'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Optimisme Bukanlah Suatu Sikap Menunggu dan Berpangku Tangan - Kajian Daring PDM Karanganyar #3
25 April 2020 04:49 WIB | dibaca 378

Kajian Daring Muhammmadiyah Karanganyar
sesi tiga - 25 April 2020

Majelis Tabligh Dakwah Khusus dan Majelis Tarjih dan Tajdid
Selamat Menjalankan ibadah Puasa 1441 H


Optimisme bukanlah suatu sikap menunggu dan berpangku tangan
Tuntunan Ibadah dalam Kondisi Darurat Covid-19
oleh : Dr. H. Muh.Syamsuri, M.Si
Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karanganyar

Konsekuensi dari optimisme adalah bahwa kita meyakini bahwa setiap kesulitan selalu ada jalan keluarnya, dan optimisme lebih lanjut bukan suatu sikap menunggu dan berpangku tangan, melainkan melakukan ikhtiar maksimal untuk mencari jalan keluar dari berbagai kesulitan dan menghindari berbagai sumber dari kemudaratan sambil bertawakal kepada Allah. Nasib manusia itu ada di tangan manusia itu sendiri dan apa yang diperolehnya tidak lain adalah hasil usahanya dan Allah tidak akan mengubah nasibnya sebelum ia mengubah keadaan dirinya sendiri.

dan seperti yang disampaikan pada surat ar-Ra’d [13] ayat 11 :

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٌ مِّنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ يَحْفَظُونَهُۥ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍ سُوٓءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ

Lahu mu’aqqibaatun min baini yadaihi wamin khalfihi yahfazhuunahu min amrillahi innallaha laa yughai-yiru maa biqaumin hatta yughai-yiruu maa bianfusihim wa-idzaa araadallahu biqaumin suu-an falaa maradda lahu wamaa lahum min duunihi min waalin;

Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah.
Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

Bersambung esok hari

#Stayathome
#selalugunakanmasker
#ramadhan1441H

Redaktur : Arif Surya (Pustaka dan informasi PDM Karanganyar)

Dipublish oleh : LPPA PDA Karanganyar

Shared Post:
Berita Terbaru