'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pelantikan Kepala Satuan PAUD Aisyiyah Se Kabupaten Karanganyar
28 Januari 2020 12:55 WIB | dibaca 300

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Aisyiyah (Dikdasmen PDA) Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan pelantikan Kepala TK, KB, dan TPA Aisyiyah dilaksanakan di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jaten, Karangnayar, Selasa, (28/01/2020).

Dra. Hidiyah Rohmani,M.Pd, selaku ketua Dikdasmen menerangkan bahwa pelantikan kepala Satuan PAUD Aisyiyah se-Kabupaten Karnganyar ini adalah yang pertama kali dilakukan. Tujuannya untuk penyegaran dan pembinaan sekaligus penghargaan kepada para kepala untuk mengemban amanah. Insyallah kepala dan guru Aisyiyah didasari rasa tulus ikhlas mendidik anak sejak dini untuk menyiapkan calon pemimpin bangsa dan negara yang berakhlakul karimah,
Pelantikan kepala tersebut berjumlah 52, meliputi kepala TK Aisyiyah: 38 kepala KB Aisyiyah: 13 dan kepala TPA Aisyiyah: 1, yang dilanjutkan dengan pembinaan dan  penguatan ideologi bagi para kepala satuan PAUD Aisyiyah baru, terang Hidiyah Rohmani.

Acara ini dihadiri oleh ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) kabupaten Karanganyat Dra Hj Kunti Basthonah, kepala Bidang PAUD DIKMAS Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Karanganyar Hari Waluya, S.H, M.H, kepala seksi PAUD Suyatmi, S.Pd, M.Pd serta tamu undangan lainya termasuk para ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah kecamatan se kabupaten Karanganyar.

Para kepala satuan PAUD Aisyiyah tersebut dilantik oleh ketua PDA Dra. Hj Kunti Basthonah dilanjutkan dengan sambutan ketua PDA. Dalam sambutannya ketua PDA Karanganyar mengingatkan para kepala yang baru saja dilantik untuk semata mata hanya mengharap ridho dari Allah dengan selalu berpegang ilmu dalam setiap langkahnya. Selain itu kepala satuan PAUD Aisyiyah haruslah menjadikan anak didiknya sebagai objek dakwah untuk mendidik anak anak dengan Al Quran sejak dini.

Sambutan kabid PAUD DIKMAS mengucapkan selamat kepada para kepala satuan PAUD Aisyiyah yang baru saja dilantik. Kabid PAUD menyatakan bahwa jasa Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam pendidikan di Karanganyar khususnya luar biasa besar. Apalagi lembaga pendidikan di bawah Muhammadiyah dan Aisyiyah termasuk lembaga yang bisa menjadi contoh bagi lembaga pendidikan lainnya. Kepala PAUD DIKMAS sendiri menyatakan Muhammadiyah dan Aisyiyah sudah tidak asing bagi dirinya karena kedua puteranya dipercayakan pendidikannya dengan dimasukkan ke dalam lembaga pendidikan di bawah Aisyiyah dan Muhammadiyah sejak PAUD.

Berikutnya pembinaan dan penguatan oleh kepala SMP Darul Arqam  H. Zainal Arifin, S.Ag.,S.Pd.I., M.A.,M.Pd.I. dalam pembinaan tersebut ditekankan bahwa kepala sekolah Muhammadiyah harus mempunyai wawasan kuat dalam hal sebagai berikut :
1. Secara ideologi Muhammadiyah berdasar pada Al Quran dan hadits sehingga setiap anggota muhammadiyah aisyiyah harus percaya diri dengan ideologi tersebut dan mempunyai ilmu  mengenai ideologi ini
2. Muhammadiyah harus melakukan Gerakan Tajdid (Pembaruan), yaitu dengan pemurnian akidah dan pemurnian ibadah
3) Muhammadiyah harus selalu menunjukkan bahwa Islam adalah agama pertengahan (wasathan) sehingga selalu menarik banyak orang untuk bergabung. Loyalitas sangat dibutuhkan di Muhammadiyah untuk mencapai perjuangan Islam yang sempurna sehingga ciri Muhammadiyah adalah Bergerak, Tajdid, Dakwah.

Shared Post: