'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Guru PAUD Aisyiyah pun Mengajar melalui Daring
02 April 2020 15:38 WIB | dibaca 644

Sejak digulirkan pemerintah bahwa untuk antisipasi penyebaran Covid 19, sekolah diliburkan atau anak belajar di rumah, ini tentu juga berlaku bagi PAUD. Untuk itu Majelis Dikdasmen PDA Karanganyar menindaklanjuti kebijakan pemerintah tersebut agar PAUD Aisyiyah Karanganyar diburkan. Namun guru tetap memberikan pembelajaran dari rumah atau pembelajaran daring.

Guru PAUD tentu harus berkomunikasi dengan orang tua murid karena anak belum bisa mandiri. Maka dengan memanfaatkan paguyuban atau grup wali murid pembelajaran lewat daring berjalan baik. Menurut pemantauan beberapa guru telah melaporkan tugasnya saat mengajar lewat aplikasi Whtasapp atau video. Namanya saja anak, tentu harus ada pendampingan orang tua.
Beberapa orang tua murid menyampaikan dengan senang hati bisa mendampingi anak belajar. Walau sebagian ada yang merasakan ternyata sulit dan butuh kesabaran ekstra saat mengajari anak. Dari sinilah tentu timbul kesadaran orang  tua murid dan empati bahwa guru PAUD adalah guru paling sabar dan hebat. Dalam hati jadi guru untuk anak sendiri  ternyata sulit......hem....enak kerja di kantor (keluhan orang tua yang tidak pernah mendampingi anak belajar)

Libur sekolah berjalan dua minggu ternyata keluar edaran dari Diknas dan kebijakan PP Aisyiyah bahwa belajar di rumah diundur sampai 13 April. PDA Majelis Dikdasmen mengingatkan kembali agar selama belajar di rumah guru terus berkomunikasi dengan orang tua/ wali murid untuk mendampingi belajar terutama tentang salat, ngaji, hafalan surat dan doa serta penanaman karakter keseharian ( memasak, mencuci, berkebun dll)

Selain guru melaksanakan tugas dari rumah, guru dimohon ada jadwal piket karena untuk menjaga kebersihan sekolah dan memantau keselamatan aset. Saya yakin guru Aisyiyah kreatif dan inovatis mengajar lewat daring tidak jadi kendala. Selamat home stay atau work from home. Sambil selalu memohon agar situasi ini segera berakhir dan berubah  kebahagiaan menyambut bulan suci Ramadan yang dirindukan sebagian besar umat Islam. Aamiin.

Shared Post:
Berita Terbaru