'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pelantikan Pengurus Daerah IGABA Kabupaten Karanganyar Periode 2022-2026
20 Januari 2022 06:35 WIB | dibaca 120

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Karanganyar menggelar Pelantikan dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pengurus Daerah  IGABA periode tahun 2022-2026 di aula Panti Asuhan Putri Aisyiyah Karanganyar, Jalan Lawu Nomor 190 Bejen Karanganyar pada hari Rabu, 19 Januari 2022.

Acara yang mengusung tema “Kita Tingkatkan Kinerja dan Kualitas Beroganisasi yang Profesional” itu dimulai dengan pembukaan oleh MC pada pukul 09:18 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan rangkaian lainnya seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Aisyiyah dan Mars IGABA. Sebagai pembuka kegiatan adalah laporan panitia acara pelantikan Tri Rahyuningsih, S.Pd.AUD yang merupakan ketua IGABA Karanganyar Demisioner. Dalam laporannya Tri Rahayuningsih menyampaikan bahwa pelaksanaan acara pelantikan ini merupakan amanat hasil Rapat terakhir anggota pengurus IGABA periode 2016-2020 pada tanggal 14 Januari 2022 berdasar hasil musyawarah daerah IGABA IV pada tanggal 13 Desember 2021 dan pertemuan silaturahim anggota terpilih Pengurus Daerah IGABA periode 2022-2026 tanggal 6 Januari 2022. Tri menandaskan, pelantikan pengurus baru memang harus segera dilaksanakan sehingga PD IGABA segera bisa melaksanakan tugas IGABA dalam menciptakan sinergitas para guru Aisyiyah dalam mewujudkan PAUD Aisyiyah yang berkemajuan.

Setelah laporan panitia, ketua PDA Karanganyar Dra Kunti Basthona menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya Dra Kunti Basthona menuturkan bahwa ia  merasa bangga dan berbahagia atas pelantikan pengurus IGABA Karanganyar yang baru. Ia mengharapkan agar pengurus baru dapat melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan sebelumnya. “Jabatan itu adalah amanah dan setiap amanah itu dipertanggungjawabkan. Jadi mohon dijalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya.” tegasnya.

Ketua PDA lebih lanjut menyatakan bahwa dalam menjalankan kewajiban sebagai muslim dan sebagai warga Aisyiyah guru PAUD Aisyiyah yang terpilih menjadi pengurus IGABA tidak bisa menghindar karena siapa lagi yang akan berjuang dalam organisasi profesi yanb memperjuangkan dakwah Islamiyah kalua bukan guru guru PAUD Aisyiyah sendiri.

Tibalah acara puncak yaitu pelantikan pengurus IGABA baru. Acara pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan majelis Dikdasmen PDA Karanganyar tentang Susunan Pengurus Daerah IGABA periode tahun 2022-2026 oleh anggota Majelis Dikdasmen Anis, M.Pd.  Selesainya pembacaan SK menandai dimulainya kegiatan pelantikan.

Pelantikannya sendiri dilakukan oleh Dra. Hidiyah Rohmani selaku ketua Majelis Dikdasmen PDA Karanganyar dengan pembacaan syahadat dan sumpah yang dilanjutkan penandatanganan Berita Acara pelantikan oleh Ketua dan Sekretaris IGABA Demisioner dan terpilih. Acara pelantikan kemudian dilanjutkan dengan serah terima jabatan dan inventaris. Setelahnya Dra. Hidiyah Rohmani memberi sambutan yang berisi penguatan organisasi. Dalam sambutan tersebut disampaikan landasan spriritual, anggaran dasar Aisyiyah, pembentukan IGABA, syarat syarat anggota IGABA serta kewajiban anggota IGABA. Selain itu ditegaskan bahwa dalam melaksanakan tugas kewajibannya, anggota IGABA harus mendasarinya dengan niat ikhlas karena ikhlas adalah ruh dari sikap dan ikhtiar berkiprah di Muhammadiyah dan Aisyiyah. Sebagai akhir penguatan organisasi, Hidiyah Rohmani memberikan tips instrospeksi diri sebagai seorang anggota IGABA dan warga Aisyiyah, yaitu apakah sudah benar-benar Aisyiyah, apa tujuan masuk Aisyiyah, apa yang sudah dilakukan, dan sudah berkembangkah amal usaha Aisyiyahnya.

Berikut ini adalah susunan Pengurus Daerah IGABA Kabupaten Karanganyar Periode Tahun 2022-2026 :
Ketua 1 : Unik Wahyuni, S.Pd.AUD
Ketua 2 : Eny  Sri Mintari, S.Pd.AUD
 
Sekretaris 1 : Wulansari Nurul Amanah, S.S., S.Pd
Sekretaris 2 : Nyamini Ika Lestari, S.E
 
Bendahara 1 : Aini Rukhayati, S.E, S.Pd
Bendahara 2 : Isnaini Hidayatul Rohmawati, S.Pd
 
Divisi 1 : Pendidikan
Ketua : Sri Rahayu Ningastuti, M.Pd
Anggota :
- Evi Ika Ariawati, S.Psi
- Durrotun Nikmah, S.Pd.AUD, M.Pd
- Nunuk Zahroti, S.Pd
 
Divisi 2 : Jejaring dan Sinergitas
Ketua : Pardiyono, S.Pd
Anggota :
- Nur ‘Ainie, S.Pd
- Suwarno, S.Pd
- Murniati Rochimah, S.Pd
 
Divisi 3 : Penelitian Pengembangan dan Kesejahteraan
Ketua : Naning Indri Hastuti, S.E, S.Pd
Anggota :
- Eny Setyowati, S.Pd.AUD
- Umi Muslihatun Hesti Praptini, S.Pd.I
- Suwarni, S.Pd.

Satu parikan atau pantun Jawa sangat tepat disampaikan untuk semua  pengurus IGABA  Kabupaten Karanganyar yang baru saja dilantik, “Manuk Gelatik neng jero kendang, Bar dilantik ayo ndang tandang” yang artinya Burung gelatik berada di kendang, Selesai dilatai, ayo segera bertindak. Selamat untuk Pengurus Daerah IGABA Karanganyar periode 2022-2026. Selamat bertugas!

 

Redaktur : LPPA PDA Karanganyar

Shared Post: