'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Kajian PCA Jumapolo - Bermusyawarah Dengan Anak Suritauladan Nabi Ibrahim
07 Oktober 2019 04:55 WIB | dibaca 253

Kajian di Masjid YAMP Jumapolo merupakan kajian termasuk tua dibanding  PCA lain d daerah Karanganyar termasuk dengan kajian di Gedung Dakwah Karanganyar. Rutin diselenggarakan Ahad, jam 06.00 -07.00 Penyelenggara PCM, PCA dan Lazismu Jumapolo. Pada tanggal 6 Oktober 2019 kajian diisi oleh Ustadz Bp H Sahadi SAg.Pada kesempatan  tersebut mengambil tema: Meneladani Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad SAW.

Tema ini diambil untuk dapat dijadikan pijakan  di era sekarang sering terjadi perdebatan antara anak dengan orang tua karena beda pendapat yang tidak ada titik temu. Orang tua memaksakan pendapat karena merasa benar dan anak.tidak mau mendengar karena dinilai tidak sesuai, ketinggalsn zaman.

Sesuai dengan Surah Alquran
Golongan-Golongan yang bersekutu (Al-'Aĥzāb):21 - Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

Wanita yang diuji (Al-Mumtaĥanah):4 - Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum mereka: "Sesungguhnya kami berlepas diri daripada kamu dari daripada apa yang kamu sembah selain Allah, kami ingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja. Kecuali perkataan Ibrahim kepada bapaknya: "Sesungguhnya aku akan memohonkan ampunan bagi kamu dan aku tiada dapat menolak sesuatupun dari kamu (siksaan) Allah". (Ibrahim berkata): "Ya Tuhan kami hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali".

Wanita yang diuji (Al-Mumtaĥanah):6 - Sesungguhnya pada mereka itu (Ibrahim dan umatnya) ada teladan yang baik bagimu; (yaitu) bagi orang-orang yang mengharap (pahala) Allah dan (keselamatan pada) Hari Kemudian. Dan barangsiapa yang berpaling, maka sesungguhnya Allah Dialah yang Maha kaya lagi Maha Terpuji.

Dijelaskan oleh Bp Sahadi dalam era saat ini antara orang tua dan anak harus bermusyawarah dalam memutuskan segala hal baik pendidikan dan dalam berkeluarga di saat anak sudah sanggup di contohkan oleh Nabi Ibrahim AS saat bermimpi untuk menyembelih putranya Nabi Ismail AS dalam Surah Al Quran Surah As soffat ayat 102.

PCA Jumapolo

Shared Post: