyar Mendukung Penuh Pembentukan SSR (Sub-Sub Recipient) Community TB-HIV Care ‘Aisyiyah Karanganyar
02 Januari 2017 19:33 WIB | dibaca 1093

Penyakit TB di Indonesia sampai saat ini masih merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang belum dapat diatasi. Diperkirakan pada tahun 2015 angka insiden TB di Indonesia 399/100.000 dengan perkiraan angka prevalensi 647/100.000 dan angka kematian TB-HIV sebesar 8,5 per 100.000 penduduk serta insiden TB-HIV sebesar 25 per 100.000 penduduk (Global Report TB Tahun 2015). Program TB di Indonesia di tahun 2015 telah berhasil menemukan dan mencatat semua kasus TB sebesar 129 per 100.000 peduduk dan pada tahun 2016 (data per 28 Agustus 2016) sebesar 51 per 100.000 penduduk.  Angka penemuan kasus TB sebesar 33%, angka ini hampir mencapai target Nasional yaitu sebesar 34%, dan angka keberhasilan pengobatan untuk kasus baru dan kambuh sebesar 84% dari target 85%. Untuk itu guna menurunkan insidensi dan kematian akibat TB di Indonesia selain dibutuhkan komitmen kuat dari pengambil kebijakan dalam melaksanakan program penanggulangan TB, SR (Sub Recipient) Community TB-HIV Care ‘Aisyiyah Jawa Tengah sebagai pelaksana program tingkat propinsi mengadakan pelatihan kader TB komunitas serentak sejak 18 Nopember – 5 Desember 2016 untuk di 13 daerah seperti: Kab. Pati, Kab. Kudus, Kab. Jepara, Kab. Pemalang, Kota Tegal, Kab. Boyolali, Kab. Sragen, Kab. Karanganyar, Kab. Sukoharjo, Kab. Klaten, Kab. Purworejo, Kab. Wonosobo, dan Kab. Purbalingga.

Pelatihan kader TB komunitas merupakan pelatihan yang bertujuan untuk membentuk
kader sebagai bagian dari struktur pengendalian TB berbasis masyarakat yang mandiri. Fungsi dari pelatihan ini adalah untuk memberikan bekal yang cukup kepada kader dalam melaksanakan kegiatan penanggulangan TB masyarakat antara lain sebagai sumber informasi TB, deteksi suspek TB dan kontak serumah, pendampingan pasien TB, pembinaan Pengawas Menelan Obat, pengawasan pengobatan pasien TB dan monitoring pengobatan pasien TB dengan pencatatan dan pelaporan pasien TB. Pendekatan pelatihan kader umumnya menggunakan pendekatan satu arah karena kader kesehatan sering dianggap sebagai perpanjangan tangan dari tenaga kesehatan sehingga pengendalian pola pikir kader berada di tangan tenaga kesehatan. Saat ini paradigma pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan status kesehatan mau tak mau harus melibatkan kader dan anggota masyarakat sebagai mitra dalam penanggulangan TB dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat. Dalam pelatihan ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan persuasif yang dikolaborasikan dengan tehnik pembelajaran orang dewasa. Dalam proses ini fasilitator dituntut untuk lebih aktif dalam melibatkan kader pada semua proses pembelajaran, selain itu fasilitator harus memiliki kemampuan mumpuni dalam material
yang disampaikan terutama aplikasi teori penanggulangan TB di lapangan.

 

CommunityTB-HIV Care ‘Aisyiyah Kabupaten Karanganyar dalam mendukung Gerakan Indonesia Bebas TB

 

Indonesia merupakan negara ke-lima dengan beban tinggi penyebaran penyakit TB, atas dasar itulah Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah terpanggil untuk bergerak bersama dalam program penanggulangan penyakit TB. Tahun 2003 ‘Aisyiyah menjadi Implementing Unit (IU) dari Departemen kesehatan RI melalui dana Global Fund ATM (AIDS, Tuberkulosis, Malaria) dalam melaksanakan program penanggulangan TB berbasis pelayanan kesehatan dengan mengadakan pelatihan bagi tenaga kesehatan di 18 Unit Pelayanan Kesehatan.

Tahun 2005 berdasar MOU antara Departemen Kesehatan dan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, ‘Aisyiyah melanjutkan program penanggulangan TB dengan status sebagai SR (Sub Recipient) dari Departemen Kesehatan. Kemudian Tahun 2005–2008, ‘Aisyiyah dengan membentuk Komite Penanggulangan TB di tingkat Pusat sampai Tingkat Daerah melaksanakan program yang terpadu dalam penanggulangan TB, yaitu penguatan potensi di Unit Pelayanan Kesehatan, Pendidikan Kesehatan, dan potensi di komunitas yang terdiri dari Pimpinan Organisasi, Mubalighot Motivator, guru anggota, Angkatan Muda Muhammadiyah di 31 propinsi.

Tahun 2016 ini ‘Aisyiyah dipercaya oleh Global Fund sebagai sebagai PR (Principal Recipient/Penanggung jawab utama) Ronde 8 untuk komponen TB, yang mewakili Organisasi Masyarakat. PR ’Aisyiyah melibatkan kekuatan organisasi ’Aisyiyah-Muhammadiyah dari Pusat hingga ke kelurahan/desa serta melibatkan jaringan amal usaha kesehatan ‘Aisyiyah-Muhammadiyah (Rumah Sakit ’Aisyiyah, Poliklinik, Balkesmas, BKIA ’Aisyiyah). PR ’Aisyiyah juga melibatkan organisasi berbasis komunitas serta Unit Pelayanan Kesehatan non pemerintah lainnya yang dikelola oleh swasta maupun milik NGO/FBO yang bermitra.

Ruang lingkup “Community TB-HIV Care” yaitu program penanggulangan TB berbasis masyarakat. Program ini merupakan Program yang menggunakan segala sumberdaya yang ada di persyarikatan Muhammadiyah - ‘Aisyiyah. Di sisi lain terdapat pula organisasi lainnya yang dikoordinasikan oleh Principal Recipient (PR) TB ‘Aisyiyah antara lain: LKNU (Lembaga Kesehatan Nahdatul Ulama), Perdhaki, PPTI, JKM Medan, KMP Sidobinangun Lampung, Yarsi, PKPU, LKC, baik dari sisi komunitas maupun pelayanan kesehatannya. Salah satu pelaksana dari program Community TB-HIV Care di Jawa Tengah adalah Sub-Sub Recipient (SSR) Kabupaten Karanganyar yang terbentuk pada 25 Oktober 2016 dengan diketuai oleh Ibu Darsih, Amd.Keb dan dikoordinatori oleh Shubuha Pilar Naredia, M.Si. Wilayah Karanganyar sendiri dipilih sebagai salah satu daerah pelaksana program nampaknya karena berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar yang menunjukkan bahwa wilayah ini masih berpotensi terkait penyebaran TB. Semenjak diresmikan pembentukannya oleh Ketua PDA Karanganyar Dra. Kunti Basthona, Tim SSR Kabupaten Karanganyar langsung bergerak dengan mengikuti Pelatihan Pelaksana Program SR-SSR Baru New Funding Mechanism (NFM) Gelombang I Community TB-HIV Care ‘Aisyiyah di Jakarta pada 31 Oktober 2016 – 3 Nopember 2016. Seusai pelatihan tersebut, Tim SSR Kabupaten Karanganyar mulai melakukan pembentukan Kader di Karanganyar pada 25 Nopember 2016 sebagai upaya penting dalam pelaksanaan program Community TB-HIV Care di Karanganyar demi mendukung gerakan Indonesia Bebas TB.

 

Tujuan Utama Program Community TB-HIV Care di Karanganyar:

  1. Meningkatkan angka penemuan kasus (Case Detection Rate) dan angka kesembuhan pasien (SuccesRate) di Unit Pelayanan Kesehatan Pemerintah dan non Pemerintah dengan pengelolaan masyarakat (kader).
  2. Meningkatkan partisipasi masyarakat melalui pembentukan  komunitas peduli TB di tiap daerah program.

 

Kegiatan kader dari Community TB-HIV Care di Karanganyar

1.     Case Finding/ Penemuan kasus:

Melakukan penyuluhan, penemuan suspek, mendampingi pemeriksaan dahak

2.     Case Holding/ Penanganan kasus TB:

Membimbing pasien secara mental dan spiritual untuk memiliki motivasi sehat dengan  minum obat teratur dan periksa  ke UPK sampai sembuh, melakukan kunjungan ke keluarga pasien  serta  kader mampu melakukan pencatatan pelaporan yang tertib.

 

Peran Masyarakat yang diharapkan dalam program Community TB-HIV Care di Karanganyar:

  1. Masyarakat menyadari bahwa perilaku SEHAT adalah kebutuhannya
  2. Masyarakat melakukan pencegahan penularan TB mulai dari diri sendiri
  3. Secara SUKA dan RELA menyebarkan informasi TB yang benar kepada anggota masyarakat sekitar
  4. Meningkatkan kesetiakawanan dan kerelawanan dalam menanggulangi TB

 

Berbagai peran yang sudah dilaksanakan ‘Aisyiyah dalam penanggulangan TB secara nasional:

1.     Melakukan advokasi kepada para pengambil kebijakan di tingkat Pusat dan daerah.

a.     Keterlibatan pemerintah dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat bebas TB

b.     Peningkatan pendanaan dari pemerintah dan sektor swasta

2.     Mensosialisasikan pentingnya penanggulangan TB dengan strategi DOTS di masyarakat.

a.     Kampanye TB di seluruh lapisan masyarakat baik media cetak maupun elektronik

b.     Kegiatan mobilisasi dan sosialisasi TB kepada kader, tokoh agama, PMO dan keluarga pasien sebagai Action penanggulangan TB lokal

3.     Meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tentang Penanggulangan TB dengan strategi DOTS kepada:

a.     Pimpinan dan Pengurus Amal Usaha Muhammadiyah – ’Aisyiyah.

b.     Tenaga kesehatan dan tenaga akademis di bidang pendidikan dan pelayanan kesehatan

c.     Mubaligh/Mubalighat (Motivator) Muhammadiyah – ’Aisyiyah.

4.     Memberikan pelayanan kepada masyarakat luas dalam penanggulangan TB dengan strategi DOTS

a.     Pelayanan TB di Unit Pelayanan Kesehatan

b.     Pendampingan pasien TB oleh kader dan dukungan dari Tokoh agama

c.     Program pemberdayaan Pengawas Menelan Obat dalam pengawasan pengobatan pasien hingga sembuh

 

Para Kader Community TB-HIV Care ‘Aisyiyah Karanganyar tersebut dibentuk dengan melibatkan 48 orang dari berbagai elemen perwakilan organisasi, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan juga nama-nama pilihan dari berbagai instansi terkait yang tersebar di berbagai kecamatan dalam lingkup Kabupaten Karanganyar. Para kader tersebut selanjutnya dikumpulkan dalam sebuah Training Kader SSR Community TB-HIV Care ‘Aisyiyah Karanganyar yang diselenggarakan pada:

Hari                             : Jum’at-Kamis, 25 Nopember 2016 – 01 Desember 2016

Waktu                         : Pukul 08.00 – 15.00 WIB

Tempat                       : Hotel Taman Sari Kabupaten Karanganyar

Susunan Panitia           :

No.

Nama

Posisi

Instansi

1

Darsih, Amd.Keb.

Kepala SSR

SSR Com TB-HIV Care Karanganyar

2

Shubuha Pilar Naredia

Koordinator SSR

SSR Com TB-HIV Care Karanganyar

3

Fatkul Munir

Narasumber

Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar

4

Kunti Basthona

Narasumber

Ketua PDA Karanganyar

5

Kiki Ahmad Harmoko

Fasilitator

SR Jawa Tengah 2

6

dr. Siswo H

Fasilitator

Puskesmas Kerjo

7

dr. Siti M

Fasilitator

Puskesmas Colomadu

8

Rina Dewi, Amk

Fasilitator

Puskesmas Karangpandan

 

Run-Down Training Kader SSR Community TB-HIV Care ‘Aisyiyah Karanganyar:

Waktu

Kegiatan

Material

PIC

Pelatihan Tahap I Hari I (Jum’at, 25-11-2016)

Pkl. 08.00 – 08.45

Pembukaan 

-    Pembacaan Al-quran

-    Laporan ketua Panitia

-    Sambutan Ketua PDAsekaligus membuka acara.

1)Laporan ketua panitia

2)Sambutan-sambutan

 

Penyelenggara

Pkl. 08.45 – 09.30

-    Pre – test

-    Bina suasana (ice breaking)

-    Pengenalan kegiatan pembelajaran

Games, icebreaker, etc, kontrak belajar, tata tertib & jadwal pelatihan, pembagian tugas peserta.

Fasilitator

(Kiki Ahmad H)

Pkl. 09.30 – 09.45

Coffee break

 

Penyelenggara

Pkl. 09.45 – 10.15

Penyampaian materi dasaroleh Ketua PDA

Presentasi: “Peran Muhamadiyah – Aisyiyah  dalam Penanggulangan TB”

Narasumber

(Dra. Kunti B)

Pkl. 10.15 – 11.30

 

Materi I:

Informasi dasar TB

1)  Modul TB Komunitas 

2)  Presentasi

Narasumber

(Bp Fatkul Munir)

Pkl. 11.30 – 13.00

Istirahat, Sholat, Makan siang

 

Penyelenggara

Pkl. 13.00 – 14.00

Materi Inti II

Tugas Kader TB Komunitas

1)  Modul TB Komunitas

2)  Presentasi power point 

Fasilitator

(dr. Siti M)

Pkl. 14.00 –15.00

Materi Inti III

Mengenali dan menemukan orang yang diduga TB

1)  Modul TB Komunitas

2)  Studi Kasus

3)  Presentasi

Fasilitator

(dr. Siti M)

Pelatihan Tahap I Hari II. (Sabtu, 26-11-2016)

Pkl. 08.30 – 09.00

Review Hari I    

 

Fasilitator

(Kiki Ahmad H)

Pkl. 09.00- 10.15

Materi Inti IV

Komunikasi Efektif

1)  Modul TB Komunitas

2)  Presentasi

Fasilitator

(dr. Siswo H)

Pkl. 10.15 – 10.30

Coffee Break

 

Penyelenggara

Pkl. 10.30 – 11.15

Materi Inti IV

Komunikasi Efektif Lanjutan

1.   Modul TB Komunitas

2.   Presentasi

Fasilitator

(dr. Siswo H)

Pkl.11.15– 12.00

Materi Inti V

Pencatatan dan pelaporan suspek TB

1.   Modul TB Komunitas

2.   Studi Kasus

Fasilitator

(Ibu Rina dewi)

Pkl. 12.00– 13.00

Istirahat, Sholat dan Makan siang

 

Penyelenggara

Pkl. 13.00– 14.45

Materi Inti V

Pencatatan dan pelaporan suspek TB

1.   Modul TB Komunitas

2.   Studi Kasus

Fasilitator

(dr. Siti M /

Ibu Rina dewi)

Pkl. 14.45– 14.50

Coffee Break

 

Penyelenggara

Pkl. 14.50 – 15.00

Post Test

Rencana Tindak Lanjut dan Penutup

Format rencana tindak lanjut 

Fasilitator (Kiki Ahmad H) dan penyelenggara

 

 

KEGIATAN  PRAKTEK  LAPANGAN TAHAP I

(Senin - Selasa, 28-29 Nopember 2016)

Fasilitator dan Penyelenggara

 

 

 

Pelatihan Tahap II Hari I  (Rabu, 30-11-2016)

Pkl. 08.30 – 09.15

Review praktek lapangan dan pembahasan praktek lapangan

1)    Laporan PKL

Penyelenggara dan fasilitator

(Ibu Rina dewi)

Pkl. 09.15 – 10.30

·   Pre Test

·   Bina suasana

·   Pembahasan hasil pelatihan Tahap dan review aplikasi lapangan

·   Materi +, Pencegahan Penularan Infeksi

1)    Laporan PKL

Penyelenggara dan fasilitator

(dr. Siti M)

Pkl. 10.30– 10.45

Coffee break

 

Penyelenggara

Pkl. 10.45 – 12.00

Materi Inti I

Pemantauan pengobatan TB oleh kader

1.     Presentasi

Fasilitator

(dr. Siswo H)

Pkl. 12.00 – 13.00

Istirahat, Sholat dan Makan siang

 

Penyelenggara

Pkl. 13.00 – 15.00

Materi Inti I

Pemantauan pengobatan TB oleh kader

Lanjutan

2.     Presentasi

Fasilitator

(dr. Siti M /

Ibu Rina Dewi)

Pelatihan Tahap II Hari II(Kamis, 01-12-2016)

Pkl. 08.30– 09.45

Review hari I

 

Fasilitator

(Kiki Ahmad H)

Pkl. 09.45 – 10.30

Materi Inti II

Pembinaan PMO

1)    Modul pelatihan

2)    Presentasi

3)    Lembar balik

Narasumber

(Bp Fatkul Munir)

Pkl. 10.30 – 10.45

Coffee break

 

Penyelenggara

Pkl. 10.45 – 12.00

Materi Inti III

Pencatatan dan pelaporan pasien TB

1.     Modul pelatihan

2.     Studi Kasus

3.     Presentasi

4.     Lembar balik

Fasilitator

(Ibu Rina dewi)

Pkl. 12.00– 13.00

Istirahat, Sholat dan Makan siang

 

Penyelenggara

Pkl. 13.00– 14.00

Materi Inti III

Pencatatan dan pelaporan pasien TB

Lanjutan

1)    Modul pelatihan

2)    Studi Kasus

3)    Format pencatatan

4)    Presentasi

Fasilitator

(dr. Siti M)

Pkl. 14.00– 14.15

Post Test

Rencana tindak lanjut

Format rencana tindak lanjut

Fasilitator (Kiki Ahmad H)

Pkl. 14.15– 17.00

Kesimpulan pelatihan

Penutup

 

Penyelenggara

 

Jadwal Kegiatan Training Praktek Kader Community TB-HIV Care SSR Kabupaten Karanganyar:

No.

Waktu

Rincian Kegiatan

Peserta Kader

Lokasi

1

Senin, 28 Nopember 2016

Penjaringan

Kelompok Colomadu

Kelompok Kerjo

Wilayah Masing-Masing

Penyuluhan

Kelompok Karangpandan

 

Kelurahan Karangpandan

Kelompok Kebakkramat

Kelurahan Bangsri

2

Selasa, 29 Nopember 2016

Penjaringan

Kelompok Karangpandan

Kelompok Kebakkramat

Wilayah Masing-Masing

Penyuluhan

Kelompok Colomadu

Kelurahan Bangsri

Kelompok Kerjo

Kelurahan Karangpandan

 

 

FOTO-FOTO KEGIATAN BULAN NOPEMBER 2016

SSR COMMUNITY TB-HIV CARE KABUPATEN KARANGANYAR

Gambar 01.

Tim SSR Karanganyar

Gambar 02.

Tim SSR Karanganyar dan SSR Purworejo dalam Pelatihan NFM

 

Gambar 03.

Pelatihan NFM di Jakarta bagi SSR Karanganyar

 

D:\KULIAH--KERJA\PDA AISYIYAH\foto kegiatan nopember\IMG-20161119-WA0016.jpg

Gambar 04.

Rapat Pembentukan Kader

D:\KULIAH--KERJA\PDA AISYIYAH\foto kegiatan nopember\P_20161123_152626_BF.jpg

Gambar 05.

Verifikasi Kader

D:\KULIAH--KERJA\PDA AISYIYAH\foto kegiatan nopember\IMG_20161124_114401.jpg

Gambar 06.

Rapat Persiapan Training

D:\KULIAH--KERJA\PDA AISYIYAH\foto kegiatan nopember\P_20161125_090751.jpg

Gambar 07.

Pelaksanaan Training Kader Hari Pertama

D:\KULIAH--KERJA\PDA AISYIYAH\foto kegiatan nopember\P_20161126_110518.jpg

Gambar 08.

Pelaksanaan Training Kader Hari Kedua

D:\KULIAH--KERJA\PDA AISYIYAH\foto kegiatan nopember\P_20161128_092622.jpg

Gambar 09.

Pelaksanaan Training Kader Praktek Lapangan 1

 

D:\KULIAH--KERJA\PDA AISYIYAH\foto kegiatan nopember\IMG_20161129_105541.jpg

Gambar 10.

Pelaksanaan Training Kader Praktek Lapangan 2

D:\KULIAH--KERJA\PDA AISYIYAH\foto kegiatan nopember\P_20161130_092747.jpg

 

 

Gambar 11.

Pelaksanaan Training Kader Hari Keempat

D:\KULIAH--KERJA\PDA AISYIYAH\foto kegiatan nopember\P_20161201_134819.jpg

 

 

Gambar 12.

Pelaksanaan Training Kader Hari Kelima

D:\KULIAH--KERJA\PDA AISYIYAH\foto kegiatan nopember\P_20161201_145531.jpg

Gambar 13.

Penutupan Training Kader

D:\KULIAH--KERJA\PDA AISYIYAH\foto kegiatan nopember\P_20161201_151313_BF.jpg

Gambar 14.

Foto Bersama Training Kader

D:\KULIAH--KERJA\PDA AISYIYAH\foto kegiatan nopember\P_20161201_084823.jpg

Gambar 15.

Kader TB-HIV SSR Karanganyar

Shared Post: