'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PDA Karanganyar Kawal Pencairan Dana Getapak
20 Desember 2020 08:10 WIB | dibaca 190
 
Bulan Juli 2020 MDMC pusat mencanangkan program Getapak (Gerakan Ketahanan Pangan Keluarga). Tujuan program Getapak adalah untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi covid-19. Bantuannya berupa pemberian dana tunai langsung untuk dipergunakan sebagai tambahan modal atau usaha baru yang produktif.
 
MDMC pusat hanya menyalurkan dananya kepada 15 daerah kabupaten saja. Alhamdulillah daerah kabupaten Karanganyar termasuk salah satu sasarannya. Masing-masing daerah dipilih sebanyak 288 orang penerima manfaat.
 
Untuk menentukan siapa yang akan menjadi penerima manfaat, tim Getapak Karanganyar berkoordinasi dengan ketua PDA Karanganyar. Sesuai arahan dari pusat yang meminta masyarakat di dua desa yang akan menerima dana. Tim Getapak menentukan desa Jumapolo kecamatan Jumapolo dan desa Ngringo kecamatan Jaten yang menjadi sasaran penerima manfaat.
 
 
Alhamdulillah tanggal 7 Desember 2020 dana bantuan dari program Getapak sudah sampai di kantor pos, sebagai mitra pencairan dana. Proses pencairan dana oleh penerima manfaat dilakukan secara bertahap selama 4 hari,.pencairan dana dimulai hari Senin, 14 Desember 2020 sebanyak 10 orang untuk mewakili soft launching. Pencairan dana dengan pihak kantor POS. Selanjutnya pencairan dilakukan di kantor pos Jumapolo pada hari Rabu, 16 Desember 2020 sebanyak 131 penerima manfaat. Untuk warga masyarakat Jaten pencairan dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Desember 2020 di kantor POS kota Karanganyar sebanyak 74 penerina nanfaat. Terakhir pencairan dana dilaksanakan pada hari Jum’at, 18 Desember 2020 di kantor POS kota Karanganyar untuk penerima manfaat di luar Jumapolo dan Jaten.
 
Sebelum penerima manfaat mencairkan dananya diberikan sosialisasi pemanfaatan dana terlebih dahulu. Dana yang diterima nantinya harus dipakai untuk usaha yang produktif. Ada dua macam penerima manfaat sesuai dengan peruntukan dana yaitu kelompok UMKM dan kelompok Urban Farming. Kelompok UMKM mendapat bantuan dana tunai langsung sebesar Rp 2000000 dipotong administrasi kantor POS. Kelompok Urban Farming menerima dananya sebesar Rp 1500000 dipotong administrasi. Masing-masing dana diterimakan dua tahap sebesar 50%.
 
Sumber : Tim Getapak Karanganyar
Redaktur : LPPA PDA Karanganyar
Shared Post:
Berita Terbaru