'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Langkah Cerdas Aisyiyah Atas Batik Sebagai Identitas Bangsa- Selamat Hari Batik
02 Oktober 2019 15:55 WIB | dibaca 191

Batik sebagai simbol budaya Nusantara. Aisyiyah sebagai organisasi perempuan di Indonesia tanggap akan nilai budaya bangsa.

Indonesia memiliki ragam budaya sebagai tradisi bangsa. Tidak semuanya tradisi itu bertentangan dengan Islam. Nusantara memiliki nilai tradisi yang adiluhur diantaranya adalah batik. Batik yang pernah terlupakan saat ini kembali menjadi perhatin bangsa Indonesia. Batik sebagai identitas bangsa dapat ditemukenali di seluruh instansi baik swasta maupun Pemerintahan.

Terdapat kebijakan batik sebagai seragam kantor hampir di seluruh pelosok Indonesia. Akan tetapi kebijakan tersebut merupakan langkah pasti pelestarian batik. Karena batik saat ini yang banyak berkembang adalah tekstil bermotif batik. Bukan batik yang sebenarnya. Batik adalah sejenis teknis memwujudkan selembar kain bermotif dengan cara memberi motif yang dicanting dengan malam dan teknik celup. Sementara batik yang berkembang adalah tekstil yang dengan teknik printing.

Perkembangan yang demikian sebenarnya merupakan penyebab semakin hilangnya batik. Langkah Aisyiyah Jawa Tengah tanggsl 13 Oktober selenggarakan lomba batik rasanya menjadi acara cukul bergengsi sebagai bentuk kesadaran Aisyiyah memsng cukup cerdas dalam mensikapi perkembangsn zaman.

Semoga lomba bstik PWA Jawa Tengah nanti akan ada keberlanjutan tentang pelestarian dan pengembangan batik di Nusantara oleh Aisyiyah. Bukan saja seremonial saat peringati Hari Batik.

Sunarmi Ketua LPPA PDA Karanganyar

Shared Post: