'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Komunitas Aisyiyah Mengaji
20 Januari 2022 16:37 WIB | dibaca 61
 
 
Pengajian rutin yang diadakan pada hari Kamis 20 Januari 2022 pada pukul 11:00 sampai pukul 12:00 di ruang kelas Sentra Seni A TK Surya Ceria Aisyiyah. Diikuti oleh semua guru TK Surya Ceria, Pengajian diisi oleh Ibu Dra Kunti Basthona. 
 
Di antara beberapa hal yang disampaikan beliau, antara lain :
1. Musuh utama manusia sejak zaman nabi Adam adalah Iblis. Dikisahkan bahwasanya nabi adam dan hawa dahulu adalah diantara penghuni surga, akan tetapi  karena tipu daya iblis adam dan hawa melanggar aturan Allah yaitu memakan buah khuldi, sehingga mereka harus dihukum secara terpisah di bumi. Dan iblis berikrar bahwasanya akan menggoda dan merayu anak turun adam agr melakukan kemaksiatan hingga hari akhir nanti.
 
2. Tentang penjelasan lafadz Ta'awudz dan Basmalah, bahwasanya kita harus membiasakan melafadzkan 2 kalimat itu sebelum melakukan semua kegiatan /amal, dengan keyakinan bahwa Allah lah tempat kita bergantung berserah diri dan Allah akan senantiasa memberikan Rahman Rahim-NYA kepada kita semua makhluk nya tanpa terkecuali, terlebih pada hambanya yg taat pada perintah-NYA.
 
3. Tentang Tafsir Surat Al Fatihah, beliau menyampaikan bahwasanya kita ini manusia hanyalah makhluk kecil. Sudah seharusnya kita senantiasa menyembah dan memohon pertolongan kepada Allah . Karena sesungguhnya Allah Maha Pengasih dan Penyayang. Allah pasti akan mengabulkan setiap permintaan kita hambanya yang senantiasa taat dan senantiasa berjalan dijalan yang lurus dan benar dengan tetap berpegang teguh pada Al Qur'an dan Sunnah..
 
4. Beliau juga menyampaikan tentang firman Allah pada surat Al Fajr ayat 27-30 
 
Dari surat tersebut beliau menyampaikan, agar kita jangan sampai lelah berbuat baik senantiasa beramal shalih dan memanfaatkan sisa usia agar lebih bermanfaat untuk orang lain, agar kelak saat kita dipanggil benar-benar dalam keadaan suci dan tenang husnul khatimah.
 
5. Beliau juga menyampaikan tentang firman Allah pada surah At Thalaq ayat 2-3 
 
Dari ayat tersebut beliau menyampaikan, bahwasanya jangan sampai kita khawatir akan kehidupan di dunia, karena segala kesulitan dan kesusahan, selama kita bertaqwa pada Allah pasti Allah akan memberikan jalan keluarnya. Jangan sampai khawatir dengan rizki kita, karena selama kita berusaha dan bertaqwa Allah akan memberikan rizqi yang tidak disangka-sangka.
 
Kesimpulannya :
Manusia hanyalah makhluk yang tidak berdaya, dan Allah lah Sang Pencipta Yang Maha Kuasa, bertaqwalah dan senantiasa memohon perlindungan dan Rahman Rahim-NYA.
 
Memanfaatkan waktu/usia kita sebaik-baiknya, selalu beramal shalih dan bermanfaat uuntuk orang lain sehingga semoga kita kembali dalam keadaan husnul khatimah menjadi jiwa yang suci dan mendapatkan JannahNYA Amin Allahumma Amin..
 
Dirilis oleh : Beauty Khuluqiyah (Guru SCA)
 
Redaktur : LPPA PDA Karanganyar
Shared Post: