'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PDA Berkoordinasi Dukung LPPA-LK Karanganyar Wujudkan Buku Sejarah Aisyiyah Karanganyar
27 Agustus 2020 08:49 WIB | dibaca 213
 
Pada akhir periode kepengurusan 2015-2020 LPPA-LK PDA Karanganyar memiliki agenda besar menyusun buku Sejarah Aisyiyah Karanganyar. Pekerjaan ini  sebagai tindak lanjut program Nasional.
 
Pekerjaan ini tidak mudah mengingat harus jembali mengumpukan data sejak berdiri. Alhamdulillah berdasarkan data yang sudah dimulai oleh Dr. Lanjar Utami, Aisyiyah Karanganyar berdiri sudah sejak tahun  sebelum 1960. Artinya tuntutan dari PW dalam struktur penulisan yang di dalamnya terdapat Bab I memuat Perkembangan Aisyiyah sejak sebelum 1965 terpenuhi.
 
Untuk membahas lebih lanjut Buku Sejarah Aisyiyah Karanganyar pada Rabu, 25 Agustus 2020, seluruh pimpinan bertemu di Green Resto Karanganyar( Sunarmi Ketua LPPA PDA Kra, 26/08/2020). Pada pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh Ibu Ketua PDA, Dra. Hj. Kunti Basthona bersama ibu Sekretaris PDA Ibu Sriyanti, S.PDI, M.PD I. Dijelaskan lebih lanjut oleh Sunarmi, pada pertemuan tersebut dilakukan diskusi kecil atas data yang selama ini sudah dilakukan oleh Tim Dr. Lanjar Utami selaku Pengurus Harian Aisyiyah Karanganyar. Dalam penjelasannya, Dr. Lanjar menjelaskan data tersebut diperoleh melalui wawancara pada beberapa tokoh Aisyiyah dan Muhammadiyah masa Drs. KH.Abdul Basir juga Almarhum. Drs. Afandi, Almarhum Ibunda Sukirno, serta dari dokumen-dokumen Kepengurusan PDA  Karanganyar dari masa ke masa. 
 
Data tersebut menjadi data berharga untuk penyusunan Buku Sejarah Aisyiyah Karanganyar ke depan. Namun tetap akan dilakukan analisis kritis sebagaimana penulisan Sejarah agar semua data menjadi valid sehingga  pada akhirnya nanti dapat menggambarkan sejarah faktual kiprah Aisyiyah di Karanganyar. 
 
Untuk itu dalam forum tersebut diputuskan (1) Data yang sudah digalang Dr. Lanjar menjadi  data  awal untuk penyusunan Buku Sejarah Aisyiyah di Karanganyar pada tahun 2020. (2) Dibentuk Tim Pelacak data dan Penyusun Buku Sejarah Aisyiyah Karanganyar melibatkan seluruh Pimpinan Daerah Aisyiyah Karanganyar baik Ketua Umum, Ketua Harian, Ketua Lembaga dan Majelis serta LPPA dan LK, di bawah kendali PDA Langsung.
 
 
Redaktur : LPPA PDA Kra
Shared Post:
Berita Terbaru