'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Muhasabah Melalui Lomba Pembuatan Profile dan Penulisan Berita Berbasis Kegiatan Teraktif di Milad Aisyiyah yang ke 105 PDA Karanganyar.
11 Mei 2019 11:23 WIB | dibaca 263

Persiapan Milad Aisyiyah PDA Karanganyar

Lomba Pembuatan Profile bagi Lembaga, Majelis, PCA, dan Amal Usaha Aisyiyah bukan sekedar mengolah kemampuan kreatifitas dalam IT. Akan tetapi diharapkan menjadi media evaluasi diri sekaligus sarana dakwah dan syi"ar bagi Aisyiyah Karanganyar.

Ketua LPPA Bersama Tim Siapkan Penghargaan

Videografi Profile berarti videografi yang berisi profile institusi. Artinya dalam video diungkap dan disajikan yang terbaik dari Susunan Pengurus, Visi Misi, Program dan Kegiatan. Dengan demikian secara tidak langsung Aisyiyah melihat kembali selama hampir satu tahun yang sudah dilakukan. Oleh karena itu moment yang tepat dipilih saat menjelang Milad Aisyiyah Karanganyar. Milad bukan sekedar seremonial namun menjadi waktu tepat bermuhasabah mawas diri apa yang sudah dilakukan.

Itu sebabnya LPPA PDA Karanganyar mengambil langkah selenggarakan pembuatan Profile untuk acara jelang Milad. Lomba diikuti oleh Lembaga dan Majelis PDA, PCA se Kab Kra, Amal Usaha Aisyiyah Kota yang secara keseluruhan berjumlah 40 institusi.

Untuk selenggarakan lomba profile bukan hal yang mudah walaupun android sudah menjadi makanan sehari hari ibu-ibu aisyiyah. Untuk persiapan dilakukan pelatihan pembuatan videografi pada tanggal 16 Maret 2019. Pada pelatihan tersebut dihadirkan narasumber sesuai keahliannya, dalam hal ini Aisyiyah Karanganyar gandeng Prodi Desain Komunikasi Visual, Televisi dan Film serta Unit Layananan Ajang dan Gelar ISI Surakarta dua bulan sebelum Puncak Acara Milad.

Pada persiapan lomba, dalam pelatihan diikuti oleh 8 L dan M PDA Kra, 17 PCA, dan 15 AUA AUM Kota. Pada babag penyisihan terdapat 9 karya yang masuk. Dari 9 Karya diambil 3 terbaik. Babag penyisihan dilaksanakan sampai tanggal 10 Mei 2019. Yuri terdiri dari Cito.Yasuki Rahmad, M.Sn, Sartono, S.Sn. Basnendar PS, M.DS., Shubuha PN, M.Sos. selaku pakar didukung Yuri Konten terdiri dari Dr.Sunarmi, M.Hum, Dra. Kunti Basthona, Sriyanti M.Pd I.

Dra. Kunti Basthona mengatakan, awalnya ada keraguan apakah bisa terlaksana lomba pembuatan profile oleh ibu Aisyiyah. Namun setelah dikawal dengan baik ternyata hasilnya menggembirakan, walaupun belum srmua bisa membuat dengan baik tetapi niat baik untuk bisa yang harus diapresiasi. Semoga Videografi Profile bisa menjadi sarana dakwah dan Syi'ar Aisyiyah. Bahwa Aisyiyah Karanganyar tidak hanya dakwah di kandang sendiri tetapi sudah secara terbuka dan dapat diakses seluruh dunia. Ini berkat sarana yang sudah disediakan oleh Pimpinan Aisyiyah Pusat dalam bentuk web karanganyar.aisyiyah.or.id Di Milad yang ke 105 ini pula web aisyiyah Karanganyar sejak tahun 2016 telah menyajikan berita sejumlah 480 berita dan khusus di tahun 2019 sampai bulan April telah terpublikasikan kegiatan berita sejumlah 178 dari 623 berita Pusat. Data tersebut menunjukkan PDA Karanganyar masuk katagori teraktif.

Di Tahun 2017 LPPA PDA Karanganyar memperoleh penghargaan dari PWA karena menjadi pengunggah berita terbanyak. Di tahun 2019 kembali LPPA memperoleh penghargaan yang sama dari PWA. Semua itu adalah prestasi Aisyiyah Karanganyar karena Lembaga, Majelis, PCA, PRA, dan Amal Usaha aktif dalam melaksanakan program dan melaporkan dalam bentuk berita. Untuk memacu semangat tertib menjalankan program dan melaporkan kegiatan maka LPPA PDA Karanganyar jelang Milad selenggarakan lomba penulisan berita. Kriteria penilaian adalah terbanyak pemasok berita aisyiyah di Web Aisyiyah Karanganyar.

Sunarmi Ketua LPPA mengatakan lomba videografi ptofile dan penulisan berita berbasis kegiatan memiliki satu misi untuk penertiban administrasi kegiatan sekaligus monitoring dan evaluasi dini seluruh program yang tertuang dalam Tanfidz Musda. Sehingga bukan sekedar mengolah kemampuan IT. Dari tahun ke tahun menunjukkan adanya prestasi dari prngelolaan web PDA Karanganyar. Kalau dari PW dan PP lakukan evaluasi maka dari PDA juga lakukan evaluasi. PCA, PRA, Lembaga dan Majelis semakin giat menulis melaporkan kegiatan. Hal itu ditandai pada semakin lengkap info berita web PDA Karanganyar dari PCA dan PRA sudah mewarnai web Aisyiyah Karanganyar. Semoga dapat lebih bermakna strategi yang dilakukan LPPA Karanganyar dalsm mengemban amanah Program sunarmilppakaranganyar

Shared Post: