'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Kajian Ahad Pagi di Masjid Baiturahman Bloran - 27 November 2022
27 November 2022 16:33 WIB | dibaca 147

CATATAN AHAD PAGI
 
Hayati Nufus Ishak
MIM Bloran, Kerjo Karanganyar
 
Pagi tadi kegiatan kàjian ahad pagi berlangsung di halaman masjid Baiturahman Bloran dengan narsum tetap Ustadz Alif Bahtiar al Hafidz.
 
Ahad pekan keempat jadwal materi kajian adalah  kitab Riyadushalihin   Imam Nawawi   hadits ke 51 sampe 53.
 
Hadits ke 51 dan 52  diriwatkan oleh Ibnu Mas'ud ra dan Abi Yahya ra, menerangkan  isyarat nubuwah tentang suatu zaman di masa depan ketika  berkuasanya para  pemimpin  yang mementingkan dirinya sendiri ( egois) dan tidak menunaikan hak rakyatnya mereka adalah para pemimpin yang serakah. Kemudian Rosulullah memberi petunjuk bagaimana menghadapi zaman itu yaitu dengan bersabar, menunaikan hak yang menjadi kewajiban kita dan selalu memohon pertolongan Allah. Sampai kapan kita bersabar?  sampai tiba masanya pertemuan dengan Rosulullah di sebuah telaga yang telah dijanjikan untuk umatnya.
 
Kedua hadits menunjukkan keistimewaan Rosul dan mukjizatnya  mengetahui perkara yang gaib di masa depan dengan ijin Allah. Pesan dari kedua hadits tersebut adalah narasi yang kuat tentang pentingnya kita memiliki pemimpin yang adil dan amanah, maka bila kita ingin memiliki pemimpin yang amanah kita harus berjuang memperbaiki hubungan kita dengan Allah dan hubungan kita dengan sesama makhluk. Pemimpin yang adil dan amanah hanya akan lahir dari masyarakat yang baik yang memegang teguh nilai-nilai ketaatan kepada Robb alam semesta. Wallahu a'lam.
 
-----------------------------------------------
Karanganyar, 27 Nov 2022
 
Kontributor : Hayati Nufus Ishak (MIM Bloran, Kerjo Karanganyar)

Redaktur : LPPA PDA Karanganyar
Shared Post: