'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
MT Karanganyar Ikuti Roadshow Pembinaan Keluarga MT PWA
16 Januari 2022 15:50 WIB | dibaca 56

Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Karanganyar ikut menyengkuyung ROADSHOW Ke 3 Divisi Pembinaan Keluarga Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Pra Nikah Aisyiyah bagi Remaja dengan Tema "Menjadi Remaja Smart, Keren, Qur'ani dan Berprestasi". Kegiatan ini dilaksanakan hari Ahad, 16 Januari 2022 secara virtual yang diikuti oleh perwakilan pengurus OSIS atau IPM di sekolah Amal Usaha Muhammadiyah, SMP, SMA, SMK dan Pondok Pesantren se Jawa Tengah  untuk usia 14 tahun sampai 18 tahun. Jumlah peserta sebanyak 200 orang.
 
Acara dimulai pukul 07:50 dengan Pembawa acara dan moderator oleh Ummie Masrurah, S.Ag dengan susunan acara sebagai berikut :
1. Acara  pertama Pembukaan dengan membaca lafal basmallah bersama sama.
 
2. Acara ke dua tilawah Al qur'an oleh Ipmawati Dea Voni Arum dan sartilawah oleh ipmawan Diki Setiawan
 
3. Acara ke tiga sambutan ketua umum Pimpinan Wilayah Aisyiyah oleh ibu Dr. Umul Baroroh, M.Ag.
Beliau memberi apresiasi yang baik atas terselenggaranya Pendidikan Pra Nikah Aisyiyah bagi Remaja, dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal bahwa angka perceraian saat ini amat tinggi sekitar 30 % dan gugat cerai sekitar 36%, dari permasalahan ini Aisyiyah mengantisipasi agar perceraian bisa menurun salah satu cara dengan membekali para remaja tentang pernikahan sehingga kehidupan keluarganya apabila sudah siap menikah menjadi keluarga dan masyarakat yang mawaddah, warahmah, keluarga yang kuat dan sejahtera. Para remaja dibekali ilmu pra nikah agar keluarganya baik karena kalau keluarganya baik negara juga akan baik. Di akhir sambutannya menyampaikan agar setelah mengikuti kegiatan Pendidikan Pra Nikah ini untuk disosialisasikan kepada teman-temannya
.
4. Acara ke empat doa yang dipimpin oleh Ipmawan Burhanudin Muhtadi
 
5. Acara ke lima inti materi yang disampaikan oleh narasumber yang handal dan hebat antara lain :
a. Narasumber pertama Ummi Hany Eprilia, S.Psi M.Pd dengan materi Psikologi Remaja, Persahabatan dan keluarga.
Beliau menyampaikan, prestasi dan perkembangan anak ditentukan bagaimana berhubungan baik dengan keluarganya. Sebagai remaja hendaknya mengabdi kepada Allah dan  membangun hubungan baik dengan orang tua, guru dan saudara saudaranya sehingga mendapat keberkahan.
b. Narasumber ke dua ibu Yuyu Yuniawati, S.Ag. dengan materi menjadi Remaja Keren dam Qur'ani, ibu Yuyu menyampaikan agar para remaja waspada dengan perilaku menyimpang dari ajaran Islam seperti pergaulan bebas, Game Online, pernikahan dini. Solusi terhadap penyimpangan-penyimpangan dengan mengenali karakter diri, membangun jembatan harapan. Pesan beliau : "Jadilah remaja yang smart, sehat, mulia akhlaknya, amanah, responsif, dan tabligh menyampaikan kebenaran.
c. Narasumber ke tiga ibu Amelia Rahmi, M Pd. dengan materi Dampak Pernikahan Dini. Perlu waspada pernikahan dini karena masa rentan resiko kehamilan, kerugian ekonomi dan resiko kesehatan bagi ibu hamil dan bayi.
 
Acara tanya jawab peserta sangat antusias ada sekitar 25 pertanyaan.
 
Acara stressing disampaikan oleh ibu Hj Dr. Sri Gunarsih, M. Hum. Beliau menyampaikan 3 hal;
1 .Divisi Pembinaan Keluarga membuka curhat untuk menampung persoalan persoalan remaja bekerjasama dengan majelis lain.
2  Pada event kegiatan selanjutnya perlu disampaikan materi tentang cara ta'aruf yang benar.
3. Remaja perlu bimbingan untuk menggapai misi hidupnya.
 
Acara diakhiri dengan membaca doa kafaratul majelis dan foto bersama.
 
Sumber : Ummie Masrurah, S.Ag.
 
Redaktur : LPPA PDA Karanganyar
Shared Post: