'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Jumapolo memulai Kegiatan Ansit TB untuk Fasilitator Desa
20 Juni 2020 11:13 WIB | dibaca 277

Dijelaskan oleh Shubuha Koordinator SSR Karanganyar (20/6/2020), Kegiatan dari SSR Aisyiyah Karanganyar diperoleh karena sebagai wilayah intervensi yang dipandang mampu PCA nya dalam menjalankan amanah pengelolaan Fasilitasi di Desa Jumapolo.

 
Merupakan kegiatan penilaian awal untuk baseline data program. Secara khusus, Analisa program ini akan mengumpulkan informasi utama dari kelompok terdampak TBC (pasien, keluarga pasien dan penyitas TBC) dan informasi pendukung lainnya dari tenaga kesehatan, pihak terkait lainnya dan masyarakat desa pada umumnya. Bentuk dari assessment adalah survey, wawancara dan observasi terkait persoalan TB yang ada di Desa Jumapolo.
 
Ibu Dasmin menjelaskan,
Tujuan :
1) Mengidentifikasi persoalan yang dihadapi kelompok terdampak TBC (pasien, keluarga dan penyitas TBC) dalam proses pengobatan, khususnya dalam konteks sosial ekonomi dari kondisi pasien TBC;
2) Mengidentifikasi indeks stigma dan diskriminasi terhadap kelompok terdampak TBC di tingkat desa;
3) Membuat profil desa terkait besaran masalah TBC di tingkat desa;
4) Mengidentifikasi rumusan masalah dari persoalan TBC dan persoalan yang terkait TBC (gizi,sanitasi, gender) di tingkat desa.
 
 
 
 
 
 
Bentuk Kegiatan
• Survey 
Merupakan kegiatan mendata kondisi/permasalahan terkait TBC. Dilakukan pada 17 sample (harus terdiri dari perempuan dan laki-laki, toga dan toma) yakni 10 orang masyarakat desa, 7 orang dari stakeholder (perangkat desa, puskesmas, kader).
 
• Wawancara 
Merupakan kegiatan mendalami informasi dari pengalaman informan terkait proses penemuan kasus, 
pengobatan dan sukses berobat TBC. Dilakukan pada 5 informan (harus terdiri dari perempuan dan laki-laki) yaitu pada pasien yang baru teridentifikasi, yang sedang melakukan pengobatan dan pasien yang sudah sukses berobat TBC.
 
• Observasi
Merupakan kegiatan melihat langsung dari kondisi lapangan terkait kondisi infrasktutur dan ketersediaan sanitasi. Dilakukan pada 5 sample pada informan yang diwawancarai. 
 
 
Shubuha PN
Shared Post:
Berita Terbaru