'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Karanganyar Sehat dari Desa yang Kuat; SSR Aisyiyah Karanganyar Fasilitasi Pembentukan Fasilitator Desa
13 Mei 2020 10:26 WIB | dibaca 293

Pengeliminasian TBC membutuhkan lebih banyak pendekatan yang komprehensif dengan melibatkan semua elemen komunitas pada level desa termasuk aparatur kecamatan dan desa, petugas kesehatan, tokoh dan pimpinan agama, komunitas, serta organisasi masyarakat setempat. Dalam hal ini, PR TB ‘Aisyiyah mengusung kegiatan Intervensi Desa di 100 desa terpilih. Upaya ini akan dilakukan dengan memberdayakan masyarakat dan komunitas serta pemangku kepentingan yang relevan untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian pada TB. Untuk dapat mengimplementasikan program intervensi desa, maka SSR Aisyiyah Karanganyar sebagai salah satu daerah intervensi unggulan bersama dengan beberapa daerah terpilih lainnya di seluruh Indonesia dipilih untuk melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas bagi fasilitator desa dan pihak pelaksana dari program ini. Dalam alur program, kegiatan pelatihan ini merupakan tahapan persiapan bagi seluruh pelaksana untuk memahami proses implementasi program serta memberikan pemahaman dan keterampilan terkait teknik-teknik fasilitasi (termasuk teknik pendidikan kesehatan dan pemberdayaan serta advokasi), prinsip HAM dan keadilan gender serta penggunaan tools dari panduan program. Dengan begitu, maka diharapkan pelaksana program berkapasitas dan siap dalam mengimplementasikan program intervensi desa.

Adapun tujuan dari kegiatan ini di antaranya yaitu: mensosialisasikan dan memberikan pemahaman terkait Islam Berkemajuan dalam Muhammadiyah; mensosialisasikan program PR TBC ‘Aisyiyah; melakukan sinergitas program intervensi desa sebagai Gerakan ‘Aisyiyah Sehat (GRASS) Majelis Kesehatan ‘Aisyiyah; mensosialisasikan panduan intervensi desa; meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para fasilitator desa terkait:

a. Informasi tentang penyakit TBC;
b. Informasi kebijakan penanggulangan TBC;
c. Informasi penanggulangan TBC dalam perspektif Islam
d. Informasi isu-isu dan persoalan yang berkaitan dengan TBC

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Kantor SSR Aisyiyah Karanganyar yang berada di Gedung Dakwah Muhammadiyah (Jl. Raya Solo-Tawangmangu KM 12 Papahan, Tasikmadu, Karanganyar) selama lima hari dimulai tanggal 11 Mei 2020 sampai dengan 15 Mei 2020 dengan durasi 6 jam menggunakan sistem daring online zoom.us bersama dengan seluruh peserta pelatihan lainnya yang tersebar di wilayah Indonesia. Pembukaan acara sendiri dipandu oleh Ketua PDA Karanganyar Ibu Dra. Hj. Kunti Basthona dengan sambutan oleh Kepala SSR Aisyiyah Karanganyar yakni Hj. Darsih, Amd. Keb. Pada paparannya, Darsih, Amd. Keb. menegaskan bahwasannya pelatihan ini dapat terlaksana dikarenakan prestasi manajement SSR Aisyiyah Karanganyar dalam mengelola kader TB yang dikomandoi oleh Koordinator SSR yaitu Shubuha Pilar N, M.Si. tercatat sangat baik, sehingga hal inilah yang menjadikan SSR Aisyiyah Karanganyar dipercaya untuk ikut andil dalam program penting ini. Pelatihan fasilitator desa ini sendiri diikuti oleh perwakilan masing-masing desa intervensi yang berada dalam cakupan program SSR sendiri, seperti Desa Nangsri (Kebakkramat), Desa Ngijo (Tasikmadu), dan Desa Jumapolo (Jumapolo).

Shared Post:
Berita Terbaru