'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Jalin Silaturahmi dalam Halal Bi Halal IGABA Kabupaten Karanganyar
18 Mei 2022 09:56 WIB | dibaca 82

Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Kabupaten Karanganyar menggelar acara Halal Bi Halal pada hari Selasa tanggal 17 Mei 2022 yang bertepatan dengan tanggal 16 Syawwal 1443 Hijriah. Acara Halal Bi Halal ini berlangsung di Gedung Guru SD Kecamatan Karanganyar yang beralamat Jalan Kapten Mulyadi No.17, Badran Asri, Cangakan, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar. Kegiatan tahunan ini menurut Pardiyono, ketua panitia Halal Bi Halal IGABA, awalnya hanya akan menghadirkan kepala atau satu perwakilan  dari tiap Lembaga PAUD Aisyiyah se kabupaten Karanganyar. Tapi karena antusisme guru Aisyiyah anggota IGABA se kabupaten yang sangat tinggi untuk hadir dan menjalin silaturahmi dalam acara halal bi halal tersebut akhirnya undangan ditujukan kepada seluruh guru Aisyiyah se kabupaten Karanganyar. Acara ini juga lengkap dihadiri oleh Ketua Pimpinan Derah Aisyiyah (PDA) Karanganyar Dra Kunti Basthona, ketua Dikdasmen PDA Karanganyar Dra Hidiyah Rohmani, M.Pd dan ketua Pimpinan Daerah Muhammdiyah (PDM) Dr. H. Muh Samsuri, M.Si

Kegiatan yang mengusung tema “Sucikan Hati, Jalin Silaturahmi, Perkuat Semangat Diri” itu dimulai  dengan dibuka dengan bacaan Basmallah pada pukul 08.56 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan rangkaian lainnya seperti pembacaan ayat suci Al Quran surat Ali Imran ayat 195 beserta arti dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Aisyiyah dan mars IGABA. Sebagai pembuka kegiatan adalah laporan panitia acara Halal Bi Halal IGABA Kabupaten Karanganyar oleh ketua panitia, Pardiyono.  Dalam laporannya pardiyono menyampaikan bahwa acara Halal Bi Halal IGABA Kabupaten Karanganyar bisa dilaksanakan dengan lancar walau beberapa kendala harus dihadapi sebelumnya dimulai dari target waktu pelaksanaan yang sempit,  jumlah peserta kegiatan, persiapan kegiatan yang dilakukan saat libur dan lainnya. Akan tetapi alhamdulillah semuanya dapat diatasi dengan baik  Penyelenggaraan acara Halal Bi Halal ini dapat direalisasikan sesuai jadwal  berkat kerja keras semua team panitia yang kompak, proaktif dan semangat dan juga partisipasi aktif semua anggota IGABA.

Seusai laporan panitia Halal Bi Halal dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Halal Bi Halal. Ikrar disampaikan oleh Ketua IGABA Kabupaten Karanganyar dan ditirukan oleh seluruh hadirin. Setelah pembacaan ikrar Halal Bi halal acara dilanjutkan dengan sambutan ketua PDA Karanganyar Dra Kunti Basthona. Dalam sambutannya Dra Kunti Basthona menuturkan bahwa ia  merasa bangga dan berbahagia atas terlaksananya kegiatan halal Bi Halal  IGABA Karanganyar ini. Ia pun menandaskan bahwa Halal bi halal biasanya ditandai dengan  pernyataan salah seperti yang dilakukan dalam pembacaan ikrar Halal Bi Halal Bersama sebelumnya dan kemudian meminta maaf. Tetapi hendaknya sebagai seorang mukmin, hal tersebut harus diimplementasikan sehari hari dalam kehidupan sehingga  bila mukmin  menemui teman yang melakukan kesalahan maka saat itulah ia harus berbesar hati untuk memaafkan teman itu dan menahan amarah. Allah akan memberikan kemudahan kepada orang tersebut  karena terbiasa memberi maaf dan kelonggaran kepada yang lain. Jika seseorang bisa menahan amarah kepada orang lain maka Allah pun juga akan menahan murkaNya untuk orang tersebut hendaknya halal bi halal bukan hanya pada bulan syawaal saja tetapi harus terwujud dalam keseharian seorang mukmin tegasnya memberi simpulan uraiannya.

Ketua PDA lebih lanjut menyatakan bahwa dalam menjalankan kewajiban sebagai muslim dan sebagai warga Aisyiyah guru PAUD Aisyiyah seyogyanya memperbaiki bacaan Al Qurannya karena guru ada garda terdepan dalam membumikan Al Quran terutama bagi anak usia dini. Lembaga PAUD harus memiliki (1) HPT (Himpunan Putusan Majelis Tarjih), (2) Al Quran dan tarjamah, (3) tafsir Al Quran paling tidak Ibnu Katsir. “Hendaknya guru Aisyiyah meningkatkan kompetensi IT untuk menghadapi kemajuan dunia secara global” pungkas Kunti Basthona di akhir sambutannya.

Acara berikutnya adalah hikmah Halal Bi Halal yang disampaikan oleh ketua PDM Karanganyar Dr H. Muh Samsuri, M.Si. Dengan kembali mengutip sambutan ketua PDA, Kunti Basthona, Samsuri menegaskan bahwa Halal bihalal jangan sampai hanya menjadi perbuatan lahiriah. Jangan sampai guru Aisyiyah dalam keseharian dalam kondisi tidak rukun dengan guru yang lain dalam satu Lembaga. Kita sering menggunakan surat Ali Imran untuk menerangkan tentang halal bihalal seharusnya sangat memahami bahwa kita harus bersegera dalam saling memaafkan. Jangan sampai kita masih dalam keadaan belum bermaaf-maafan  tapi sudah dicabut nyawanya.Jangan sampai Ketika mati membawa dosa sesama manusia. Sesuai makna halal bihalal maka tampilan diri sebagai manusia seharusnya selalu bersikap “halal”. Halal juga bermakna “halala-yuhalilu” yang berarti  mengurai kekusutan. Jika kita dalam posisi bermasalah dengan orang lain berarti hatinya kusut maka hendaklah segera mengurai kekusutan tersebut agar dirinya menjadi “halal”.  Orang islam memang seharusnya bersikap ihsan yaitu membalas kejelekan dengan kebaikan. Di akhir tausiyahnya Samsuri menegaskan bahwa guru Aisyiyah adalah guru guru yang luar biasa. Dengan honor yang paling minim tapi perjuangannya paling luar biasa.

Rangkaian acara setelah tausiyah ketua PDM adalah informasi dari ketua Dikdasmen PDA, Hidiyah Rohmani. Dalam sambutan ini Hidiyah menegaskan bahwa apa yang sudah disampaikan bapak Samsuri harus direnungkan oleh semua hadirin. Hal tersebut harus  disikapi dengan introspeksi diri. Hidiyah juga menyampaikan bahwa Sudah ada 1 TK Aisyiyah di Jatioso yang gulung tikar, tetapi  Alhamdulillah TK Tohudan yang awalnya hampir ditutup kemudian segera diantispasi PCA Colomadu sehingga akhirnya TK Aisyiyah Tohudan bisa hidup lagi dengan berganti nama TK Aisyiyah Alam Ceria.

Sambutan terakhir dalam kegiatan Halal Bi Halal ini disampaikan oleh ketua IGABA Unik Wahyuni. Unik menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan tahunan ini sehingga acara berlangsung dengan lancar dan sukses. “Tapi perlu kami ingatkan bahwa pertemuan rutin  yang akan datang tetap berjalan seperti kesepakatan setiap dua bulan sekali yang pada kesempatan ayang akan datan jatuh pada bulan Juni 2022. Walaupun pertemuan rutin kita bulan ini mundur satu bulan karena bulan puasa tapi pertemuan yang akan datan tetap pada jadwalnya” pungkas Unik mengakhiri sambutannya. Dan acara Halal Bi Halal IGABA kabupaten Karanganyar ini pun berakhir pada pukul 11.12 ditutup dengan bacaan hamdallah.

Redaktur : LPPA PDA Karanganyar

Shared Post: