'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Makan dan Minum Karena Lupa saat Berpuasa - Kajian Daring PDM Karanganyar #8
30 April 2020 06:30 WIB | dibaca 265

Kajian Daring Muhammmadiyah Karanganyar
sesi Delapan - 30 April 2020
Majelis Tabligh Dakwah Khusus dan Majelis Tarjih dan Tajdid
Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1441 H

MAKAN DAN MINUM KARENA LUPA SAAT BERPUASA
Tuntunan Ibadah Puasa 1441 H
oleh Muh. Taqwim, S.PdI
Majelis Tarjih dan Tajdid

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb. Alhamdulillah kita sudah memasuki bulan ramadan yang penuh berkah. Ada sebuah wasiat dari Rosulullah SAW:

مَنْ أَكَلَ نَاسِيًا وَهُوَ صَائِمٌ فَلْيُتِمَّ صَوْمَهُ، فَإِنَّمَا أَطْعَمَهُ اللهُ وَسَقَاهُ

(MUSLIM - 1952 "Siapa yang makan dan minum karena lupa, sedangkan ia puasa, maka hendaklah diteruskannya puasanya itu, karena Allah telah memberinya makan dan minum." Tetapi ada pertanyaan,bagaimana kalau ada seseorang yang berpura-pura lupa ketika puasa ? apalagi tidak melaksanakan puasa wajib di bulan ramadan tahun ini,padahal dia mengaku muslim. Hal tersebut terjadi karena kejahilannya tentang puasa,tidak mengetahui kewajiban puasa,tujuan puasa,pahala puasa,ancaman bagi muslim yang tidak berpuasa dan hikmah puasa.

Allah berfirman : Qs al Baqoroh 284
       
   .... وَإِن تُبْدُوا۟ مَا فِىٓ
 “dan apabila kamu menampakkan apa yang ada di hatimu atau kamu menyembunyikannya maka Allah akan memperhitungkannya
 
Semakin baik iman seseorang maka semakin berat beban hatinya setelah merenungi ayat diatas.Untuk itu Rosulullah SAW menasihati kita dalam sebuah hadits riwayat imam muslim agar kita mengucapkan dengan mantap di hati, sami’naa wa atho’naa wa aslamnaa, kami mendengar seruan perintah dan laranganMU ya Allah dan kami mentaati serta kami berserah diri kepadaMU.Maka dengan ucapan itu Allah akan menambahkan keimanan kita.
 
Apabila di kenyataan keseharian seorang muslim tidak melaksanakan aturan Allah dan rasulNYA karena kejahilan/ketidak tahuan atau karena lupa,maka Allah mengajari kita untuk berdo’a sebagaimana firmanNYA di Qs. Al Baqarah ayat 286 :    رﺑﻨﺎ ﻻﺗﺆاﺬ. ... “ya Allah janganlah Engkau menghukum kami ketika kami lupa atau kami melakukan kesalahan“ Maka Allah akan menjawab fa’altu, aku sudah memaafkannya.
 
Untuk renungan kita bersama,akankah kita selalu berkubang dalam kejahilan padahal untuk mengetahui perintah dan laranganNYA adalah perkara yang wajib bagi kita.
 
Perjalanan hidup kita untuk menetapi pada ketaatan pada Allah semakin berat dan terjal.
Di bulan yang mulia ini kita in syaa Allah memiliki banyak waktu untuk memperbaiki diri.
Mari kita kondisikan diri dan keluarga kita untuk memperbaiki ilmu dan dan pemahaman agar tidak melakukan kesalahan lagi.
 
Mari kita pastikan untuk membangunkan keluarga di sepertiga malam yang akhir untuk mendekatkan diri kepadaNYA dan melakukan sunnah sahur agar tidak ada kepura-puraan dengan kata-kata.
Bersambung esok hari

#Stayathome
#selalugunakanmasker
#RamadandiRumahaja
#ramadan1441H

Redaktur : Arif Surya (Pustaka dan informasi PDM Karanganyar)

 

Dipublish Oleh : LPPA PDA Karanganyar

Shared Post:
Berita Terbaru