'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
IGABA Karanganyar Gandeng PKM UMS
29 Mei 2021 07:09 WIB | dibaca 102

Jum'at, 28 Mei 2021 IGABA Kab. Karanganyar mengikuti kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari UMS dengan tema "Sosialisasi dan Pendampingan Mendongeng Digital Bermuatan HOTS ". 
Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB yang diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an Surat Al-Insyirah oleh saudari Fatim. 
 
Kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua Majelis Dikdasmen PDA Kab. Karanganyar Ibu Dra. Hidiyah Rohmani, S.Pd. Dalam sambutannya  beliau mengucapkan terimakasih untuk kepercayaannya sebagai tempat Pengabdian Kepada Masyarakat karena kegiatan ini hanya dikhususkan di Kab. Karanganyar. Peserta dalam kegiatan ini diikuti oleh 45 orang perwakilan dari 5 Kecamatan. Beliau berharap semua peserta bisa mengikuti kegiatan sampai selesai dan selanjutkan bisa mengaplikasikan dilembaganya masing-masing dan beliau juga berharap akan ada kegiatan selanjutnya di UMS untuk peningkatan kompetensi bagi guru PAUD Aisyiyah Kab. Karanganyar.
 
 
Acara dilanjutkan dengan kegiatan Inti yang disampaikan oleh Ibu Dr. Sri Katoningsih, M.Pd, Beliau adalah Dosen PG PAUD UMS. 
Dalam kegiatan ini beliau beserta tim yang terdiri dari 4 Mahasiswi dan 1 Mahasiswa. Dalam paparannya Ibu Dr. Sri Katoningsih , M.Pd menjelaskan tentang manfaat dongeng digital. Mendongeng digital adalah salah satu metode pembelajaran yang menarik untuk anak usia dini. Mendongeng digital menjadi solusi anak-anak zaman sekarang yang memandang mendongeng sebagai seuatu yang kuno dan menjadi suatu hal yang tidak menarik lagi. Mendongeng digital sangat menarik untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran karena tidak hanya dapat didengarkan akan tetapi juga dapat melihat bentuk visual dari isi dongeng tersebut. Manfaat digital strorytelling berdasarkan standar pendidikan nasional tahun 2007 antara lain dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi, memperlancar komunikasi dan kolaborasi, berpikir kritis dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan (Yolanita & Maureen, 2014).
 
Pemaparan terakhir yaitu, Bagaimana menerapkan HOTS untuk membentuk anak yang bisa berpikir kritis melalui kegiatan mendongeng digital?
1. Ajak anak untuk mengingat apa yang telah  dilihat dan didengarnya ketika menyimak dongeng digital. 
2. Ajak anak untuk menganalisis sesuatu. 
3. Ajak anak untuk mengevaluasi bagaimana ekspresi dan karakter tokoh dalam cerita dongeng digital. 
4. Guru memberikan pengauatan isi cerita ketika anak sedang mendengarkan dan melihat visual dari isi cerita agar kedekatan, keakraban dan kehangatan suasana yang diciptakan ketika kegiatan mendongeng semakin tercipta. 
 
Setelah penyampaian materi oleh Ibu Dr. Sri Katoningsih, M.Pd dilanjutkan acara workshop pembuatan video animasi digital menggunakan Power Point yang dipandu oleh Sdri. Anisa Salsabila. 
Dalam kegiatan ini peserta diajak untuk praktek pembuatan video animasi untuk kegiatan mendongeng dengan menggunakan Power Point. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti sesi ini karena dalam masa pendemi guru dituntut untuk bisa memaksimalkan penggunaan IT supaya anak tidak jenuh dengan pembelajaran daring, salah satunya penggunaan video pembelajaran. 
 
 
 
Kegiatan selesai pada pukul 11.00 WIB, sebelum penutupan ada penyampaian kesan dari para peserta yang diwakili oleh ketua IGABA Kab. Ibu Tri Rahayuningsih, S.Pd. Beliau mengucapkan banyak terimakasih atas ilmu yang sangat bermanfaat bagi Guru Aisyiyah di Kab. Karanganyar, beliau berharap bisa dilanjutkan lagi kegiatan seperti ini. Rangakaian acara berjalan dengan baik, lancar dan tetap menerapkan prokes. 
 
Sumber : Nyamini Ika Lestari, SE (PAUD AMH Kec. Tasikmadu)
Redaktur : LPPA PDA Karanganyar
Shared Post: