'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Milad Aisyiyah ke-103, PDA Gelar Senam Sehat TB Day
27 Maret 2017 09:15 WIB | dibaca 794

Karanganyar, Minggu(26/03/2017) – Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Karanganyar menggelar Senam Sehat Tubercolosis (TB) Day di Jalan Lawu tepatnya di depan SD Papahan pagi ini. Kegiatan yang diselenggarakan saat Car free day tersebut selain untuk memperingati hari TB sedunia juga merupakan rangkaian kegiatan Milad Aisyiyah yang ke -103. Hal itu disampaikan oleh Ketua PDA Karanganyar, Dra Hj. Kunthi Bastona ketika memberikan sambutan dalam Seminar TB-HIV beberapa waktu lalu (Baca: Seminar TB-HIV dan Kesehatan Reproduksi).

“Agenda – agenda PDA Karanganyar dalam milad Aisyiyah ke 103 seperti lomba paduan suara, lomba TPA, TB DAY (26 Maret), pelatihan memanfaatkan botol minuman bekas (2 April), Rakor PCA se-Kab.Karanganyar di SMP Muhammdiyah Karangpandan (9 April), pertemuan koordinator PDA se-Soloraya (16 April)”, papar nya ketika itu.


Ketua PDA Karanganyar Hj. Kunthi Bastona
didampingi Ketua Majelis Kesehatan PDA Hj. Darsih Al Adib
tampak antusias mengikuti senam sehat di Car Free Day

 

Senam sehat yang dimulai sekitar pukul 06.00 WIB tersebut diikuti oleh berbagai elemen masyarakat dan warga Muhammadiyah yang meliputi Majelis, Lembaga, AUM dalam kota, Kader TB, PCA, Tim SSR dan masyarakat umum. Tidak hanya senam sehat, dalam acara ini juga diselenggarakan edukasi dalam bentuk kuis berhadiah, hal itu disampaikan Ketua Panitia Hj. Darsih Al Adib ketika ditemui di sela – sela kegiatan.

“Ada edukasi,(hiburan dan edukasi), kan ada hadiah hadir, nanti anak – anak diberi pertanyaan yang bisa jawab langsung dikasih hadiah, hadiah disediakan oleh tim SSR bersama PDA”, tandas nya yang juga Ketua Majelis Kesehatan PDA Karanganyar ini.


S
uasana pembagian Doorprize dalam senam TB Day

Sementara itu, salah satu anggota Tim Sub-Sub Resequent (SSR) TB, Yoki, mengatakan untuk mendukung program Indonesia Bebas TB, di Karanganyar terdapat 4 anggota SSR.

“Tiap Kabupaten ada tim SSR 4 orang”, ujarnya di sela- sela acara.

Anggota Tim SSR yang lain, Agung, menyampaikan ribuan rumah di Kabupaten Karanganyar sudah disosialisasikan terkait penyakit yang cukup membahayakan tersebut.

“Ada 2403 rumah sudah ketok pintu tentang edukasi TB , di 8 Kecamatan di Karanganyar”, tambah Agung.

Pada kegiatan yang selesai pukul 08.00 WIB ini terlihat warga Hindu, Sumarno, yang juga mengikuti acara sampai selesai. Wakil Ketua 2 Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) itu menyambut baik kegiatan – kegiatan sosial masyarat dari Aisyiyah. Tidak hanya dari FKUB, Lurah Papahan, Supriyono, juga ikut bersenam ria bersama para pesenam yang lain.


Dukungan Indonesia Bebas TB oleh para peserta Senam Sehat
dengan membubuhkan tanda tangan dibawah rintik – rintik hujan.

Sebelum acara berakhir, dilakukan penandatanganan Indonesia Bebas TB yang dilakukan oleh para peserta Senam Sehat. Pada saat penandatanganan inipun hujan rintik – rintik mulai turun. Meski demikian, para peserta tampak antusias mengikuti jalannya acara, bahkan sambil bersenandung dan bergoyang dibawah rintik hujan.

Tidak hanya Senam Sehat TB Day, acara pada hari yang sama juga diselenggarakan Lomba Paduan Suara dan TPA di Panti Asuhan Aisyiyah.(Oew/Foto:Eko)

Shared Post: