'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pesantren Romadhon 1440 H SD ASC Karanganyar
15 Mei 2019 19:43 WIB | dibaca 76

Pesantren Romadhon SDASC Karanganyar

Indahnya Pesanten Pertamaku Karanganyar 11/5, SD Aisyah Surya Ceria Karanganyar atau familiar dengan sebutan SD ASC pada hari Jumat dan Sabtu mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan.

Pesantren Ramadhan yang diadakan SD ASC Karanganyar adalah kegiatan pesantren perdana dibulan ramadhan tahun ini. Hal ini didapatkan melalui pernyataan yang disampaikan oleh Bapak Rizal Noventue, S.Pd selaku Kepala Sekolah SD ASC Karangnyar ‘’Iya ini merupakan kegiatan perdana kami, sebelumnya tidak pernah ada Pesanten Ramadhan di pondok. Jika disekolah lain kegiatan Ramdhan biasanya di isi dengan Pesantren Kilat, di SD ASC mempunyai inovasi baru dengan mengadakan Pesantren Ramadhan dengan menitipkan siswa siswi SD ASC di sebuah Pondok Pesantren agar mereka dapat dan benar-benar merasakan bagaimana sih keseharian di Pondok Pesantren?’’.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa peserta didik. Kegiatan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah ini diikuti oleh siswa kelas III dan IV yang berjumlah 56 siswa.

Ketua panitia kegiatan Bapak Febriawan, S.Pd ketika ditemui oleh tim media mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya nyata dari SD ASC Karanganyar untuk menumbuhkan kegembiraan dalam menjalani Bulan Ramadhan.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua PDA Kabupaten Karanganyar Ibu Kunthi Basthonah beserta Pimpinan Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Bapak Zainal Arifin dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Pesantren Ramadhan SD ASC serta berharap siswa-siswi SD ASC kelak setelah lulus dari sekolah dasar bisa melanjutkan ke pondok Darul Arqom. Lebih lanjut Pak Zainal berharap bahwa kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa cinta pada diri anak-anak terhadap agamanya yaitu Islam.

Selama pelaksanaan kegiatan siswa terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Kegiatan Pesantren Ramadhan SD ASC Karangnyar langsung dibimbing oleh musyrif/ musyrifah dari Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Karanganyar. Kegiatan ini dilaksanakan waktu bulan Ramadhan dengan tujuan memberikan pembelajaran langsung kepada para siswa tentang hikmah Bulan Ramadhan. Para Siswa juga dilatih untuk hidup mandiri dan merasakan nuansa pondok pesantren. Selain materi-materi Al Islam para siswa juga mendapat game-game edukatif sebagai bentuk refreshing agar anak tidak jenuh dalam mengikuti materi pembelajaran. Siswa juga diajari tentang materi Tahsin agar siswa mampu membaca Alquran dengan baik dan benar.

Pada hari penutupan Ibu Hidiyah selaku Ketua Majelis Dikdasmen PDA Karanganyar menyampaikan bahwa anak-anak diharapkan semakin semangat dan senang dalam menjalani bulan Ramadhan serta berharap siswa-siswi dapat mengambil pelajaran dari pengalaman yang baik dan menyenangkan saat mondok. Beliau juga berpesan semoga kegiatan mondok tidak hanya sekali ini saja tetapi juga berkelanjutan dan ada tindak lanjutnya. Puasa di bulan Ramadhan bukan alasan untuk bermalas-malasan justru puasa di bulan Ramadhan menjadi ajang untuk berlomba-lomba di dalam kebaikan. anp

Shared Post: