'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Ketua LPPA PDA Karanganyar Ajak Kawal Pemilu Jaga Suara
15 April 2019 20:22 WIB | dibaca 361

Ketua LPPA Karanganyar

Aisyiyah merupakan gerakan perempuan Islam berkemajuan mendukung sepenuhnya Ajakan Gerakan Kawal Pemilu Jaga Suara. Sebagaimana GERAKAN Kawal Pemilu Jaga Suara (KPJS) 2019 yang diluncurkan oleh Kawal Pemilu dan Network for Democracy and Electoral Integrity (Negrit) mengajak masyarakat untuk terlibat secara aktif mengawal jalannya proses penghitungan suara pada pesta demokrasi, serta memastikan jalannya pemilu secara jujur, adil, dan terpercaya.

Gerakan tersebut, memerlukan partisipasi masyarakat secara sukarela di 809.500 TPS di penjuru Tanah Air. Masyarakat diharapkan bisa bersama-sama mengawal jalannya pemilu presiden, DPD, DPR RI, DPRD I, dan DPRD II.

Ada tiga alasan mengapa pemilu presiden dan DPR RI harus dipantau dan perlu keterlibatan masyarakat. Pertama, pesta demokrasi di Indonesia sangat kompleks, rumit, dan terbesar di dunia. Kedua, Pilpres dan Pileg 2019 untuk pertama kali dihelat di hari yang sama. Ketiga, integritas hasil pemilu akan meningkatkan kepercayaan publik. Proses penyalinan hasil penghitungan suara dari C1 plano ke C1 scan harus dikawal karena di tahap tersebut rawan kecurangan dan human error. "Gerakan KPJS 2019 yang nonpartisan ini mengajak komunitas pro-data dan seluruh elemen masyarakat untuk turut terlibat dalam pengawalan suara. Gerakan KPJS 2019 akan menggabungkan tech skills KawaIPemiIu.org dan technical expertise Netgrit untuk menjaga suara rakyat dalam skala besar,".

Mekanismenya pun cukup sederhana. Pada hari pencoblosan, relawan datang ke TPS untuk memantau penghitungan suara, lalu ambil foto formulir C1 plano menggunakan ponsel. Setelah mendapat koneksi internet yang stabil, upload foto C1 plano ke upload.kawalpemilu.org. Setiap relawan juga bisa mengawal lebih dari satu TPS.

Sekilas gambaran Tentang Gerakan Kawal Pemilu Jaga Suara di atas sekiranya dapat menjadi pijakan warga Aisyiyah. Oleh karena itu kepada warga Aisyiyah Kabupaten Karanganyar diharapkan partisipasinya untuk berperan aktif dalam Kawal Pemilu Jaga Suara. Kita buktikan bahwa Aisyiyah gerakan yang berusaha menjaga konsistensi berkontribusi dalam pembangunan  bangsa yang jujur adil.

Sunarmi Ketua LPPA PDA Kra

Shared Post: