'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Majelis Tabligh PCA Kebakkramat Bersinergi dengan Kismis
19 Mei 2022 12:17 WIB | dibaca 55

Pada hari Rabu, 18 Mei 2022 Majelis Tabligh Pimpinan Cabang Aisyiyah Kebakkramat mengikuti kegiatan kajian malam Kamis yang dihadiri 200 orang. Kajian disampaikan oleh ustadz Hendro Wijayanto, LC dengan tema "Fadhilah Rezeki Ilmu".

Fadillah ilmu maksudnya kelebihan memiliki ilmu, rezeki adalah jatah yang sudah Allah tetapkan yang telah tertulis di LAUD MAHFUD misalnya anak yang  soleh sholihah, istri shalehah, harta kekayaan. Harta yang paling nikmat adalah orang yang tidak punya hutang, Haji, dan Umroh itu termasuk rezeki.
 
Ilmu itu adalah rezeki Al qur'an surat Al Baqarah ayat 247 bertaqwalah pada Allah pasti Allah tambahkan ilmu. 
 
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :
 
وَقَا لَ لَهُمْ نَبِيُّهُمْ اِنَّ اللّٰهَ قَدْ بَعَثَ لَـکُمْ طَا لُوْتَ مَلِكًا ۗ قَا لُوْۤا اَنّٰى يَكُوْنُ لَهُ الْمُلْكُ عَلَيْنَا وَنَحْنُ اَحَقُّ بِا لْمُلْكِ مِنْهُ وَلَمْ يُؤْتَ سَعَةً مِّنَ الْمَا لِ ۗ قَا لَ اِنَّ اللّٰهَ اصْطَفٰٮهُ عَلَيْکُمْ وَزَا دَهٗ بَسْطَةً فِى الْعِلْمِ وَ الْجِسْمِ ۗ وَا للّٰهُ يُؤْتِيْ مُلْکَهٗ مَنْ يَّشَآءُ ۗ وَا للّٰهُ وَا سِعٌ عَلِيْمٌ
 
"Dan Nabi mereka berkata kepada mereka, "Sesungguhnya Allah telah mengangkat Talut menjadi rajamu." Mereka menjawab, "Bagaimana Talut memperoleh kerajaan atas kami, sedangkan kami lebih berhak atas kerajaan itu darinya dan dia tidak diberi kekayaan yang banyak?" (Nabi) menjawab, "Allah telah memilihnya (menjadi raja) kamu dan memberikan kelebihan ilmu dan fisik." Allah memberikan kerajaan-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 247).
 
 
Kenapa ilmu A dan ilmu B berbeda karena itu rizki maka harus dicari diminta dengan doa haruss dengan susah payah alias rekoso,maka kita  harus belajar.Fadilah Rizki ilmu keutamaannya hadis Abu Hurairah diriwayatkan Bukhari Muslim RA : Rosul berkata ada 7 gololngan yang Allah naungi di Padang Mahsyar: 
1. Imam yang paling adil. Mendapatkan gelar adil ini hal yang tidak mudah/sengsara/sulit, kebanyakan pemimpin tidak adil.
2. Orang muda yang sibuk untuk ibadah pada Allah.Anak anak ketika smp, sma masuk pondok, sehingga menjadi anak soleh orang tua ikut kebaikannya.
3. Seseorang yang hatinya tertambat pada masjid untuk melaksanakan sholat, kegiatan yang lain seperti rapat, pengajian di masjid.
4. Suka karena Allah benci/duka karena Allah.
di pengajian ketika sholat di masjid yang membedakan iman dan taqwa.
5. Orang laki-laki yang didekati perempuan/ cewek yang  sugih, ayu seksi buanget diajak berbuat maksiat tapi ia menjawab, tidak  aku takut pada Allah.
6. Orang yang shodaqoh tangan kanan tetapi tangan kiri tidak tau, maksudnya sodakoh secara diam-diam karena saat ini banyak orang yang sedekah dengan diikrarkan.
7. Orang yang mengingat Allah dalam sendirian sampai menangis, misal : tahajjud nangis, kalau belum bisa menangis berarti hatimu masih keras.
 
Abdulah ibni umar, ibnu mas'ud, ibnu Abas.Ibnu hamru, mengatakan 7 golongan tersebut akan mendapat naungan Allah :
1. Kubur
2. Kebangkitan
3. Pengumpulan di padang mahsyar, yaitu tempat dikumpulkan manusia dari nabi Adam sampai dengan manusia  terakir, kelak matahari dekat dalam satu mil,mil setara dengan 1,8 km menurut  zumhur jaraknya depan mata, jarak 1,8 mil akan keluar keringat sampai mata kaki, lambung, lubang telinga.
 
Keadaan di padang mahysar semua telanjang, tanpa alas kaki, Aisyah tanya pada nabi berarti antara satu dengan yang lain melihat, Nabi menjawab tidak  ada yang melihat satu sama lain karena semua sibuk dengan kepentingan sendiri. 
 
Kontributor : Suyatmi, S.Pd.

Redaktur : LPPA PDA Karanganyar
Shared Post: