'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Kegiatan Parenting "Ceria Parents" SCA
16 November 2019 19:30 WIB | dibaca 251

Pada hari Sabtu,16 November 2019 diadakan kegiatan kelompok pertemuan orang tua di SCA, rutin diadakan setiap 2 bulan sekali.
Parenting kali ini mengambil tema "Pentingnya stimulasi sensori dan motorik untuk tumbuh kembang anak", dengan narasumber ibu Hari Siswanti yang merupakan salah satu wali murid  SCA.
 
Tema yang diambil kali ini berhubungan erat dengan perkembangan anak pada usia dini (0-7)th.
Tugas penting dari para ortu adalah untuk menstimulasi anak terutama sensori motornya. Terdapat 7 sensori yang ada dalam pyramid of learning (william dan shellenberger 1-4). Sensori yang dimaksud antara lain:
1. Visual (penglihatan)
2. Auditory (pendengaran)
3. Olfactory (penciuman)
4. Gustatory (perasa/oral)
5. Tactile (sentuhan)
6. Vestibular (keseimbangan)
7. Propioseptik (kekuatan sendi dan otot)
 
Ketujuh sensori ini harus dilaksanakan berurutan dan tuntas. Misalkan seorang anak yang belum siap untuk mendapatkan calistung (baca tulis hitung) jangan di paksa untuk belajar calistung.
Kalau anak belum siap, tapi kita paksa, kita seperti akan mendapatkan mangga yang masih muda tapi diberi karbit agar dapat matang secara cepat. Hasilnya mangga akan cepat matang tapi rasanya tidak enak. Begitu juga dengan anak kalau kita memaksakan anak padahal anak belum siap sensori motornya maka akan bisa mengakibatkan gangguan atau yang biasa disebut sensory processing disorder.
Jika anak sudah mengalami gangguan sensori maka cara mengatasinya dengan melatih  7 sensori di atas melalui bermain gross motor dan  fine motor.
 
Tema yang diangkat kali ini cukup bagus dan diharapkan bisa dijadikan bahan untuk pembelajaran, baik bagi guru maupun wali murid di lingkungan SCA dalam memecahkan masalah tumbuh kembang anak
 
Dirilis oleh : Ritanti
Guru Paud SCA
Shared Post: