'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Jelang Muktamar - Dien Syamsuddin Mengingatkan Pada Milad UMS
29 Desember 2019 07:58 WIB | dibaca 259

Pada Milad UMS, gelar Kethoprak Sang Surya Amajari Jagad pada hari Sabtu 28 Desember 2019. Acara tersebut sekaligus menyambut Muktamar Muhammadiyah di Surakarta. Acara diselenggarakan di GOR UMS, menghadirkan tokoh Muhammadiyah Dien Syamsuddin, KH Marpuji Ali, Rektor UMS, Wakil Rektor 2 UMS, Ganjar Pranolo Gubernur Jateng, dll

Tema Sang Surya Amajari Jagad sengaja diambil karena karakter tersebut adalah karakter Muhammadiyah dan Aisyiyah. Ketoprak tidak sekedar tontonan tetapi sekaligus media mengingatkan warga Muhammadiyah dan Aisyiyah tentang kiitohnya.

Dien Syamsuddin menjelaskan dalam ceramahnya, Wasatiyah menyatu dalam kepribadian Muhammadiyah. Sang Surya Amajari Jagad, menyinari jagad, Sang Surya amadangi Indonesia kalau Muhammadiyah mampu memiliki jiwa Wasyatiyah.

Di antara jiwa Wasyatiyah adalah :
Tawazun adalah keseimbangan, 
Tazamu adalah toleransi,
Syura adalah bermusyawarah,
Islah melakukan kebaikan,
Al khudwah melakukan kepeloporan,
Al Muwatonah adalah kewarganegaraan.

Muhammadiyah harus memandang negara Indonesia sebagai Negara kesaksian. Muhammadiyah turut serta terlibat dalam Persiapan  Pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga tidak perlu diragukan akan kesetiaan Muhammadiyah pada NKRI.
 
Muhammadiyah terhadap Indonesia adalah saling membutuhkan. Indonesia membutuhkan Muhammadiyah dan Muhammadiyah membutuhkan Indonesia. Muhammadiyah sudah menyepakati Negara Panca Sila adalah Darul Ahdi Wa Syahadah.

Bukti bahwa Indonesia butuh Muhammadiyah dapat dilihat saat ini Muhammadiyah dengan amal usahanya  meminjamkan uang sejumlah 1,2 T dalam bentuk layananan BPJS. Namun demikian seluruh pimpinan Muhammadiyah tidak menggebu menagih. Karena sifat Muhammadiyah itu memberi dan melayani tidak meminta apalagi mengemis.

Muhammadiyah bukan meminta ke pemerintah tetapi memberi. Hal itu bisa dilihat semua gerakan Muhammadyah tidak bergantung pada anggaran pemerintah.

Hadir pada acara tersebut seluruh perwakilan PDM, PDA, PCA, ortom  seluruh Solo Raya. Karanganyar hadir perwakilan PDM, PDA, PCA, Ortom, Amal, Usaha. LPPA Karanganyar turut serta hadir pada acara tersebut.

sunarmi@lppa-kra

Shared Post: