'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pijar Perjuangan Guru Aisyiyah dalam Semangat, Kreativitas, Ikhlas dan Apresiasi : Sebuah Catatan dari Lomba Tahfizh dan Lomba Cipta Gerak Senam Aisyiyah Ceria Milad 1 Abad TK ABA dan Milad 105 Tahun Aisyiyah
06 Mei 2019 04:52 WIB | dibaca 292

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Aisyiyah Karanganyar telah mengadakan lomba tahfizh dan Lomba Cipta Gerak senam Ceria dalam rangka Milad 1 Abad TK Aisyiyah Bustanul Athfal dan Milad 105 tahun Aisyiyah pada Hari Jumat tanggal 3 Mei 2019 di PAUD Surya Ceria Aisyiyah (SCA) Karanganyar. Lomba dibuka oleh ketua PDA Karanganyar Ibu Kunti Basthonah. Lomba tahfiz terdiri dari Surat Al Kafiruun merupakan surat wajib yang dibacakan saat lomba dan juga ada surat pilihan yaitu Ad Dhuha, Al Aadiyat dan surat Al Qoriah.

Lomba tahfizh ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman bacaan surat-surat pendek dari para guru Aisyiyah dengan memperhatikan tajwid, mahrojul huruf, lafal dan juga adab saat mengaji. Sedangkan untuk lomba cipta gerak senam dimaksudkan agar guru-guru Aisyiyah memiliki kreativitas dalam menciptakan gerakan senam untuk anak-anak usia dini dengan iringan lagu-lagu yang bermuatan keislaman terutama ke Aisyiyahan yaitu diawali dengan lagu Mars Aisyiyah untuk pemanasan, lagu masr igaba untuk gerakan inti dan lagu Mars Aisyiyah Bustanul Athfal untuk pendinginan.

Dari gerakan terbaik yang terpilih dibuat vidio yang nantinya akan disosialisasikan kepada anak-anak TK Aisyiyah se Kabupaten Karanganyar dan pada saat puncak Milad TK ABA akan ditampilkan dalam senam massal.  Lomba Cipta Gerak Senam diikuti oleh 13 tim senam yang terdiri dari 9 tim dari IGABA kecamatan dan 4 tim dari lembaga. Lomba tahfiz dikuti oleh 55 peserta dari PAUD aisyiyah se kabupaten Karanganyar. Dari kegiatan lomba Cipta Gerak senam, Juara 1 direbut oleh tim senam IGABA Kecamatan Kebakkramat, juara 2 tim senam IGABA Kecamatan Jaten, Juara 3 tim senam TK Aisyiyah Karanganyar, Juara harapan 1 tim senam IGABA Kecamatan Tasikmadu, Juara harapan 2 tim senam PAUD SCA, dan Juara haparan 3 tim senam Kecamatan karanganyar. Adapun untuk lomba tahfizh juara 1 direbut peserta dari TK Aisyiyah Tuban Kecamatan Gondangrejo, Juara 2 TK Aisiyah 03 Jatipuro, Juara 3 TK Aisyiyah Mutiara Hati, Juara harapan 1 TK Aisyiyah Blulukan Colomadu, Juara harapan 2 TK Aisyiyah Beruk 1, juara harapan 3 PAUD SCA.

Berbicara mengenai pelaksanaan lomba adalah berbicara mengenai perjuangan. Berkaca pada tujuan lomba adalah dalam rangka Milad 1 abad TK Aisyiyah Bustanul Athfal dan 105 tahun Aisyiyah maka sudah sepantasnyalah jika lomba ini terwujud berkat perjuangan dari semua pihak, mulai dari panitia, para peserta dan semua guru anggota IGABA kabupaten Karanganyar sampai dengan para juri yang dihadirkan untuk menyukseskan acara ini. Para panitia dari Dikdasmen PDA Karanganyar telah berusaha menyelenggarakan kegiatan lomba ini dengan menggandeng pengurus IGABA kabupaten Karanganyar. Panitia begitu gigih memotivasi anggota IGABA kabupaten karanganyar untuk ikut serta dalam kegiatan lomba. Panitia mengharapkan setiap IGABA kecamatan dan lembaga di bawah PDA untuk mengikutkan timnya pada lomba cipta gerak senam. Adapun untuk lomba tahfizh diharapkan setiap lembaga Aisyiyah Bustanul Athfal di Karanganyar mengikutsertakan salah satu gurunya untuk menjadi peserta.

Ketua Dikdasmen Ibu Hidiyah Rohmani dan sekretaris Dikdasmen Ibu Aini Rukhayati serta panitia yang lain tak henti hentinya memotivasi para anggota IGABA untuk ikut serta dalam lomba. Bahkan sampai beberapa hari sebelum lomba Ibu Hidiyah Rohmani dengan gigih masih terus mengubungi nomor nomor koordinator kecamaatn memastikan keikutsertaan tim maupun peserta lomba tahfizh. Beberapa kecamatan yang semula menyatakan tidak ikut serta dalam lomba cipta gerak senam dengan alasan kesibukan dan ketiadaan personel akhirnya satu persatu mulai menyanggupi untuk ikut serta. Di sisi lain para peserta dan seluruh komponen IGABA kecamatan pun juga berjibaku berjuang untuk berperan serta dalam memperisiapkan tim mengikuti lomba. Peserta lomba tahfizh terus berlatih memperbaiki hafalan dan bacaannya, sementara tim lomba cipta gerak senam mempersiapkan gerakan dan konfigurasi dibantu rekan rekan lainnya. Persiapan itu semakin terasa terpancar pijar ghirahnya karena dilaksanakan di tengah berbagai kesibukan yang harus mereka hadapi di samping singkatnya waktu persiapan. Mereka bahu membahu antara anggota tim dan rekan rekan lain dalam mencipta gerak, membuat konfigurasi pola lantai dan bahkan dalam pembuatan makalah penampilan senam. Bahkan beberapa tim menyatakan bahwa makalah mereka dibuat oleh rekan yang tidak mengikuti perkembangan latihan latihan tim karena mempunyai kesibukan sendiri sehingga pembuatan makalah dilakukan berdasar video latihan yang dikirim oleh anggota tim senam. Sebuah kerjasama yang rancak yang menerbitkan keharuan. Dalam pelaksanaan lomba juga menyeruak cerita cerita inspiratif bagaimana para pendukung tim bersatu padu mendukung timnya.

Yang tak kalah membuat haru sekaligus bangga adalah ketika salah satu juri senam Ibu Dr. Sunarmi, M. Hum. mengeluarkan uang pribadi beliau untuk diberikan kepada setiap tim senam sebesar @Rp 100.000 karena mengapresiasi beliau kepada setiap tim senam yang telah penuh semangat berkreasi mencipta inovasi dan kreativitas di tengah segala keterbatasan daya dan waktu mereka. MasyaAllah suatu peristiwa langka di mana juri yang secara profesional telah diminta bantuannya untuk melakukan penilaian penampilan tim senam bahkan memberikan motivasi bantuan secara langsung kepada seluruh peserta. Betapa sebuah apresiasi dari seorang profesional yang tak bisa dinilai dengan hanya sekedar kata kata.

Di balik hiruk pikuk pelaksanaan lomba – lomba tersebut terselip cerita yang tak kalah menarik karena penuh kisah semangat dan keikhlasan. PAUD SCA sebagai tuan rumah perhelatan lomba dalam rangka Milad 1 Abad TK Aisyiyah Bustanul Athfal dan Milad 105 tahun Aisyiyah membuktikan diri tak hanya sebagai lembaga percontohan PAUD Kabupaten Karanganyar tapi juga dalam kerja dengan pihak pihak lain dalam melaksanakan kegiatan. Kesiapan kepala, guru dan para staf di PAUD SCA dalam membantu panitia lomba sangat meringankan tugas panitia dalam menyiapkan tempat dan segala sesuatunya dari persiapan hingga berakhirnya acara. Di samping itu pihak PAUD SCA juga tak menyia-nyiakan kesempatan terpakainya lembaganya sebagai tuan rumah acara ini dengan kreativitas membuat bazaar makanan yang menyediakan segala macam jenis makanan dan minuman dengan harga yang murah namun dengan kualitas yang baik. Menyaksikan proses terlaksananya lomba lomba Milad 1 Abad TK Aisyiyah Bustanul Athfal dan Milad 105 tahun Aisyiyah sungguh menjadi sebuah pelajaran tentang arti semangat, kreativitas, keikhlasan dan apresiasi. Ruh perjuangan pendiri Aisyiyah dan TK Aisyiyah Bustanul Athfal dalam mewujudkan pendidikan islami yang berkemajuan untuk rakyat Indonesia telah menjadi inspirasi dan motivasi bagi warga Aisyiyah kabupaten Karanganyar.

Shared Post: