'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Peningkatan SDM Guru PAUD SCA Karanganyar melalui Webinar dengan tema "Asesmen Pembelajaran di Era New Normal"
13 Juni 2020 21:12 WIB | dibaca 462

Peningkatan sumber daya manusia  merupakan hal yang wajib bagi setiap lembaga pendidikan untuk dapat mengikuti tuntutan perkembangan zaman. Begitu juga dengan lembaga TPA, KB, dan TK Surya Ceria Aisyiyah, yang pada hari ini semua guru mengikuti Webinar yang diselenggarakan oleh Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) UKD Jawa Tengah bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) melalui Zoom Online Meeting pada hari Sabtu, 13 Juni 2020. Webinar pada hari ini mengangkat tema “Asesmen Pembelajaran di Era New Normal”

Webinar ini menghadirkan narasumber-narasumber yang ahli di bidangnya, yakni: Keynote : Prof. Kumaidi, Ph.D (Guru Besar Bidang Psikometrika Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta), Pembicara 1 : Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd. (Rekor Universitas Pancasakti Tegal), Pembicara 2 : Prof. Dr. AAIN Marhaeni, M.A. (guru Besar Bidang Asesmen Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha) dan dimoderatori oleh Dr. Eny Winaryati, M.Pd. (Dekan FMIPA Universitas Muhammadiyah Semarang). Harapan dari kegiatan ini adalah para peserta dalam hal ini guru, dosen, mahasiswa ataupun akademisi lainnya dapat termotivasi dalam merancang asesmen selama pembelajaran daring.

Seminar dimulai dengan sambutan dari ketua HEPI unit kerja daerah Jawa Tengah Bapak Prof. Dr. Kartono, M.Si. Sambutan kedua dan pembukaan acara webinar disampaikan oleh bapak Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd., selaku rektor Universitas Muhammadiyah Semarang.
Selaku keynote speaker, Bapak Prof. Dr. Kumaidi, Ph.D. memberikan paparan pertama mengenai asesmen pembelajaran di era new normal.

Beliau menyampaikan bahwa asesmen merupakan satu paket dengan pembelajaran. Kualitas pembelajaran merupakan fungsi dari pemahaman guru terhadap “the strengths and weaknesses of their students”. Pembelajaran berkualitas membutuhkan asesmen kelas yang berkualitas pula. (Stiggins, 1992).

Paparan kedua disampaikan oleh Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd., beliau menyampaikan, asesmen pembelajaran di era new normal, guru seharusnya mampu :
•    membangun sikap positif dalam belajar
•    membangkitkan rasa ingin tah
•    mendorong kemandirian dan menciptakan kondisi-kondisi untuk sukses dalam belajar.

Prof. Dr. Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, M.A. sebagai pembicara ke tiga menyampaikan tentang “Quality Assessments In The New Normal Era”. Agar pelaksanaan asesmen secara daring tetap bermutu, maka asesmen seharusnya :
•    mengutamakan literasi dan numerasi sebagai kompetensi yang dituntut oleh AKM (Asesmen Kompetensi Minimum);
•    Mengoptimal asesmen berbasis unjuk kerja / performance;
•    untuk unjuk kerja individu, hindarkan tugas-tugas asesmen yang bisa ditiru atau dicontek.
Asesmen harus dilaksanakan pada saat merencanakan pembelajaran, proses pembelajaran, dan pada saat penilaian.
Setelah paparan yang disampaikan oleh ke tiga pembicara selesai, acara dilanjukan dengan menjawab pertanyaan dari peserta yang sudah dirangkum oleh panitia.
Sekitar pukul 11.30 WIB acara ditutup oleh pembawa acara.
Ana

Karanganyar,16 Juni 2020
Dirilis oleh : Yunita Ana Guru SCA

 

LPPA PDA Karanganyar

Shared Post:
Berita Terbaru