'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
IGABA Kabupaten Karanganyar Ikuti Webinar "Wajah Baru PAUD di Indonesia Pasca Pandemi Covid-19"
16 Mei 2020 15:57 WIB | dibaca 362

Hari Sabtu, 16 Mei 2020 IGABA Kab. Karanganyar mengikuti Webinar tentang Wajah Baru PAUD di Indonesia Pasca Pandemi Covid-19 : Sinergi Sekolah dan Keluarga" yang diselenggarakan oleh Prodi PG PAUD UHAMKA yang diikuti + 175 peserta

Materi disampaikan oleh:
1. Kaprodi PG PAUD FKIP UHAMKA; Amelia Vinasyatri, S.Psi., M.Pd. sebagai Moderator
2. Deputi Bid. Tumbuh Kembanga Kemen PPPA; Dra. Lenny Rosalin, M.Sc. dengan materi “Mengembalikan Hak Anak Untuk Bahagia Selama Pandemi Covid-19"
3. Dekan FKIP UHAMKA; Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd. dengan materi “Wajah Baru PAUD di Indonesia Pasca Pandemi Covid-19: Sineri Rumah dan Sekolah”
4. Direktur PAUD Kemendikbud; Dr. Muhammad Hasbi, M.Pd. dengan materi “Arah dan Kebijakan Pemerintah untuk MenyiapkanPAUD dalam Menghadapi Pendidikan di Era Digital”
5. Penulis Buku Best ller Parenting; Ida  S Widayanti, M.PdI. dengan materi “Berkah dibalik Musibah Panemi Covid-19 Bagi Dunia Pendidikan dan Institusi Keluarga”
6. Wakil Ketua PPA Majelis Dikdasmen / Dosen PG PAUD UHAMKA; Dr. Chandrawaty, M.Pd. dengan materi “Transformasi Pengelolaan Lembaga PAUD Dalam Mengimplementasikan Penggunaan Teknologi Digital di PAUD”

Arah perubahan pendidikan di indonesia dapat dilihat dari berbagai segi yaitu :
1. Ekonomi : Perekonomian Indonesia yang jelas sangat berubah
2. Sosio Kultural : Perubahan sosial kultural dan demografi Indonesia
3. Pasar Kerja : Gambaran Pasar Kerja yang berbeda-beda
4. Bonus Demografi : manusia Indonesia memasuki satu abad kemerdekaanya

Pendidikan kita perlu mengarah kepada tren yang berkembang di masa depan tetapi tetap berpegang teguh pada nilai dan cita-cita tradisional yang luhur dari pendidikan kita yang menjadikan manusia Indonesia seutuhnya dengan akhlak utama yang merupakan sesuatu yang semakin mendesak untuk diwujudkan sebagai upaya menjadi keberlangsungan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Lembaga PAUD untuk mempersiapkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
1. Kualifikasi Pendidik harus maksimal
2. Menguasai Bahasa Inggris karena semua teknologi digital dan bahasa Inggris diperlukan untuk memperoleh pengetahuan
3. Menguasai teknologi sebagai kebutuhan soft skill
4. Menguasai hard skill
Kontemplasi menurut Wakil Ketua PPA Majelis Dikdasmen : telah terjadi pergeseran arah pendidikan akibat pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa perubahan yang teramat besar di dunia Pendidikan.
Perkembangannya telah memicu pergeseran dalam dunia pendidikan dari konvensioanl ke arah yang lebih terbuka, pendidikan akan lebih bersifat dua arah, kompetitif, multidisipliner serta tingginya produktifitas.

 

Kristina Agustin - PDA Karanganyar

Shared Post:
Berita Terbaru