'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Perempuan Mengusung Peradaban Utama : IGABA Kabupaten Karanganyar Semarakkan Milad ‘Aisyiyah Ke-105 dengan Berbagai Kegiatan
22 Mei 2022 06:26 WIB | dibaca 101

Berdasarkan instruksi Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Karanganyar tentang Kegiatan Semarak Peringatan Milad ‘Aisyiyah yang ke-105 yaitu mengenakan seragam ‘Aisyiyah Pusat pada tanggal 19 Mei 2022 (tanggal kelahiran ‘Aisyiyah dalam penanggalan Masehi), mengikuti kegiatan tasyakur  Milad ‘Aisyiyah dari Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta secara virtual melalui zoom dan berbagai kegiatan maka IGABA Kabupaten Karanganyar melaksanakan rangkaian kegiatan semarak Milad ‘Aisyiyah Ke 105 tersebut  pada hari Kamis, 19 Mei 2022. Kegiatan di gelar di Lembaga PAUD ‘Aisyiyah masing masing serentak di seluruh Lembaga PAUD ‘Aisyiyah di Kabupaten Karanganyar. Kegiatan kegiatan tersebut dilaksanakan  dengan intinya tujuan selain untuk menyemarakkan hari lahir ‘Aisyiyah yang ke-105 juga bertujuan utama untuk mensyiarkan muktamar Muhammadiyah-’Aisyiyah ke-48 di Solo bulan November mendatang.

Kegiatan Pertama adalah kewajiban para guru IGABA sebagai warga ‘Aisyiyah mengenakan seragam ‘Aisyiyah pada hari Kamis 19 Mei 2022 tersebut.  Lembaga PAUD ‘Aisyiyah juga berlomba lomba memberi ucapan selamat kepada ‘Aisyiyah atas miladnya yang ke 105 melalui desain desain kartu ucapan kreatif. Di beberapa Lembaga diselenggarakan berbagai kegiatan  kreatif seperti bercerita tentang milad Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah dan lomba mewarnai logo Muktamar yang kesemuanya itu ditujukan untuk mengenalkan organisasi Muhammadiyah dan menanamkan rasa memiliki Muhammadiyah ‘Aisyiyah kepada anak anak sekaligus mensyiarkan kegiatan muktamar Muhammadiyah yang ke-48 di Solo yang akan datang kepada mereka.

Kegiatan puncak Semarak Milad ‘Aisyiyah ke-105 adalah mengikuti kegiatan tasyakur Milad ‘Aisyiyah dari Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta secara virtual melalui zoom. Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah selenggarakan Resepsi Milad ke 105 dengan tema “Sukses Muktamar ke-48: Perempuan Mengusung Peradaban Utama”, sekaligus Halal Bihalal pada, Kamis 19 Mei 2022 secara hybrid di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA). Acara ini dihadiri secara langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI), Retno LP Marsudi, Ketua Umum PP ‘Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini, Sekretaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DI. Yogyakarta, dan tokoh-tokoh senior Muhammadiyah - ‘Aisyiyah di Yogyakarta, Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah - ‘Aisyiyah secara online dan ratusan peserta online lain beserta organisasi otonom Muhammadiyah.

Siti Noordjannah Djohantini menyebut milad ini memiliki arti yang penting yakni syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Milad menjadi momentum penting untuk refleksi rohani atas semua derap langkah yang dilakukan selama ini. Milad ini juga mensyiarkan muktamar yang akan datang pada November 2022 mendatang. “Kini ‘Aisyiyah memasuki abad kedua, dihadapkan persoalan yang semakin kompleks, dakwah Aisyiah dituntut sesuai dengan perkembangan zaman di era teknologi dan informasi,” tuturnya. Noordjannah juga menegaskan bahwa ‘Aisyiyah harus menjadi perekat relasi sosial, dakwahnya harus melintas dan menyebarkan kerahmatan bagi seluruh alam. Nilai Islam dalam hembusan dakwah ‘‘Aisyiyah harus memberikan manfaat dan maslahat bagi masyarakat luas tanpa sekat, sehingga Islam Rahmatan Lil Alamin tidak hanya sebatas pada tataran konsep, namun juga sampai pada aktualisasi. Setiap Lembaga PAUD ‘Aisyiyah membuat  dokumentasi kegiatan mereka untuk menyemarakkan milad ‘Aisyiyah ke 105 dan mengirimkan bukti ke group Whatsapp IGABA Kabupaten.

Redaktur : LPPA PDA Karanganyar

Shared Post: