'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PDA Karanganyar Bersinergi dengan Muhammadiyah Karanganyar Mangayubagyo Keberangkatan Jamaah Calon Haji Kab Karanganyar Tahun 1440 H Mendorong Spirit Haji Mabrur .
29 Juni 2019 05:35 WIB | dibaca 443

PDA Bersama Warga Aisyiyah Yang Akan Berangkat Haji

PDA Karanganyar aktif bersinergi dalam Mangayubagyo Jamaah Calon Haji tahun 1440 H. Drs. HM Samsuri menjelaskan Mangayubagyo calon jamaah haji merupakan tradisi Muhammadiyah dari tahun ke tahun diselenggarakan bersamaan dengan moment yang baik di bulan Syawal. Hadir pada kesempatan ini Bapak Bupati Karanganyar dsn jajarannya, Ketua Organisasi Islam NU, LDII, MTA, yang demikian merupakan bentuk kerukunan antar umat beragama dalam syiar dan dakwah. Harapannya k depsn Muhammadiyah ke depan tetap istiqomah dalam memberikan layanan bimbingan dan bekal persiapan pada umat khususnya calon jamaah haji. Doa terbaik semoga RS PKU Muhammadiyah Karanganyar ke depan semakin jaya dalam melayani umat dalam bidang kesehatan. Sebagaimana dalam tema Pengajian Akbar malam ini RS PKU Muhammadiyah Karanganyar, mendorong umat dalam Spirit Haji Mabrur dalam membangun ketauladanan dan kebersamaan. Pada kesempatan tersebut hadir Bupati Karanganyar.

Bupati Karanganyar dalam sambutannya menjelaskan. Bersyukur karena setiap tahun Muhammadiyah memiliki tradisi mangayubagyo jamaah calon haji. Haji merupakan ibadah yang istimewa karena haji itu diwajibkan sekali dalam seumur hidup. Haji adalah tamu Allah, sebagai tamu harus berperilaku baik insyaAllah akan dijamu Allah dengan baik. Ibadah haji sebenarnya telah berusaha mendudukkan Allah pada tempat yang mulia sebagai sesembahan. Oleh karena itu dengan haji harus bisa meningkatkan ibadah hubungannya dengan Allah dan dengan manusia.

 

Tausiah oleh Drs. H. Anhar Anshari, M.Si., Ph.D. Syarat haji Makbrur 1. Halal dana yang digunakan untuk membayar. 2. Cara melaksanakan sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad. 3. Spirit haji harus nyata di dalam lingkungan, masyarakat, dan pemerintah. Memahami cara pelaksanaan yang benar. Hati ikhlas harus dipersiapkan dari awal. Iklas adalah kesucian hati untuk mencari ridho Allah. Baju ihram merupakan simbol persatuan umat Uslam seluruh dunia. Tidak dibedakan derajat pangkat dan sosial. Manusia dibedakan tingkat kualitas ketaqwaan. Dalam Haji ada Sai adalah perjuangan hidup yang dicontohkan oleh Siti Hajar. Sofa artinya bersih. Dalam berikhtiar harus memperhatikan kebersihan. Kotoran jiwa harus dihindari. Marwah adalah kepuasan hati. Setelah berusahan dengan hati yang bersih maka akan ada kepuasan batiniah. Al Baqoroh ayat 197 maka jangan mengeluarkan kata-kata yang kotor. Jangan berbuat dosa, jangan sombong, jangan berkata jorok. Jangan serakah dengan milik orang lain. Setelah pulang semangat sofa marwah harus tetap dijaga. Pertama harus mampu menjaga keluarga sejahtera dahulu baru membangun lingkungan. Menengok kisah Nabi Ibrahim dengan Nabi Ismail saat ada perintah Allah menyembelih kurban. Ada dua hal yang dapat diambil pelajaran dari kusah itu. Pertama, kehadiran Ismail adalah sesosok dunia yang sangat berharga nilainya. Namun demikian sebesar dan seindah dunia tidak boleh dicintai melebihi cinta kita pada Allah. Hikmah kedua adalah mengambil keputusan harus melibatkan anak istri dengan cara musyawarah.

 

Sunarmilppakaranganyar- sunarmi.interior67@gmail.com

Shared Post:
Berita Terbaru