'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Kajian, Tasyaruf, dan Bakti Sosial PRA Kalibata Mojogedang Karanganyar
02 Februari 2020 12:19 WIB | dibaca 116

Pengajian Ahad Pagi, 02-02-2020 Ranting Kaliboto PCM dan PCA Kecamatan Mojogedang, bersama Ustadz Ismail dengan materi : Pengertian, Makna, dan Manfaat Mengucap Salam : Ucapan Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarahkatuh memiliki kedudukan yang tinggi, salah satunya tercermin dari diucapkan sebagai penutup shalat.

Dahulu Allah menciptakan Adam 'Alaihis Salam yang tingginya enam hasta kemudian berfirman, "Pergilah kamu dan berilah salam kepada mereka para malaikat dan dengarkanlah bagaimana mereka menjawab salam penghormatan dari anak keturunanmu", maka Adam menyampaikan salam : "Assalamu'alaikum" (keselamatan atas kalian). Mereka menjawab, "Assalamu'alaika Wa Rahmatullah" (Keselamatan dan rahmat Allah atasmu) mereka menambahkan kalimat "Warahmatullah", "Nanti setiap orang yang masuk surga bentuknya seperti Adam 'Alaihis Salam manusia terus saja berkurang (tingginya) sampai sekarang". (HR. Al Bukhari no. 3079, 5759 dan Muslim no. 6227).

Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu `Alaihi Wa Sallam dan mengucap "Assalamu'alaikum", Beliau membalas salam orang tersebut, kemudian orang itu duduk, maka beliau bersabda : "10 pahala", setelah itu ada orang lain yang datang dan mengucapkan salam, "Assalamu'alaikum Warahmatullah". Beliau membalas salam orang tersebut, kemudian orang itu duduk, maka beliau bersabda : "Dua puluh pahala". Setelah itu ada orang yang datang dan mengucapkan salam, "Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh", beliau membalas salam orang tersebut kemudian orang itu duduk. Beliau lalu bersabda : "Tiga puluh". (HR. Abu Daud no. 5195, At - Tirmizi no. 2689, dan Al Hafizh berkata dalam Al Fath 5/11),".

Pengajian dilanjutkan dengan Tasyaruf dan Bakti Sosial di lingkungan Balai Desa Kaliboto Mojogedang Karanganyar.

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari