'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB Ajak Bersih Hijau Indah Mensejahterakan
14 Januari 2020 05:07 WIB | dibaca 125

Menginjak tahun ke dua Aisyiyah teguhkan gerakan hindari lingkungan dari sampah plastik. Di Jawa Tengah setelah diselenggarakan Jambore di Tawangmangu tahun 2019, Aisyiyah terus teguhkan program tersebut. Sementara Pemerintah di lingkungan PT tahun 2020 mulai terapkan.

Implentasi dari program tersebut Aisyiyah Solo Raya selenggarakan pelatihan.
Pelatihan Tenologi Tepat Guna Pengolahan SAMSAH (Sampah Basah), METAMPLAST (Pemanfaatan Sampah Plastik sebagai Media Tanam), Sampah Organik dengan Reaktor Cacing, dan Hidrophonik.

Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Daerah Aisiyah Soloraya. Dengan tema : Bersih Hijau Indah Mensejahterakan.
1. Pengelolaan sampah Orgaganik maupun Anorganik sangat penting bagi kehidupan sehari - hari. Untuk melestarikan lingkungan hidup, kita harus pandai - pandai mengelola sampah. Sampah organik apabila kita kelola dengan baik,  sangat besar  manfaatnya bagi kehidupan.

2.  Pengelolaan sampah Organik.
Untuk mengelola sampah organik, bisa dengan menggunakan Reaktor Cacing dan Reaktor Muggot
Reaktor cacing yaitu Teknologi Vertikal Kultur Ternak Cacing Tanah dan Pengolahan sampah Organik.
Sedangkan Reaktor Muggot adalah pengolahan sampah basah baik padat maupun cair dengan menimbun sampah basah untuk menghasilkan larva - larva yang sangat berguna untuk pakan ternak unggas.

3. Pengolahan sampah Anorganik METAMPLAS, (Pemanfaatan Sampah Plastik sebagai Media Tanam)
Sampah Anorganik berupa plastik bisa kita kelola dengan dimanfaatkan menjadi media tanaman hidrophonik yang akan menhasilkan berbagai tanaman baik tanaman hias, berbagai sayuran  maupun tanaman buah atau tanaman berumur panjang lainya. Selain itu sampah plastik juga bisa dikelola menjadi  kerajinan daur ulang dengan berbagai kreasi peralatan rumah tangga yang mempunyai nilai seni tinggi.

Pada hari yang sama LLHPB Solo Raya juga mempelajari tentang cara budidaya tanaman hidrophonik yang bisa menghasilkan berbagai tanaman sayuran dengan media air. Dengan narasumber yang ahli di bidang tanaman hidrophonik.

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari