'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Ketua Koordinator MKes PDA Karanganyar - Dra. Nur Rohmani, M.M., Manfaatkan Lahan untuk Lumbung Hidup Menjadi Habit
15 Juni 2021 09:42 WIB | dibaca 135

Pimpinan Daerah Karanganyar mengajak warga Aisyiyah untuk bisa berdikari terkait kebutuhan sayur mayur dan lauk sehari-hari. minimal untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Gerakan ini sudah dijadikan gerakan yang sudah lama jauh sebelum covid. Dra. Nur Rohmani, M.M. selaku Ketua Harian PDA Karanganyar bidang M. Kes dan LLHPB memberikan contoh nyata. Menanam menjadi hobi setiap hari, dengan memanfaatkan lahan pekarangan di Desa Tegalasri Rt 02 RW 8 Bejen Karanganyar.

Berbagai sayur mayur dan buah-buahan ditanam dengan pola bertingkat menggunakan pot dijajar pada rak-rak tanaman. Sebenarnya sudah tergolong luas tanah pekarangan namun dengan pola bertingkat menjadikan jumlah dan jenis tanaman sudah sulit disebut karena banyaknya.
 
Ketika ada instruksi dari PP dan PW untuk tanam tanaman yang masuk lumbung hidup rasanya di Karanganyar sudah tidak asing lagi. Karena menanam sayur mayur adalah sudah menjadi budaya (Nur Rohmani, Juni 2021). Dijelaskan lebih lanjut hasil lumbung hidup yang paling utama untuk hob tetapi berdampak pada terpenuhi keperluan sehari-hari. Bahkan bisa untuk hadiah pada handai tolan, sanak saudara bisa menikmati.
 
Saat yang lain baru menanam, Ibu Hj Nur Rohmani sudah memanen. Namun demikian unruk menjaga kelangsungan setiap hari pasti ada penghijauan dengan menanam yang baru, mengingat jenis tanaman lumbung hidup tidak semua bisa bertahan lama. 
 
Silahkan bagi yang tertarik dapat belajar dengan beliau.
 
Redaktur : LPPA PDA Karanganyar
Shared Post: